Home Mata Pelajaran Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Pribadi)
Mata Pelajaran

Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Pribadi)

Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Pribadi) Nama Penyusun Dina Kurniasih Satuan Pendidikan MAN 1 BANDAR LAMPUNG Bidang Layanan Pribadi Tema Cinta Diri Waktu 2 x 45 Menit Jenis […]

Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Pribadi)
Nama Penyusun Dina Kurniasih
Satuan Pendidikan MAN 1 BANDAR LAMPUNG
Bidang Layanan Pribadi
Tema Cinta Diri
Waktu 2 x 45 Menit
Jenis Layanan Bimbingan Klasikal
Kelas/Semester X – XII / Ganjil
TUJUAN LAYANAN a. Peserta didik memahami tentang konsep self-love dan kaitannya dengan tanggung jawabb. Peserta didik belajar menyadari pentingnya tanggung jawab dalam berbagai aspek kehidupan

c. Peserta didik Menumbuhkan kebiasaan siswa dalam mengelola diri dan tugas secara konsisten

MATERI Self-Love dan Tanggung Jawab Pribadi
METODE LAYANAN Ceramah interaktif, Diskusi kelompok, Refleksi diri, Penugasan (jurnal self-love dan tanggung jawab)
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN a. Pendahuluan (10 menit)- Salam, doa, ice breaking

– Apersepsi terkait tema

– Menyampaikan tujuan layanan.

b. Kegiatan Inti (60 menit)

– Eksplorasi: Guru menjelaskan konsep self-love dan tanggung jawab.

– Diskusi kelompok: siswa menyebutkan contoh sikap self-love dan tanggung jawab di sekolah

– Sharing: beberapa siswa menceritakan pengalaman ketika berhasil bertanggung jawab

– Aktivitas refleksi: siswa menuliskan kelebihan, kekurangan, dan hal yang mereka syukuri tentang diri mereka

c. Penutup (20 menit)

– Konfirmasi: Guru memberikan penguatan, meluruskan kesalahpahaman (misalnya self-love bukan berarti egois )

– Peserta Didikmenyampaikan kesan/pesan kegiatan

– Penutup dengan doa.

MEDIA DAN SUMBER BELAJAR PPT, kertas, spidol, modul BK berbasis cinta, referensi terkait
PENILAIAN PROSES Guru BK memperhatikan proses layanan serta melakukan refleksi dari kegiatan layanan klasikal tersebut menggunakan lembar observasi
PENILAIAN HASIL Peserta didik mengisi angket evaluasi setelah mengikuti kegiatan layanan klasikal, antara lain: suasana yang dirasakan, pentingnya topik yang dibahas, cara penyampaiannya
EVALUASI DAN TINDAK LANJUT Evaluasi:- Kognitif: siswa memahami definisi dan konsep self-love serta tanggung jawab.
– Afektif: siswa menunjukkan sikap menerima diri dan kesediaan bertanggung jawab.
– Psikomotorik: siswa membuat jurnal self-love dan daftar tanggung jawab pribadi.

Tindak lanjut:

– Guru BK memantau jurnal self-love siswa setiap minggu.
– Mengadakan program “Tanggung Jawab Mingguan” di kelas (misalnya piket, presentasi, membantu teman).
– Memberikan penghargaan pada siswa yang menunjukkan perubahan positif.

Previously

Perencanaan Pembelajaran 3 : Menyusuri Nilai dalam Cerita Lintas Zaman

Next

Perencanaan Pembelajaran 1 : Mengkritis Informasi dari Berbagai Sumber

MDC

MDC