Home Program Bimbingan dan Konseling Materi Bimbingan dan Konseling MAN 1 Bandar Lampung
Program Bimbingan dan Konseling

Materi Bimbingan dan Konseling MAN 1 Bandar Lampung

MATERI BIMBINGAN DAN KONSELING MAN 1 BANDAR LAMPUNG Kelas Semester Materi X 1 Aspek Perkembangan yang harus dicapai Peserta Didik: Landasan hidup religius, landasan perilaku etis, kematangan emosi, kematangan intelektual, […]

MATERI BIMBINGAN DAN KONSELING MAN 1 BANDAR LAMPUNG
Kelas Semester Materi
X 1

Aspek Perkembangan yang harus dicapai Peserta Didik:

Landasan hidup religius, landasan perilaku etis, kematangan emosi, kematangan intelektual, kesadaran tanggung jawab sosial, kesadaran gender.

Refleksi Diri
Layanan Dasar (Tema & Topik Layanan) :Gaya belajar & karakteristiknya, kejujuran & integritas diri, disiplin diri kunci meraih kesuksesan, dahsyatnya keutamaan bersyukur, disiplin belajar kunci meraih prestasi, memilih sahabat yang bersahabat, bullying, hidup sehat dengan berperilaku hidup bersih, bahaya rokok vape bagi kesehatan.Layanan Responsif :

Konseling individu, konseling kelompok, konsultasi, home visit, konfrensi kasus, reperal kasus.

Perencanaan Individual dan Peminatan :

Adanya kolaborasi yang mencakup Tes Bakat Minat, Merancang kelanjutan study, memilih kegiatan ekstrakulikuler, mencari beasiswa untuk kelanjutan study.

Dukungan Sistem :

Adanya kolaborasi dengan Guru Mapel dan Wali kelas yang berkaitan dengan pelaksanaan Projek Profil Pelajar Pancasila di Madrasah, dan adanya kordinasi antara Guru Mapel dan Guru kelas menbahas permasalahan peserta didik, MGBK, Workshop dan Diklat Seminar untuk pengembangan diri bagi Guru Bimbingan Konseling.

2 Aspek Perkembangan yang harus dicapai Peserta Didik:Pengembangan pribadi, perilaku kewirausahaan/kemandirian perilaku ekonomis, wawasan & kesiapan karir, kematangan hubungan dengan teman sebaya, dan mencapai kematangan & kesiapan diri untuk menikah & bekeluarga.
Refleksi Diri
Layanan Dasar (Tema & Topik Layanan) :Profil pelajar pancasila, kepribadian diri, kesadaran gender para remaja, mind mapping (belajar lebih efektif & kreatif), merdeka belajar bagi siswa, media sosial manfaat & dampaknya, toleransi & sikap peduli sesama, penyelesaian konflik teman sebaya.Layanan Responsif :

Konseling individu, konseling kelompok, konsultasi, home visit, konfrensi kasus, reperal kasus.

Perencanaan Individual dan Peminatan :

Adanya kolaborasi yang mencakup Tes Bakat Minat, Merancang kelanjutan study, memilih kegiatan ekstrakulikuler, mencari beasiswa untuk kelanjutan study.

Dukungan Sistem :

Adanya kolaborasi dengan Guru Mapel dan Wali kelas yang berkaitan dengan pelaksanaan Projek Profil Pelajar Pancasila di Madrasah, dan adanya kordinasi antara Guru Mapel dan Guru kelas menbahas permasalahan peserta didik, MGBK, Workshop dan Diklat Seminar untuk pengembangan diri bagi Guru Bimbingan Konseling

XI 1 Aspek Perkembangan yang harus dicapai Peserta Didik:Landasan hidup religius, landasan perilaku etis, kematangan emosi, kematangan intelektual, kesadaran tanggung jawab sosial, kesadaran gender.
Refleksi Diri
Layanan Dasar (Tema & Topik Layanan) :Dahsyatnya keutamaan bersyukur, cara belajar efektif, mengenal berbagai kecerdasan majemuk, mencegah dan mengatasi cyber bullying, menjalin persahabatan yang posotof, membangun kerjasama, dampak pacaran, meningkatkan derajat kesehatan mental.Layanan Responsif :

Konseling individu, konseling kelompok, konsultasi, home visit, konfrensi kasus, reperal kasus.

Perencanaan Individual dan Peminatan :

Adanya kolaborasi yang mencakup Tes Bakat Minat, Merancang kelanjutan study, memilih kegiatan ekstrakulikuler, mencari beasiswa untuk kelanjutan study.

Dukungan Sistem :

Adanya kolaborasi dengan Guru Mapel dan Wali kelas yang berkaitan dengan pelaksanaan Projek Profil Pelajar Pancasila di Madrasah, dan adanya kordinasi antara Guru Mapel dan Guru kelas menbahas permasalahan peserta didik, MGBK, Workshop dan Diklat Seminar untuk pengembangan diri bagi Guru Bimbingan Konseling.

2 Aspek Perkembangan yang harus dicapai Peserta Didik:Pengembangan pribadi, perilaku kewirausahaan/kemandirian perilaku ekonomis, wawasan & kesiapan karir, kematangan hubungan dengan teman sebaya, dan mencapai kematangan & kesiapan diri untuk menikah & bekeluarga.
Refleksi Diri
Layanan Dasar (Tema & Topik Layanan) :Mengatasi kejenuhan belajar, memberdayakan otak kanan & otak kiri, meningkatkan manjemen waktu belajar, mengatasi kecaduan gadget & game online, meninglkatkan daya juang (adversity), mencehag kenakalan remaja, menggali bakat & potensi yang menunjang karir, pilihan karir sesuai tipe kepribadian.Layanan Responsif :

Konseling individu, konseling kelompok, konsultasi, home visit, konfrensi kasus, reperal kasus.

Perencanaan Individual dan Peminatan :

Adanya kolaborasi yang mencakup Tes Bakat Minat, Merancang kelanjutan study, memilih kegiatan ekstrakulikuler, mencari beasiswa untuk kelanjutan study.

Dukungan Sistem :

Adanya kolaborasi dengan Guru Mapel dan Wali kelas yang berkaitan dengan pelaksanaan Projek Profil Pelajar Pancasila di Madrasah, dan adanya kordinasi antara Guru Mapel dan Guru kelas menbahas permasalahan peserta didik, MGBK, Workshop dan Diklat Seminar untuk pengembangan diri bagi Guru Bimbingan Konseling.

XII 1 Aspek Perkembangan yang harus dicapai Peserta Didik:Landasan hidup religius, landasan perilaku etis, kematangan emosi, kematangan intelektual, kesadaran tanggung jawab sosial, kesadaran gender.
Refleksi Diri
Layanan Dasar (Tema & Topik Layanan) :Keutamaan bersyukur, problem solving (pemecahan masalah kehidupan sehari hari), pribadi mandiri proaktif kreatif & inovatif, mengatasi stres dalam belajar, prokrastinasi & cara mengatasinya, bersikap asertif dalam komunikasi, etika berkomunikasi di era digital.Layanan Responsif :

Konseling individu, konseling kelompok, konsultasi, home visit, konfrensi kasus, reperal kasus.

Perencanaan Individual dan Peminatan :

Adanya kolaborasi yang mencakup Tes Bakat Minat, Merancang kelanjutan study, memilih kegiatan ekstrakulikuler, mencari beasiswa untuk kelanjutan study.

Dukungan Sistem :

Adanya kolaborasi dengan Guru Mapel dan Wali kelas yang berkaitan dengan pelaksanaan Projek Profil Pelajar Pancasila di Madrasah, dan adanya kordinasi antara Guru Mapel dan Guru kelas menbahas permasalahan peserta didik, MGBK, Workshop dan Diklat Seminar untuk pengembangan diri bagi Guru Bimbingan Konseling.

2 Aspek Perkembangan yang harus dicapai Peserta Didik:Pengembangan pribadi, perilaku kewirausahaan/kemandirian perilaku ekonomis, wawasan & kesiapan karir, kematangan hubungan dengan teman sebaya, dan mencapai kematangan & kesiapan diri untuk menikah & bekeluarga.
Refleksi Diri
Layanan Dasar (Tema & Topik Layanan) :Strategi memilih program studi, strategi lolos masuk PTN (SNBP, SNBT, & Mandiri), strategi lolos seleksi masuk sekolah kedinasan, perencanaan karir di era digital.Layanan Responsif :

Konseling individu, konseling kelompok, konsultasi, home visit, konfrensi kasus, reperal kasus.

Perencanaan Individual dan Peminatan :

Adanya kolaborasi yang mencakup Tes Bakat Minat, Merancang kelanjutan study, memilih kegiatan ekstrakulikuler, mencari beasiswa untuk kelanjutan study.

Dukungan Sistem :

Adanya kolaborasi dengan Guru Mapel dan Wali kelas yang berkaitan dengan pelaksanaan Projek Profil Pelajar Pancasila di Madrasah, dan adanya kordinasi antara Guru Mapel dan Guru kelas menbahas permasalahan peserta didik, MGBK, Workshop dan Diklat Seminar untuk pengembangan diri bagi Guru Bimbingan Konseling.

MAN 1 BANDAR LAMPUNG, KAMPUS CERIA KAMPUSNYA PARA BINTANG

Previously

Materi Tahfidzul Qur'an MAN 1 Bandar Lampung

Next

Daftar Materi Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 1 Bandar Lampung

MDC

MDC