Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Belajar)
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Belajar) Nama Penyusun Dina Kurniasih Satuan Pendidikan MAN 1 BANDAR LAMPUNG Bidang Layanan Belajar Tema Cinta Ilmu Waktu 2 x 45 Menit Jenis […]

Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Belajar) | |
Nama Penyusun | Dina Kurniasih |
Satuan Pendidikan | MAN 1 BANDAR LAMPUNG |
Bidang Layanan | Belajar |
Tema | Cinta Ilmu |
Waktu | 2 x 45 Menit |
Jenis Layanan | Bimbingan Klasikal |
Kelas/Semester | X – XII / Ganjil |
TUJUAN LAYANAN | a. Peserta didik dapat mengenali strategi belajar yang sesuai dengan gaya belajarnyab. Peserta didik dapat Melatih keterampilan siswa dalam mengatur waktu belajar secara disiplin
c. Peserta didik mampu menerapkan kebiasaan belajar efektif dalam kehidupan sehari-hari. |
MATERI | Strategi Belajar dan Motivasi Disiplin |
METODE LAYANAN | Ceramah interaktif, Diskusi kelompok, Brainstorming, Refleksi individu |
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN | a. Pendahuluan (10 menit)- Salam, doa, ice breaking
– Apersepsi terkait tema – Menyampaikan tujuan layanan. b. Kegiatan Inti (60 menit) – Eksplorasi: Guru menjelaskan tentang strategi belajar efektif, motivasi, dan disiplin – Siswa berdiskusi tentang kesulitan belajar yang sering mereka hadapi. – Brainstorming strategi belajar yang bisa diterapkan – Aktivitas refleksi, siswa membuat mini-rencana belajar selama satu minggu c. Penutup (20 menit) – Guru memberikan penguatan, meluruskan miskonsepsi, dan memberikan contoh nyata – Peserta Didik menyampaikan kesan/pesan kegiatan – Penutup dengan doa. |
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR | PPT, kertas, spidol, modul BK berbasis cinta, referensi terkait |
PENILAIAN PROSES | Guru BK memperhatikan proses layanan serta melakukan refleksi dari kegiatan layanan klasikal tersebut menggunakan lembar observasi |
PENILAIAN HASIL | Peserta didik mengisi angket evaluasi setelah mengikuti kegiatan layanan klasikal, antara lain: suasana yang dirasakan, pentingnya topik yang dibahas, cara penyampaiannya |
EVALUASI DAN TINDAK LANJUT | Evaluasi:– Kognitif: siswa mampu menjelaskan strategi belajar efektif dan pentingnya disiplin. – Afektif: siswa menunjukkan sikap positif terhadap belajar dan motivasi berprestasi. – Psikomotorik: siswa membuat rencana belajar pribadi yang realistis.Tindak lanjut: – Guru BK memantau perkembangan belajar siswa melalui catatan refleksi mingguan. |
