Home Mata Pelajaran MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS X, 4. Hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
Mata Pelajaran

MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS X, 4. Hormat dan patuh kepada orang tua dan guru

MODUL AJAR 4 Hormat dan patuh kepada orang tua dan guru Nama Guru Nicky Kenia Swari, S.Pd.I Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Akidah Akhlak […]

MODUL AJAR 4

Hormat dan patuh kepada orang tua dan guru

Nama Guru Nicky Kenia Swari, S.Pd.I
Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung
Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1
Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Jenjang Madrasah Aliyah
Kelas X
Alokasi Waktu 2 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit
Tahapan Fase F
IDENTIFIKASI
A. Murid Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal konsep hormat kepada orang tua dan guru sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal dalam mengamati sikap penghormatan terhadap orang tua di rumah maupun guru di sekolah, namun masih perlu bimbingan dalam memahami dalil, hikmah, dan penerapan yang konsisten dalam kehidupan sehari-hari. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik.
B. Materi Pelajaran Hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
C. Dimensi Profil Lulusan
  1. Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME
  2. Penalaran Kritis
  3. Kolaborasi
D. Tema Kurikulum Berbasis Cinta
  1. Cinta Allah dan Rasul-Nya
  2. Cinta Ilmu
  3. Cinta Diri dan Sesama
E. Materi Insersi KBC
  • Penegakan keadilan adalah bagian dari perintah Allah dan sunnah Rasulullah SAW.
  • Menumbuhkan semangat mencari ilmu untuk memahami hukum peradilan.
  • Membangun rasa empati terhadap sesama dengan mengedepankan nilai keadilan dan persamaan di hadapan hukum Islam.
DESAIN PEMBELAJARAN
A. Capaian Pembelajaran Murid mampu membiasakan dan mengevaluasi adab berbakti kepada orang tua dan guru, mengunjungi orang sakit berdasarkan dalil dalam konteks kehidupan global sehingga terbentuk pribadi yang peduli dan santun dalam kehidupan sehari-hari.
B. Lintas Disiplin Ilmu
  • PPKn (hukum dan konstitusi)
  • Sosiologi (keadilan sosial)
  • Bahasa Indonesia (kemampuan argumentatif dan presentasi lisan/tulisan)
C. Tujuan Pembelajaran
  • Murid mampu meningkatkan keimanan dengan meyakini pentingnya berbakti kepada orang tua dan guru.
  • Murid mampu membiasakan sikap hormat, jujur, dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.
  • Murid dapat menguraikan adab terhadap orang tua.
  • Murid dapat menjelaskan adab terhadap guru.
  • Murid dapat mendiskusikan hikmah berbakti kepada orang tua dan guru dalam membentuk pribadi berakhlak mulia.
D. Topik Pembelajaran
  • Murid mampu menghayati ketentuan Islam tentang peradilan
  • Murid mampu mengamalkan sikap adil dan patuh pada hukum
  • Murid mampu menganalisis peradilan Islam dan hikmahnya
  • Murid mampu mengomunikasikan penerapan ketentuan peradilan Islam
E. Praktek Pedagogik
  • Memahami adab terhadap orang tua
  • Memahami adab terhadap guru
F. Kemitraan Pemnbelajaran
  • Pengadilan Agama Kota Bandar Lampung (narasumber tamu/kunjungan)
  • Orang tua (pendampingan diskusi nilai keadilan di rumah)
G. Lingkungan Pembelajaran
  • Ruang kelas yang mendukung diskusi kelompok
  • Platform virtual (Google Classroom, WhatsApp Group)
  • Budaya belajar inklusif yang menghargai pendapat dan nilai-nilai keadilan
H. Pemanfaatan Digital
  • Video pembelajaran tentang proses peradilan Islam
  • Google Forms untuk kuis formatif
  • Canva untuk pembuatan infografis hasil diskusi kelompok
PENGALAMAN BELAJAR
A.Langkah-langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Awal (10 menit)
        • Guru menyapa murid dengan ramah (joyful).
        • Menyampaikan tujuan pembelajaran dan motivasi tentang pentingnya berbakti kepada orang tua dan guru (meaningful).
        • Menayangkan video singkat tentang kisah anak yang berbakti pada orang tua (mindful).

    Kegiatan Inti (65 menit)

        • Eksplorasi : Murid mengamati ayat/hadits tentang kewajiban hormat pada orang tua dan guru.
        • Diskusi : Murid dibagi kelompok untuk mendiskusikan bentuk konkret sikap hormat dan patuh. (kolaborasi, meaningful)
        • Presentasi : Perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi.
        • Role Play : Murid memerankan adegan sederhana (misalnya: berbicara sopan kepada guru, membantu orang tua di rumah). (joyful, mindful)
        • Refleksi Kelompok : Murid menuliskan hikmah yang diperoleh di Padlet.

    Kegiatan Penutup (10 menit)

          • Guru bersama murid menyimpulkan materi.
          • Murid menuliskan komitmen pribadi untuk diamalkan di rumah/sekolah (mindful).

      Guru memberi apresiasi dan doa penutup

B. Deskripsi Pengalaman Belajar
  • Memahami: Membaca ayat dan menjelaskan makna → Mindful & Meaningful
  • Mengaplikasi: Membuat poster nilai Asma’ Al-Husna → Meaningful & Joyful
  • Merefleksi: Menuliskan sikap sederhana yang akan diterapkan → Mindful
ASESMEN PEMBELAJARAN
Langkah-langkah Asesmen Pembelajaran  Asesmen Awal

  • Tanya jawab pengetahuan awal siswa tentang adab kepada orang tua dan guru.

Asesmen Proses

  • Observasi sikap murid dalam diskusi (formatif).
  • Penilaian keaktifan, kerja sama, dan sikap menghargai (sikap).

Asesmen Akhir

  • Tes tertulis berupa soal uraian singkat.
  • Penilaian komitmen refleksi pribadi (sumatif).

Previously

MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS X, 5. Keteladanan Nabi Luth

Next

MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS X, 3. Ayo Bertobat

MDC

MDC