MODUL AJAR 2
Mengenal Sifat-sifat Allah (Sifat Wajib, Mustahil, dan Jaiz)
|
Nama Guru |
Nicky Kenia Swari, S.Pd.I |
Nama Sekolah |
MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Ajaran/Semester |
2025-2026/1 |
Mata Pelajaran |
Akidah Akhlak |
Jenjang |
Madrasah Aliyah |
Kelas |
X |
Alokasi Waktu |
2 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit |
Tahapan |
Fase F |
IDENTIFIKASI |
A. Murid |
Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal konsep sifat-sifat Allah sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati tanda-tanda kebesaran Allah melalui pembelajaran Al-Qur’an dan kisah-kisah Nabi, namun masih perlu bimbingan dalam memahami klasifikasi sifat-sifat wajib, mustahil, dan jaiz secara mendalam. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik. |
B. Materi Pelajaran |
Mengenal Sifat-sifat Allah (Sifat Wajib, Mustahil, dan Jaiz) |
C. Dimensi Profil Lulusan |
- Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME
- Penalaran Kritis
- Kolaborasi
|
D. Tema Kurikulum Berbasis Cinta |
- Cinta Allah dan Rasul-Nya
- Cinta Ilmu
- Cinta Diri dan Sesama
|
E. Materi Insersi KBC |
- Penegakan keadilan adalah bagian dari perintah Allah dan sunnah Rasulullah SAW.
- Menumbuhkan semangat mencari ilmu untuk memahami hukum peradilan.
- Membangun rasa empati terhadap sesama dengan mengedepankan nilai keadilan dan persamaan di hadapan hukum Islam.
|
DESAIN PEMBELAJARAN |
A. Capaian Pembelajaran |
Murid mampu menganalisis sifat wajib, mustahil Allah Swt. (nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah) dan sifat jaiz Allah Swt., memahami asma’ul husna terkait, serta membentuk sikap moderasi beragama dalam akidah dan muamalah. |
B. Lintas Disiplin Ilmu |
- PPKn (hukum dan konstitusi)
- Sosiologi (keadilan sosial)
- Bahasa Indonesia (kemampuan argumentatif dan presentasi lisan/tulisan)
|
C. Tujuan Pembelajaran |
- Meyakini sifat wajib Allah (nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah) dan sifat jaiz Allah Swt.
- Membiasakan perilaku disiplin dan tanggung jawab sebagai cermin beriman kepada sifat wajib dan sifat jaiz Allah.
- Menguraikan pengertian sifat wajib dan sifat jaiz Allah Swt.
- Menelaah makna sifat wajib Allah secara mendalam.
- Memerinci keutamaan mengenal nama dan sifat-sifat Allah.
- Melafalkan dalil naqli tentang sifat-sifat Allah.
- Mendiskusikan hasil analisis tentang makna sifat wajib dan sifat jaiz Allah Swt.
|
D. Topik Pembelajaran |
- Sifat Wajib Allah Swt.;
- Sifat Mustahil Allah Swt.;
- Sifat Jaiz Allah Swt.;
- Asma’ul Husna terkait.
|
E. Praktek Pedagogik |
- Model: Discovery Learning;
- Strategi: Diskusi kelompok;
- Metode: Tanya jawab, penugasan, kuis interaktif.
|
F. Kemitraan Pemnbelajaran |
- Pengadilan Agama Kota Bandar Lampung (narasumber tamu/kunjungan)
- Orang tua (pendampingan diskusi nilai keadilan di rumah)
|
G. Lingkungan Pembelajaran |
- Ruang kelas yang mendukung diskusi kelompok
- Platform virtual (Google Classroom, WhatsApp Group)
- Budaya belajar inklusif yang menghargai pendapat dan nilai-nilai keadilan
|
H. Pemanfaatan Digital |
- Video pembelajaran tentang proses peradilan Islam
- Google Forms untuk kuis formatif
- Canva untuk pembuatan infografis hasil diskusi kelompok
|
PENGALAMAN BELAJAR |
A.Langkah-langkah Pembelajaran |
- Kegiatan Awal (10 menit)
- Guru membuka dengan doa bersama Asma’ Al-Husna.
- Guru menayangkan video singkat tentang gaya hidup sederhana vs konsumtif.
- Apersepsi: Tanya jawab “Mengapa Allah melarang sikap boros dalam Al-Qur’an?”
→ Prinsip: Joyful & Meaningful
- Kegiatan Inti (65 menit)
- Mengamati: Murid membaca QS. Al-Furqan: 67 dan QS. Al-Isra: 26–27.
- Menanya: Murid membuat pertanyaan kritis terkait isi ayat.
- Mengumpulkan data: Diskusi kelompok analisis nilai Asma’ Al-Husna (Al-Ghani, Al-Hakim, Al-‘Adl).
- Mengasosiasi: Mengaitkan ayat dengan fenomena sosial: pemborosan, korupsi, konsumtif.
- Mengomunikasikan: Presentasi hasil diskusi + poster nilai anti korupsi berbasis Asma’ Al-Husna.
→ Prinsip: Mindful, Meaningful, Joyful
- Kegiatan Penutup (15 menit)
- Refleksi individu: Murid menuliskan komitmen pribadi “Hari ini saya berjanji untuk …”.
- Guru memberi penguatan: “Mengenal Asma’ Al-Husna berarti meneladani sifat Allah dalam kehidupan nyata.”
→ Prinsip: Mindful & Meaningful
|
B. Deskripsi Pengalaman Belajar |
- Memahami: Membaca ayat dan menjelaskan makna → Mindful & Meaningful
- Mengaplikasi: Membuat poster nilai Asma’ Al-Husna → Meaningful & Joyful
- Merefleksi: Menuliskan sikap sederhana yang akan diterapkan → Mindful
|
ASESMEN PEMBELAJARAN |
Langkah-langkah Asesmen Pembelajaran |
Kegiatan Awal (Mindful)
-
-
- Guru menyapa dan mengajak murid berdoa bersama (kesadaran akan kehadiran Allah)
- Ice breaking: Guru memutarkan video singkat “Keindahan Alam dan Kebesaran Allah”
- Mengaitkan materi dengan pengalaman pribadi murid
Kegiatan Inti
Memahami (Meaningful)
-
-
- Guru menjelaskan pengertian sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah Swt.
- Menampilkan tabel klasifikasi sifat (nafsiyah, salbiyah, ma’ani, ma’nawiyah)
- Murid membaca dan memahami dalil Al-Qur’an terkait
Mengaplikasi (Joyful + Meaningful)
-
-
- Murid dibagi kelompok untuk mengerjakan LKPD klasifikasi sifat Allah
- Menggunakan Wordwall untuk mengelompokkan sifat secara cepat dan menyenangkan
Merefleksi (Mindful)
-
-
- Diskusi kelas: “Bagaimana mengenal sifat Allah memengaruhi perilaku kita?”
- Murid menulis satu niat perubahan diri berdasarkan pembelajaran hari ini
Kegiatan Penutup
-
-
- Guru menyimpulkan hasil belajar
- Memberikan motivasi spiritual dan tugas rumah (hafalan dalil)
- Doa penutup
-
- Deskripsi Prinsip Pembelajaran
Memahami → Bermakna (meaningful) karena mengaitkan konsep dengan dalil naqli dan kehidupan nyata
Mengaplikasi → Menyenangkan (joyful) karena menggunakan game interaktif
Merefleksi → Berkesadaran (mindful) karena menumbuhkan kesadaran diri dan hubungan dengan Allah |