RPP MATEMATIKA TRIGONOMETRI 2 Nama Madrasah : MAN 1 Bandar Lampung Nama Guru : Maria Hot Diana, S.Pd. Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : X/Ganjil Materi […]
By Matematika
26 September 2025
4 Menit Membaca
14 Dilihat
Nama Madrasah : MAN 1 Bandar Lampung Nama Guru : Maria Hot Diana, S.Pd. Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : X/Ganjil Materi: Nilai Perbandingan Trigonometri untuk Sudut Istimewa Alokasi Waktu : 2 JP @ 45 Menit
Pertemuan ke : 2
A. IDENTIFIKASI
Murid:
Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal konsep dasar trigonometri pada segitiga siku-siku sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati penerapan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari, namun masih perlu bimbingan dalam memahami nilai perbandingan trigonometri pada sudut istimewa (30°, 45°, 60°). Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan penagamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik.Materi Pelajaran:
Nilai Perbandingan Trigonometri untuk Sudut IstimewaDimensi Profil Lulusan:
Penalaran Kritis
Kreativitas
Kolaborasi
Tema Kurikulum Berbasis Cinta:
Cinta kepada Allah Swt. (Hubbullah)
Cinta kepada Diri Sendiri (Hubbunnafs)
Cinta kepada Bangsa dan Negara (Hubbul wathon wal bilad)
Materi Insersi KBC:
Menyadari keteraturan dalam trigonometri sebagai bagian dari ciptaan Allah Swt.
Meningkatkan kreativitas dan pemahaman diri melalui penerapan trigonometri dalam kehidupan nyata.
Memahami pentingnya trigonometri dalam memecahkan masalah praktis di lingkungan sekitar dan berbangsa.
B. DESAIN PEMBELAJARAN
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu menentukan nilai perbandingan trigonometri untuk sudut istimewa (30°, 45°, 60°) pada segitiga siku-siku.
Lintas Disiplin Ilmu:
Fisika:Penerapan trigonometri dalam konsep gaya dan pergerakan benda.
Geografi:Penggunaan trigonometri dalam pengukuran tinggi benda dan jarak.
Teknologi:Aplikasi trigonometri dalam pemrograman dan desain grafis.
Tujuan Pembelajaran:
Memahami konsep perbandingan trigonometri pada sudut istimewa.
Menghitung nilai sinus, kosinus, dan tangen pada sudut 30°, 45°, dan 60°.
Mengaplikasikan perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah kontekstual yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
Topik Pembelajaran:
Nilai Perbandingan Trigonometri untuk Sudut Istimewa
Praktek Pedagogik:
Model:Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
Strategi:Konstruktivisme melalui penemuan pola nilai trigonometri dari sudut istimewa
Metode:Diskusi kelompok, pemecahan masalah kontekstual, dan eksperimen langsung
Kemitraan Pembelajaran:
Kolaborasi dengan guru Fisika untuk mengintegrasikan konsep trigonometri dalam eksperimen fisika dan dengan guru Teknologi untuk aplikasi trigonometri dalam desain grafis dan pemrograman.
Lingkungan Pembelajaran:
Fisik:Ruang kelas dengan papan tulis interaktif, kalkulator, dan proyektor
Virtual:Google Classroom untuk materi, diskusi, dan tugas, YouTube untuk video pembelajaran
Budaya:Budaya diskusi, refleksi kelompok, penerapan ilmu dalam kehidupan sehari-hari
Pemanfaatan Digital:
Google Forms untuk kuis interaktif
GeoGebra untuk visualisasi nilai trigonometri pada sudut istimewa
YouTube untuk eksperimen trigonometri dan penerapannya dalam kehidupan nyata
C. PENGALAMAN BELAJAR
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal (±5 menit):
Guru membuka dengan pertanyaan reflektif: “Pernahkah kalian menghitung nilai trigonometri dalam kehidupan sehari-hari, seperti pengukuran tinggi gedung atau pohon?”
Menampilkan video pendek mengenai penerapan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari, misalnya di bidang arsitektur.
Apersepsi dan penguatan motivasi belajar matematika untuk kehidupan nyata.
→ Prinsip: Joyful & Meaningful
Kegiatan Inti (±80 menit):
Mengamati:Murid mengamati contoh perhitungan nilai trigonometri pada sudut 30°, 45°, dan 60°.
Menanya:Murid membuat pertanyaan terkait pola yang ditemukan dari nilai trigonometri tersebut.
Mengumpulkan Informasi:Diskusi kelompok tentang perhitungan nilai trigonometri pada sudut istimewa.
Mengasosiasikan:Menganalisis hubungan nilai trigonometri dengan aplikasi praktis di kehidupan sehari-hari.
Mengomunikasikan:Presentasi kelompok mengenai cara menghitung dan penerapan nilai trigonometri dalam berbagai bidang.
Refleksi:Murid mengisi refleksi digital tentang apa yang dipahami dan belum dipahami.
→ Prinsip: Mindful, Meaningful, Joyful
Kegiatan Penutup (±5menit):
Muriddiminta menuliskan 3 hal yang dipelajari hari ini dan 1 hal yang masih membingungkan.
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan pelajaran.
Guru menyampaikan keterkaitan materi berikutnya tentang penerapan trigonometri dalam kehidupan nyata.
→ Prinsip: Mindful & Meaningful
Deskripsi Pengalaman Belajar:
Memahami:Mengamati dan menafsirkan perhitungan nilai trigonometri → berkesadaran (mindful) dan bermakna (meaningful)
Mengaplikasi:Menghitung nilai trigonometri untuk sudut istimewa dan membuat poster penerapan trigonometri → bermakna (meaningful) dan menggembirakan (joyful)
Merefleksi:Menuliskan pemahaman dan kesulitan → berkesadaran (mindful)
D. ASESMENT PEMBELAJARAN
Asesmen Awal Pembelajaran:
Tanya jawab dan eksplorasi pengetahuan awal muridtentang konsep trigonometri pada segitiga siku-siku.
Asesmen Proses Pembelajaran:
Observasi diskusi kelompok
Penilaian sikap kerja sama, aktif, dan bertanya (rubrik observasi)
Capaian tugas LKPD
Asesmen Akhir Pembelajaran:
Kuis formatif melalui Google Form
Tugas individu membuat laporan penerapan trigonometri pada sudut istimewa dalam kehidupan sehari-hari
Evaluasi sumatif berbentuk uraian dan pilihan gandaLampiran:
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) Materi:Nilai Perbandingan Trigonometri untuk Sudut Istimewa
Petunjuk:
Kerjakan soal-soal berikut bersama kelompok kalian!
Hitung nilai sinus, kosinus, dan tangen untuk sudut 30°, 45°, dan 60°.
Jelaskan hubungan antara nilai trigonometri dan aplikasi di bidang arsitektur atau teknik sipil.
Buatlah diagram yang menggambarkan nilai trigonometri pada segitiga siku-siku.