Modul Pembelajaran Fiqih I, Jinayah
MODUL AJAR 1 JINAYAH Nama Guru Apriatin, S.Pd. Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Fiqih Jenjang Madrasah Aliyah Kelas XI Alokasi Waktu 5 kali […]

MODUL AJAR 1 JINAYAH |
|||||||||||||
Nama Guru | Apriatin, S.Pd. | ||||||||||||
Nama Sekolah | MAN 1 Bandar Lampung | ||||||||||||
Tahun Ajaran/Semester | 2025-2026/1 | ||||||||||||
Mata Pelajaran | Fiqih | ||||||||||||
Jenjang | Madrasah Aliyah | ||||||||||||
Kelas | XI | ||||||||||||
Alokasi Waktu | 5 kali pertemuan @ 2 JP (2×5=10 JP), 1 JP = 45 Menit | ||||||||||||
Tahapan | Fase F | ||||||||||||
IDENTIFIKASI | |||||||||||||
A. Murid | Murid kelas XI MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal hukum syariat Islam secara umum sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati penerapan hukum dalam kehidupan sosial dan keagamaan, namun masih perlu bimbingan dalam memahami klasifikasi, sanksi, dan hikmah hukum jinayah secara sistematis. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik. | ||||||||||||
B. Materi Pelajaran | Hukum Syara’ (Jinayah) | ||||||||||||
C. Dimensi Profil Lulusan |
|
||||||||||||
D. Tema Kurikulum Berbasis Cinta |
|
||||||||||||
E. Materi Insersi KBC | Menumbuhkan kesadaran bahwa hukum jinayah merupakan manifestasi kasih sayang Allah dalam menjaga hak-hak manusia, keadilan, dan kehidupan sosial yang aman serta bermartabat | ||||||||||||
DESAIN PEMBELAJARAN | |||||||||||||
A. Capaian Pembelajaran | Murid memahami konsep dasar tentang jinayah dalam hukum Islam, termasuk jenis-jenis jinayah, sanksinya, dan hikmah diterapkannya hukum tersebut. | ||||||||||||
B. Lintas Disiplin Ilmu |
|
||||||||||||
C. Tujuan Pembelajaran |
|
||||||||||||
D. Topik Pembelajaran | “Konsep Islam tentang Jinayah: Jenis, Sanksi, dan Hikmahnya” | ||||||||||||
E. Praktek Pedagogik |
|
||||||||||||
F. Kemitraan Pemnbelajaran |
|
||||||||||||
G. Lingkungan Pembelajaran |
|
||||||||||||
H. Pemanfaatan Digital |
|
||||||||||||
PENGALAMAN BELAJAR |
|||||||||||||
A.Langkah-langkah Pembelajaran | Kegiatan Awal (15 Menit):
Kegiatan Inti (60 Menit):
Kegiatan Penutup (15 Menit):
|
||||||||||||
B. Deskripsi Pengalaman Belajar |
|
||||||||||||
ASESMEN PEMBELAJARAN |
|||||||||||||
Langkah-langkah Asesmen Pembelajaran |
1. Asesmen Awal:
2. Asesmen Proses (Formative):
3. Asesmen Akhir (Summative):
Refleksi tertulis: nilai cinta dan keadilan dalam hukum jinayah |

Author