Home Mata Pelajaran RPP MATEMATIKA FUNGSI EKSPONENSIAL
Mata Pelajaran

RPP MATEMATIKA FUNGSI EKSPONENSIAL

RPP MATEMATIKA FUNGSI EKSPONENSIAL Nama Madrasah    :  MAN 1 Bandar Lampung Nama Guru             :  Maria Hot Diana,  S.Pd Mata Pelajaran      :  Matematika […]

RPP MATEMATIKA FUNGSI EKSPONENSIAL

Nama Madrasah    :  MAN 1 Bandar Lampung

Nama Guru             :  Maria Hot Diana,  S.Pd

Mata Pelajaran      :  Matematika

Kelas/Semester     :  X / Gasal

Materi                     :  Fungsi Eksponensial

Alokasi Waktu      :  2 JP @45 Menit

A. IDENTIFIKASI
  • Murid:Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal konsep pangkat dan eksponen sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati pola pertumbuhan bilangan berpangkat serta penggunaannya dalam perhitungan sederhana, namun masih perlu bimbingan dalam memahami konsep fungsi eksponensial sebagai representasi hubungan matematis. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik.
  • MateriPelajaran : Fungsi Eksponensial
  • Dimensi Profil Lulusan
    1. Penalaran Kritis
    2. Kreatifitas
    3. Kolaborasi
  • TemaKurikulum Berbasis Cinta
    1. Cinta kepada Allah Swt. (Hubbullah)
    2. Cinta kepada Sesama (Hubbunnaas)
    3. Cinta kepada Lingkungan Hidup (Hubbulbiah)
  • MateriInsersi KBC
    • Menyadari keteraturan dan kebesaran ciptaan Allah melalui fungsi eksponensial (Hubbullah).
    • Menumbuhkan sikap saling menghargai saat berdiskusi kelompok (Hubbunnaas).
    • Mengaitkan fungsi eksponensial dalam konteks pertumbuhan populasi, pelestarian lingkungan, dan keberlanjutan sumber daya (Hubbulbiah).
B. DESAIN PEMBELAJARAN
  1. Capaian Pembelajaran

Murid mampu menyatakan, menganalisis, dan menerapkan fungsi eksponensial dalam penyelesaian masalah kontekstual.

  1. Lintas Disiplin Ilmu
    • Biologi (pertumbuhan populasi, bakteri, dan sel)
    • Ekonomi (bunga majemuk)
    • Fisika (radioaktif dan peluruhan)
  2. Tujuan Pembelajaran
    • Murid dapat mengidentifikasi fungsi eksponensial dari permasalahan sehari-hari.
    • Murid dapat memahami bentuk dan sifat fungsi eksponensial.
    • Murid dapat menganalisis kesamaan dua fungsi eksponensial.
    • Murid dapat menyelesaikan operasi hitung aljabar fungsi eksponensial.
    • Murid berpikir kritis dalam penerapan fungsi eksponensial.
    • Murid memiliki ide kreatif dalam membuat karya orisinil yang berkaitan dengan fungsi eksponensial.
  3. Topik PembelajaranFungsi Eksponensial dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Praktek Pedagogik
    • Model: Discovery Learning
    • Strategi: Diskusi kolaboratif berbasis masalah kontekstual
    • Metode: Tanya jawab, pemecahan masalah, presentasi kelompok
  5. Kemitraan Pembelajaran
    • Guru Biologi (untuk aplikasi pertumbuhan sel)
    • Guru Ekonomi (untuk aplikasi bunga majemuk)
  6. Lingkungan Pembelajaran
    • Ruang kelas (fisik)
    • Media digital interaktif (virtual: GeoGebra, Desmos)
    • Budaya belajar: kolaboratif, menghargai pendapat, religius.
  7. Pemanfaatan Digital
    • GeoGebra / Desmos untuk visualisasi grafik fungsi eksponensial.
    • Google Classroom untuk diskusi dan pengumpulan tugas.
    • Video animasi pertumbuhan eksponensial sebagai pengantar.
C. PENGALAMAN BELAJAR
  1. Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal (5 menit)

  • Guru menyapa dengan salam, doa bersama (mindful).
  • Apersepsi: menayangkan video singkat tentang pertumbuhan bakteri/ekonomi (joyful).
  • Tanya jawab: “Mengapa jumlahnya bertambah sangat cepat?” → mengaitkan ke fungsi eksponensial (meaningful).

Kegiatan Inti (80 menit)

  • Mengamati: murid mengamati grafik pertumbuhan pada aplikasi GeoGebra (meaningful).
  • Menanya: murid mengajukan pertanyaan tentang pola pertumbuhan (mindful).
  • Menalar: Diskusi kelompok menganalisis bentuk umum fungsi eksponensial (joyful & meaningful).
  • Mencoba: Menyelesaikan permasalahan (bunga majemuk, populasi, peluruhan zat radioaktif).
  • Mengomunikasikan: Presentasi kelompok hasil diskusi dengan saling menghargai (joyful).

Kegiatan Penutup (5 menit)

  • Refleksi bersama: Apa yang dipelajari hari ini, apa manfaatnya dalam hidup (mindful).
  • Guru memberikan penguatan nilai cinta Allah (Hubbullah), cinta sesama (Hubbunnaas), dan cinta lingkungan (Hubbulbiah).
  • Memberikan tugas proyek kecil: membuat poster digital tentang aplikasi fungsi eksponensial dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Deskripsi Prinsip
    • Memahami: Bermakna (meaningful) melalui video, grafik, dan konteks nyata.
    • Mengaplikasi: Menyenangkan (joyful) melalui diskusi kelompok dan penggunaan aplikasi digital.
    • Merefleksi: Berkesadaran (mindful) melalui refleksi nilai dan manfaat fungsi eksponensial dalam kehidupan.
D. ASESSMENT TES
  1. Asesmen Awal:

Tanya jawab tentang eksponen dan penggunaannya.

  1. Asesmen Proses:
  1. Observasi sikap kolaboratif
  2. penilaian diskusi kelompok,
  3. lembar kerja individu (formatif).
    1. Asesmen Akhir:
  4. Tes tertulis (soal aplikasi fungsi eksponensial).
  5. Proyek kreatif (poster digital tentang aplikasi fungsi eksponensial).
  6. Penilaian sikap (kerjasama, tanggung jawab, religius).

Previously

RPP MATEMATIKA BARISAN DAN DERET ARITMETIKA

Next

RPP MATEMATIKA BENTUK AKAR

Matematika
Author

Matematika

MDC

MDC