Home Mata Pelajaran Perencanaan Pembelajaran SKI 2, Perjuangan Dakwah Rasulullah SAW di Makkah
Mata Pelajaran

Perencanaan Pembelajaran SKI 2, Perjuangan Dakwah Rasulullah SAW di Makkah

Perencanaan Pembelajaran SKI 2, Perjuangan Dakwah Rasulullah SAW di Makkah Nama Penyusun Ulfah, S.Pd.I Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Jenjang Madrasah Aliyah […]

Perencanaan Pembelajaran SKI 2, Perjuangan Dakwah Rasulullah SAW di Makkah
Nama Penyusun Ulfah, S.Pd.I
Sekolah MAN 1 Bandar Lampung
Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1
Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Jenjang Madrasah Aliyah
Kelas X
Alokasi Waktu 4 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit
Tahapan Fase E
Identifikasi Murid Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal kisah nabi dan rasul sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati kisah-kisah nabi melalui cerita guru dan buku pelajaran, namun masih perlu bimbingan dalam memahami konteks sejarah, latar sosial masyarakat Arab saat itu, serta nilai-nilai keteladanan Rasulullah SAW secara lebih mendalam.
Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik.
Materi Pelajaran Perjuangan Dakwah Rasulullah SAW di Makkah
Dimensi Profil Pelajar Pancasila
  1. Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME
  2. Penalaran Kritis
  3. Kolaborasi
Tema Kurikulum Berbasis Cinta
  1. Cinta kepada Allah Swt. (Hubbullah)
  2. Cinta kepada Rasulullah SAW (Hubburrasul)
  3. Cinta kepada Tanah Air (Hubbul wathon)
Materi Insersi KBC Meneladani keimanan dan keteguhan Rasulullah SAW dalam berdakwah di Makkah sebagai bentuk cinta kepada Allah dan Rasul-Nya, serta motivasi untuk membangun bangsa melalui akhlak dan kesabaran dalam menghadapi tantangan.
Capaian Pembelajaran Murid mampu menganalisis perjuangan dakwah Rasulullah SAW di Makkah sebagai inspirasi dalam menerapkan perilaku mulia Rasulullah SAW di kehidupan masa kini dan masa depan.
Lintas Disiplin Ilmu
  • Sosiologi (struktur sosial masyarakat Arab)
  • Bahasa Indonesia (kemampuan membaca dan menyimpulkan teks sejarah)
  • Pendidikan Agama Islam (akhlak, keteladanan Nabi)
Tujuan Pembelajaran a. Murid dapat menganalisis substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW di Makkah
b. Murid dapat menganalisis peistiwa penting dalam dakwah  Rasulullah SAW di Makkah
Topik Pembelajaran Perjuangan Rasulullah SAW dalam menyampaikan dakwah Islam di Makkah: tantangan, strategi, dan hikmahnya.
Praktek Pedagogik
  • Model Pembelajaran: Discovery Learning
  • Strategi: Diskusi kelompok, studi kasus
  • Metode: Ceramah interaktif, tanya jawab, presentasi
Kemitraan Pembelajaran
  • Kolaborasi dengan guru PAI, Sosiologi, dan Bahasa Indonesia
  • Perpustakaan digital sekolah
  • Ustadz lokal untuk bercerita pengalaman dakwah zaman kini
Lingkungan Pembelajaran
  • Fisik: Kelas, perpustakaan, ruang multimedia
  • Virtual: Google Classroom, YouTube, Canva
  • Budaya Belajar: Diskusi terbuka, menghargai pendapat, refleksi nilai
Pemanfaatan Digital
  • Google Slides untuk presentasi kelompok
  • Video dokumenter sejarah Rasulullah SAW di kanal YouTube Islami
  • Canva untuk membuat poster digital perjuangan Rasulullah SAW
Langkah-langkah Pembelajaran Kegiatan Awal (10 menit)

  • Guru membuka pembelajaran dengan salam dan muhasabah singkat (maindful).
  • Menampilkan kutipan QS. Al-Muzzammil: 10–11 tentang kesabaran dalam dakwah.
  • Menayangkan video pendek “Perjuangan Nabi Muhammad SAW di Makkah” (joyful).
  • Tanya jawab ringan untuk membangun koneksi pengetahuan awal (meaningful).

Kegiatan Inti (65 menit)

  • Guru menyampaikan latar belakang kondisi masyarakat Arab sebelum Islam.
  • Murid dibagi ke dalam kelompok kecil, setiap kelompok menganalisis satu bagian:
    a. Kelahiran Nabi Muhammad SAW
    b. Kerasulan dan wahyu pertama
    c. Tantangan dakwah awal (tertutup)
    d. Dakwah terang-terangan dan penindasan
  • Setiap kelompok membuat peta konsep dan mempresentasikan hasilnya.
  • Guru membimbing diskusi dan menyimpulkan nilai-nilai keteladanan Rasulullah SAW (meaningful, joyful, maindful).

Kegiatan Penutup (10 menit)

  • Refleksi bersama: murid menuliskan satu nilai perjuangan Rasulullah SAW yang ingin mereka terapkan di kehidupan mereka.
  • Doa penutup dan penguatan cinta kepada Rasulullah SAW sebagai teladan utama (maindful).
Deskripsi Pengalaman Belajar Memahami

  • Guru membimbing murid mengkaji peristiwa-peristiwa penting dakwah Nabi Muhammad SAW (bermakna dan berkesadaran).

Mengaplikasi

  • Murid menghubungkan perjuangan Rasulullah SAW dengan tantangan kehidupan saat ini dalam bentuk diskusi dan refleksi kelompok (bermakna dan menyenangkan).

Merefleksi

  • Murid mengungkapkan nilai yang mereka teladani dari Rasulullah SAW dan membuat rencana aksi kecil untuk menerapkannya dalam kehidupan (berkesadaran dan bermakna).
Asesmen Pembelajaran
  1. Asesmen Awal Pembelajaran
  • Pertanyaan pemantik untuk menggali pemahaman awal murid tentang kehidupan masyarakat Arab pra-Islam.
  1. Asesmen Proses Pembelajaran
  • Formatif: Penilaian hasil diskusi kelompok, peta konsep, dan partisipasi aktif.
  • Sikap: Observasi sikap kolaboratif, rasa hormat terhadap pendapat, dan ketekunan.
  1. Asesmen Akhir Pembelajaran
  • Sumatif:
    a. Kuis singkat tentang materi
    b. Tugas individu: Esai reflektif “Apa yang bisa saya pelajari dari perjuangan Rasulullah SAW di Makkah?”

Previously

Perencanaan Pembelajaran 2 : Menimbang Mempersentasikan Ide Kewirausahaan

Next

Perencanaan Pembelajaran SKI 3, Perjuangan Dakwah Rasulullah SAW di Madinah

SKI MAN 1 BL
Author

SKI MAN 1 BL

MDC

MDC