Home Mata Pelajaran Modul Ajar Bahasa Inggris 1, Narrative Text
Mata Pelajaran

Modul Ajar Bahasa Inggris 1, Narrative Text

3000 Most Frequently Used Words in English MODUL AJAR 1NARRATIVE TEXT Nama Penyusun Heny Astuti, M.Pd. Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Bahasa Inggris Jenjang Madrasah […]

3000 Most Frequently Used Words in English
MODUL AJAR 1
NARRATIVE TEXT
Nama Penyusun Heny Astuti, M.Pd.
Sekolah MAN 1 Bandar Lampung
Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1
Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Jenjang Madrasah Aliyah
Kelas X (Sepuluh)
Alokasi Waktu 6 kali pertemuan @ 3JP (3×6=18 JP), 1 JP =45 menit
Tahapan Fase E
Konten Utama Narrative Text
Capaian Pembelajaran

Menyimak – Berbicara

Pada akhir Fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespon pertanyaan dan menggunakan strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks.

Membaca-Memirsa

Pada akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal atau interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai berkembang. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks.

Menulis-Mempresentasikan

Pada akhir Fase E, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca. Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide menggunakan kosakata dan kata kerja umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk cetak dan digital.

Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari materi narrative text, peserta didik dapat:Menyimak-Berbicara

a. Menyimak

  1. peserta didik mampu mengidentifikasi gagasan utama dari sebuah teks lisan naratif;
  2. peserta didik mampu menemukan informasi rinci dari sebuah teks lisan naratif;
  3. peserta didik mampu menentukan makna kosakata khusus dalam teks lisan naratif, termasuk istilah dan frasa penting, serta mengidentifikasi sinonim/antonim dalam konteks teks tersebut;
  4. peserta didik mampu mengidentifikasi acuan dari kata ganti dan referensi lainnya dalam teks lisan naratif;
  5. peserta didik mampu menyimpulkan makna dan menarik kesimpulan dari sebuah teks lisan naratif;
  6. peserta didik mampu merangkum peristiwa dan informasi utama dalam sebuah teks lisan naratif;
  7. peserta didik mampu menyebutkan kalimat simple past tense yang ada pada sebuah teks lisan naratif;
  8. peserta didik mampu menyebutkan temporal conjunction yang ada pada sebuah teks lisan naratif.

b. Berbicara

  1. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan utama dari sebuah teks naratif secara jelas dan ringkas;
  2. peserta didik mampu menyampaikan informasi rinci dari sebuah teks naratif secara akurat;
  3. peserta didik mampu menggunakan kosakata yang sesuai saat menceritakan kembali sebuah teks naratif;
  4. peserta didik mampu mengucapkan kata-kata dalam teks naratif dengan tepat dan menggunakan intonasi yang sesuai;
  5. peserta didik mampu menyampaikan teks naratif secara lisan dengan kecepatan dan kelancaran yang tepat;
  6. peserta didik mampu mempraktekkan dialog yang mengandung kalimat-kalimat simple past tense dan temporal conjunction.

Membaca-Memirsa

  1. Peserta didik mampu menemukan gagasan utama dari sebuah teks naratif;
  2. peserta didik mampu menemukan informasi rinci dalam sebuah teks naratif;
  3. peserta didik mampu menemukan makna kosakata tertentu dalam sebuah teks naratif, termasuk istilah dan frasa penting, serta mengidentifikasi sinonim dan antonim dari kata-kata yang digunakan dalam konteks teks naratif;
  4. peserta didik mampu mengidentifikasi ide atau tokoh yang dirujuk oleh kata ganti atau referensi lain dalam teks naratif;
  5. peserta didik mampu menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang disajikan dalam sebuah teks naratif;
  6. peserta didik mampu menemukan kalimat simple past tense yang ada pada sebuah teks naratif;
  7. peserta didik mampu menemukan temporal conjunction yang ada pada sebuah teks naratif.

Menulis-Mempresentasikan

  1. Peserta didik mampu menulis teks naratif sepanjang 250 kata dengan paragraf-paragraf yang terstruktur dengan baik—masing-masing memiliki kalimat utama yang jelas, rincian pendukung, dan kalimat penutup—untuk mengembangkan alur cerita yang menarik, mencakup bagian pembuka, peningkatan konflik, klimaks, penurunan konflik, dan penyelesaian;
  2. peserta didik mampu menerapkan kaidah tata bahasa dan tanda baca secara tepat dalam tulisan mereka, termasuk kesesuaian subjek dan predikat, penggunaan waktu (tenses) yang benar, serta penggunaan tanda baca yang sesuai;
  3. peserta didik mampu memilih kosakata yang tepat untuk menyampaikan makna yang diinginkan;
  4. peserta didik mampu menggunakan simple past tense dan temporal conjunction dengan benar dalam menulis teks naratif;
  5. peserta didik mampu menyajikan teks naratif mereka dalam format video sederhana, rekaman suara, atau penampilan langsung di kelas dengan menunjukkan kemampuan bercerita yang efektif melalui penyampaian lisan yang jelas dan visual yang menarik.
 Pertanyaan Inti


What is a narrative text?

How to identify the main idea and the detail information of a narrative text?

How to write a simple narrative text?

Prasyarat Pengetahuan/Keterampilan

Menguasai kosa kata yang berhubungan dengan narrative text yang diajarkan.

Target Profil Pelajar   Pancasila

Peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, mandiri, berpikir kritis dan kreatif.

Jumlah Peserta Didik

Maksimum 36

Model Pembelajaran Cooperative dan Technology-Based Learning

Untuk mengetahui berbagai model pembelajaran abad ke-21, silahkan klik di sini. Tersedia juga informasi tentang penerapan Cooperative dan Technology-Based Learning dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Asesmen

individu dan kelompok

Jenis Asesmen: tertulis dan unjuk kerja (lisan dan tertulis)

Materi Ajar, Alat dan Bahan
  1. Materi : https://stemagazine.com/the-complete-material-of-narrative-text-1/
  2. Media  :laptop, TV, video, digital pronunciation tool dan laman website
  3. Metode :drill, membaca, memirsa, menulis, mempresentasikan, dan penugasan kelompok
  4. Sumber : https://stemagazine.com/

Pertemuan ke-1

Menyimak (Listening)

Pertemuan ke-1
Pertemuan ke- 2
Pertemuan ke- 3
Pertemuan ke- 4
Pertemuan ke- 5
Pertemuan ke- 6

Kegiatan Awal (15 menit)

  1. Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
  2. Guru mengecek kehadiran peserta didik.
  3. Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran dari materi yang akan diajarkan (motivasi).
  4. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran secara umum.
  5. Guru mengajak peserta didik untuk mengingat pelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi yang akan dipelajari (apersepsi).

Kegiatan Inti (105 menit)

  1. Guru mengajarkan kosakata yang terkait dengan teks lisan yang akan digunakan dalam sesi listening, dengan memanfaatkan fitur tombol audio pada situs web. Peserta didik menirukan pelafalan setiap kata, lalu bersama-sama mendiskusikan artinya.
  2. Selanjutnya, dalam rangka penguatan, peserta didik diminta mendengarkan ulang seluruh kosakata yang telah dipelajari secara menyeluruh.
  3. Sesi Listening

a. Sebelum Mendengarkan

Guru menyampaikan topik teks yang akan didengarkan dalam sesi listening. Peserta didik diminta untuk memprediksi isi teks dengan menjawab beberapa pertanyaan dari guru.

b. Selama Mendengarkan

-Mendengarkan untuk yang pertama kali

Guru memutar audio satu kali dan meminta peserta didik untuk mendengarkannya dengan seksama. Setelah selesai, guru mengajukan pertanyaan, ‘What is the text mostly about?‘ Beberapa peserta didik diberi kesempatan untuk menjawab, dan guru menampung jawaban mereka.

-Mendengarkan untuk yang kedua kali

Sebelum mendengarkan kembali audio, peserta didik diminta memahami beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan informasi spesifik dalam teks. Guru mengarahkan peserta didik untuk fokus mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut saat audio diputar kembali. Selanjutnya, guru memutar kembali audio. Saat mendengarkan, peserta didik mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dan menuliskannya di buku masing-masing.

Catatan: Biasanya perlu 2-3 kali memutar audio agar peserta didik bisa memahami isi teks audio.

c. Setelah Mendengarkan

Setelah selesai mendengarkan audio, guru bersama peserta didik membahas materi listening serta jawaban yang telah mereka tulis.

Selesai berdiskusi, untuk tujuan penguatan, guru kembali memutar audio dan peserta didik mendengarkannya dengan seksama.

Guru mengajak peserta didik untuk menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dipelajari hari ini.

Kegiatan Akhir (15 menit)

  1. Guru meminta peserta didik untuk memberikan umpan balik (merefleksikan pengalaman belajar) hari ini.
  2. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengajak peserta didik menutup pertemuan dengan doa dan salam.
Pertemuan Ke-2

Berbicara (Speaking)

Pertemuan ke-1
Pertemuan ke- 2
Pertemuan ke- 3
Pertemuan ke- 4
Pertemuan ke- 5
Pertemuan ke- 6

Kegiatan Awal (15 menit)

  1. Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
  2. Guru mengecek kehadiran peserta didik.
  3. Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran dari materi yang akan diajarkan (motivasi).
  4. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran secara umum.
  5. Guru mengajak peserta didik untuk mengingat pelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi yang akan dipelajari (apersepsi).

Kegiatan Inti (105 menit)

a. Mengenal Teks dan Kosakata

Peserta didik menyimak teks yang dibacakan guru/atau diputar dengan audio player,  lalu menirukan pelafalan kata dan kalimat penting secara bersama-sama. Guru menjelaskan kosakata yang perlu dipahami.

b. Memahami Isi Teks

Guru mengajukan beberapa pertanyaan untuk membantu peserta didik memahami gagasan utama dan informasi rinci pada teks. Peserta didik menjawab secara lisan.

c. Menceritakan Kembali

Guru meminta 1 peserta didik untuk maju dan menceritakan kembali isi teks dengan kata-kata sendiri, sambil dibimbing untuk menggunakan kosakata yang tepat dan menggunakan kalimat simple past tense dengan benar.

d. Latihan Dialog

Guru memberikan contoh dialog pendek yang menggunakan simple past tense dan temporal conjunctions (misalnya: then, after that), serta menjelaskan penggunaannya. Setelah itu, peserta didik berlatih dan mempraktikkan dialog tersebut secara berpasangan.

Kegiatan Akhir (15 menit)

  1. Guru meminta peserta didik untuk memberikan umpan balik (merefleksikan pengalaman belajar) hari ini.
  2. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengajak peserta didik menutup pertemuan dengan doa dan salam.
Pertemuan ke-3

Membaca-Memirsa

Pertemuan ke-1
Pertemuan ke- 2
Pertemuan ke- 3
Pertemuan ke- 4
Pertemuan ke- 5
Pertemuan ke- 6

Kegiatan Awal (15 menit)
  1. Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
  2. Guru mengecek kehadiran peserta didik.
  3. Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran dari materi yang akan dipelajari (motivasi).
  4. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran secara umum.
  5. Guru mengajak peserta didik untuk mengingat pelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi yang akan dipelajari (apersepsi).

Kegiatan Inti (105 menit)

a. Pengenalan Kosakata Sulit

  1. Guru mengajarkan kosakata sulit yang akan muncul dalam teks.
  2. Peserta didik menirukan pelafalan dan mendiskusikan maknanya bersama guru.

b. Membaca dan Memahami Teks

Guru menampilkan teks, kemudian peserta didik membacanya secara mandiri dengan seksama. Guru mengarahkan peserta didik untuk menemukan gagasan utama dan informasi rinci dalam teks, dengan menggunakan panduan pertanyaan yang telah disiapkan dan tercantum pada teks tersebut.

c. Menjawab dan Membahas Pertanyaan Pemahaman

1. Setelah membaca teks, peserta didik menjawab sejumlah pertanyaan yang disiapkan guru untuk membantu memahami isi bacaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut mencakup:

  • gagasan utama dari setiap paragraf;
  • informasi rinci atau detail spesifik dalam teks;
  • makna kosakata dalam konteks, termasuk sinonim dan antonim kata penting;
  • referensi kata ganti, seperti he, she, it, they, dan tokoh atau ide yang dirujuknya;
  • kesimpulan atau pesan yang dapat diambil dari teks berdasarkan informasi yang tersedia.

2. Setelah peserta didik menjawab pertanyaan, guru membahasnya secara klasikal dan meminta beberapa peserta didik menyampaikan jawabannya. Berdasarkan diskusi tersebut, guru mengidentifikasi jawaban yang kurang tepat dan memberikan penjelasan. Peserta didik mencocokkan dan memperbaiki jawabannya secara mandiri selama pembahasan berlangsung.

3. Guru juga membahas unsur kebahasaan yang ada pada teks, khususnya simple past tense dan temporal conjunction.

4. Guru mengarahkan peserta didik untuk mencari kalimat yang mengandung simple past tense dan temporal conjunction dalam teks, kemudian mendiskusikannya bersama.

5. Guru meminta peserta didik untuk menyimpulkan materi pelajaran hari ini.

Kegiatan Akhir (15 menit)

  1. Guru meminta peserta didik untuk memberikan umpan balik (merefleksikan pengalaman belajar) hari ini.
  2. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengajak peserta didik menutup pertemuan dengan doa dan salam.
Pertemuan ke-4

Menulis-Mempresentasikan

(Menulis)

Pertemuan ke-1
Pertemuan ke- 2
Pertemuan ke- 3
Pertemuan ke- 4
Pertemuan ke- 5
Pertemuan ke- 6

Kegiatan Awal (15 menit)
  1. Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
  2. Guru mengecek kehadiran peserta didik.
  3. Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran dari topik yang akan diajarkan (motivasi).
  4. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran secara umum.
  5. Guru mengajak peserta didik untuk mengingat pelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi yang akan dipelajari (apersepsi).

Kegiatan Inti (105 menit)

 1. Mengenali Teks

a.   Guru menampilkan contoh teks naratif (±200 kata).

b.  Bersama peserta didik, guru membahas struktur teks: orientasi, peningkatan konflik, klimaks, penurunan konflik, dan resolusi; beserta alur cerita.

c.   Bersama peserta didik, guru meninjau kaidah bahasa khususnya terkait dengan penggunaan simple past tense dan temporal conjunction, kesesuaian subjek–predikat, dan penggunaan tanda baca yang benar.

d.  Guru memberikan latihan singkat: memperbaiki 2–3 kalimat bermasalah.

2. Menulis Teks

a.  Peserta didik menulis teks naratif secara individual (±200 kata) berdasarkan struktur teks dan alur yang sudah dipelajari.

b.  Peserta didik bertukar hasil tulisan dengan teman sebangku (peer review). Mereka saling memberi masukan tentang struktur teks, alur cerita, tenses, kosakata, dan tanda baca.

c.  Peserta didik merevisi tulisannya berdasarkan masukan tersebut.

3. Persiapan Presentasi

a.   Peserta didik menyiapkan teks mereka untuk dipresentasikan secara lisan.

b.  Guru memberi arahan singkat tentang pelafalan, intonasi, ekspresi, dan cara penyampaian yang menarik.

c.   Peserta didik berlatih menyampaikan teks mereka secara lisan.

 4. Presentasi (Langsung atau Rekaman)

 a.   Beberapa peserta didik tampil langsung di depan kelas (3–5 orang).

b.  Sisanya dapat menyelesaikan rekaman video/audio storytelling sebagai tugas rumah.

 5. Umpan Balik dan Apresiasi

a.   Guru memberikan umpan balik singkat untuk penampilan yang sudah disampaikan di kelas.

b.  Penilaian mencakup: pelafalan, intonasi, alur cerita dan struktur teks, dan tampilan visual/audio.

 Kegiatan Akhir (15 Menit)

  1.  Guru meminta peserta didik untuk memberikan umpan balik (merefleksikan pengalaman belajar) hari ini: proses menulis dan mempresentasikan.
  2.  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengajak peserta didik menutup pertemuan dengan doa dan salam.
Pertemuan ke-5

Ulangan

Pertemuan ke-1
Pertemuan ke- 2
Pertemuan ke- 3
Pertemuan ke- 4
Pertemuan ke- 5
Pertemuan ke- 6

Kegiatan Awal (10 menit)
  1. Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
  2. Guru mengecek kehadiran peserta didik.
  3. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu ulangan membaca (reading).
  4. Guru menjelaskan teknis ulangan:

Jenis soal: pilihan ganda

Jumlah soal: 25 soal

Durasi pengerjaan: 50 menit

Aturan: dikerjakan secara mandiri dan jujur

Kegiatan Inti (110 menit)

 *Mengerjakan Soal (50 menit)

  1. Guru membagikan lembar soal dan lembar jawaban.
  2. Soal terdiri dari: 4 teks naratif pendek. Setiap teks diikuti dengan beberapa soal pilihan ganda yang menguji:
  • Main idea (gagasan utama)
  • Specific information (informasi rinci)
  • Vocabulary in context (makna kosakata)
  • Pronoun reference (kata ganti dan rujukannya)
  • Inference (kesimpulan dari isi teks)

3. Peserta didik membaca teks dan menjawab soal pilihan ganda.

*Koreksi dan Pembahasan Soal (60 Menit)

  1. Setelah semua peserta didik selesai mengerjakan:
  2. Guru meminta peserta didik bertukar lembar jawaban dengan teman.
  3. Guru membahas soal satu per satu secara klasikal, sambil menyebutkan kunci jawaban dan penjelasannya.
  4. Peserta didik memberi tanda cek/silang pada lembar jawaban teman sesuai kunci yang diberikan guru.
  5. Guru menanyakan beberapa soal secara lisan untuk dikomentari bersama jika ada jawaban yang menimbulkan kebingungan.
  6. Setelah selesai, peserta didik mengembalikan lembar jawaban kepada pemiliknya.

Kegiatan Akhir (15 menit)

  1. Guru meminta peserta didik merefleksikan pengalaman hari ini: soal mana yang mudah dan sulit.
  2. Guru menginformasikan bahwa peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran akan mengikuti kegiatan remedial pada pertemuan berikutnya dan yang sudah akan diberi pengayaan.
  3. Guru menutup pertemuan dengan memberikan apresiasi dan motivasi, lalu mengajak berdoa bersama.
Pertemuan ke-6

Remedial dan Pengayaan

Pertemuan ke-1
Pertemuan ke- 2
Pertemuan ke- 3
Pertemuan ke- 4
Pertemuan ke- 5
Pertemuan ke- 6

Kegiatan Awal (15 menit)
  1. Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
  2. Guru mengecek kehadiran peserta didik.
  3. Guru menyampaikan bahwa hari ini peserta didik akan mengikuti kegiatan remedial dan pengayaan untuk keterampilan membaca (reading), berdasarkan hasil ulangan sebelumnya.
  4. Guru membagi peserta didik ke dalam dua kelompok:

-Kelompok Remedial: belum mencapai tujuan pembelajaran (membantu peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran untuk memahami kembali teks naratif dan memperbaiki kesalahannya).

-Kelompok Pengayaan: sudah mencapai tujuan pembelajaran (memberikan tantangan membaca lanjutan kepada peserta didik yang sudah mencapai tujuan pembelajaran untuk memperkuat pemahaman peserta didik terhadap teks naratif).

Kegiatan Inti (105 menit)

 a. Kelompok Remedial

 1. Ulasan Singkat Materi

Guru mengulas kembali secara ringkas:

-cara menemukan gagasan utama dan informasi rinci

-mengenali makna kata berdasarkan konteks

-mencari referensi kata ganti

menyimpulkan isi teks

2. Mengerjakan Soal Remedial

-Guru memberikan teks naratif dan soal pilihan ganda (10 soal).

-Setelah peserta remedial selesai mengerjakan soal, soal dikoreksi dan dibahas bersama untuk memperbaiki pemahaman.

 b. Kelompok Pengayaan

 1. Tantangan Membaca Lanjutan

-Peserta didik membaca teks naratif yang lebih panjang atau lebih kompleks.

-Guru memberikan 10 soal pilihan ganda tingkat HOTS (mengandung inferensi, analisis, dan kesimpulan).

-Peserta didik mengerjakan soal secara mandiri.

 2. Diskusi Mandiri

 -Setelah selesai, peserta didik mendiskusikan jawabannya secara berpasangan atau dalam kelompok kecil.

-Guru memfasilitasi jika peserta didik memerlukan bantuan/penjelasan.

 Kegiatan Akhir (15 Menit)

 1. Masing-masing kelompok merefleksikan pembelajaran hari ini

-Kelompok remedial: apa yang sudah lebih dipahami?

-Kelompok pengayaan: soal mana yang menantang dan mengapa?

2. Guru memberi apresiasi kepada seluruh peserta didik.

-Guru menyampaikan bahwa pertemuan hari ini merupakan penutup topik Narrative Text.

-Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengajak peserta didik menutup pertemuan dengan doa dan salam.

 

 

Previously

Nicky Kenia Swari, S.Pd.I., Guru Aqidah Akhlaq MAN 1 Bandar Lampung

Next

Modul Ajar Bahasa Inggris 2, DescriptiveText

MDC

MDC