Home Mata Pelajaran RPP MATEMATIKA TRIGONOMETRI 3
Mata Pelajaran

RPP MATEMATIKA TRIGONOMETRI 3

RPP MATEMATIKA TRIGONOMETRI 3 Nama Madrasah     : MAN 1 Bandar Lampung Nama Guru               : Maria Hot Diana, S.Pd. Mata Pelajaran       :  Matematika Kelas/Semester  […]

RPP MATEMATIKA TRIGONOMETRI 3

Nama Madrasah     : MAN 1 Bandar Lampung
Nama Guru               : Maria Hot Diana, S.Pd.
Mata Pelajaran       :  Matematika
Kelas/Semester      :  X/Ganjil
Materi                        :  Nilai Perbandingan Trigonometri untuk Sudut Berelasi
Alokasi Waktu        :  2 JP @ 45 Menit

Pertemuan ke         :  3

 A. IDENTIFIKASI Murid:
Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal konsep dasar trigonometri pada segitiga siku-siku sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati hubungan antara sudut dan sisi segitiga siku-siku, namun masih perlu bimbingan dalam memahami nilai perbandingan trigonometri untuk sudut berelasi (seperti hubungan antara sinus dan kosinus pada sudut yang berhubungan). Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik.Materi Pelajaran:
Nilai Perbandingan Trigonometri untuk Sudut BerelasiDimensi Profil Lulusan:

  1. Penalaran Kritis
  2. Kreativitas
  3. Kolaborasi

Tema Kurikulum Berbasis Cinta:

  1. Cinta kepada Allah Swt. (Hubbullah)
  2. Cinta kepada Diri Sendiri (Hubbunnafs)
  3. Cinta kepada Bangsa dan Negara (Hubbul wathon wal bilad)

Materi Insersi KBC:

  1. Menyadari keteraturan dalam trigonometri sebagai bagian dari ciptaan Allah Swt.
  2. Meningkatkan kreativitas dan pemahaman diri melalui penerapan trigonometri dalam kehidupan nyata.
  3. Memahami pentingnya trigonometri dalam pemecahan masalah praktis di lingkungan sekitar dan berbangsa.
B. DESAIAN PEMBELAJARAN
  1. Capaian Pembelajaran:
    Murid mampu menentukan nilai perbandingan trigonometri untuk sudut berelasi, seperti sinus, kosinus, dan tangen pada sudut berelasi (misalnya hubungan antara sudut 30° dan 60° atau 45° dengan 45°).
  2. Lintas Disiplin Ilmu:
    • Fisika:Penerapan trigonometri dalam konsep gaya dan pergerakan benda.
    • Geografi:Penggunaan trigonometri dalam pengukuran tinggi objek dan jarak antara titik-titik di peta.
    • Teknologi:Aplikasi trigonometri dalam pemrograman dan desain grafis (misalnya untuk perhitungan animasi atau simulasi fisik).
  1. Tujuan Pembelajaran:
  • Memahami konsep perbandingan trigonometri pada sudut berelasi.
  • Menghitung nilai sinus, kosinus, dan tangen pada sudut yang berelasi.
  • Mengaplikasikan perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah kontekstual yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
  1. Topik Pembelajaran:
    Nilai Perbandingan Trigonometri untuk Sudut Berelasi
  2. Praktek Pedagogik:
  • Model:Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
  • Strategi:Konstruktivisme melalui penemuan hubungan nilai trigonometri dari sudut berelasi.
  • Metode:Diskusi kelompok, pemecahan masalah kontekstual, dan eksperimen langsung.
  1. Kemitraan Pembelajaran:
    Kolaborasi dengan guru Fisika untuk mengintegrasikan konsep trigonometri dalam eksperimen fisika dan dengan guru Teknologi untuk aplikasi trigonometri dalam desain grafis dan pemrograman.
  2. Lingkungan Pembelajaran:
  • Fisik:Ruang kelas dengan papan tulis interaktif, kalkulator, dan proyektor
  • Virtual:Google Classroom untuk materi, diskusi, dan tugas, YouTube untuk video pembelajaran
  • Budaya:Budaya diskusi, refleksi kelompok, penerapan ilmu dalam kehidupan sehari-hari
  1. Pemanfaatan Digital:
  • Google Forms untuk kuis interaktif
  • GeoGebra untuk visualisasi nilai trigonometri pada sudut berelasi
  • YouTube untuk eksperimen trigonometri dan penerapannya dalam kehidupan nyata
C. PENGALAMAN BELAJAR
  1. Langkah-Langkah Pembelajaran
    • Kegiatan Awal (±5 menit):
  • Guru membuka dengan pertanyaan reflektif: “Bagaimana kalian dapat menghubungkan nilai trigonometri pada sudut 30° dan 60°? Apa hubungan antara sinus dan kosinus pada kedua sudut tersebut?”
  • Menampilkan video pendek mengenai penerapan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari, seperti menghitung tinggi bangunan dengan perbandingan trigonometri.
  • Apersepsi dan penguatan motivasi belajar matematika untuk kehidupan nyata.
    → Prinsip: Joyful & Meaningful

    • Kegiatan Inti (±80 menit):
  • Mengamati:Murid mengamati hubungan antara sudut berelasi dan nilai trigonometri terkait.
  • Menanya:Murid membuat pertanyaan terkait hubungan trigonometri yang ditemukan dari sudut-sudut berelasi.
  • Mengumpulkan Informasi:Diskusi kelompok tentang hubungan nilai trigonometri pada sudut-sudut berelasi.
  • Mengasosiasikan:Menganalisis hubungan antara nilai trigonometri pada sudut-sudut berelasi melalui LKPD.
  • Mengomunikasikan:Presentasi kelompok mengenai hubungan nilai trigonometri antara sudut yang berelasi.
  • Refleksi:Muridmengisi refleksi digital tentang pemahaman mereka mengenai hubungan sudut berelasi.
    → Prinsip: Mindful, Meaningful, Joyful

    • Kegiatan Penutup (±5menit):
  • Muriddiminta menuliskan 3 hal yang dipelajari hari ini dan 1 hal yang masih membingungkan.
  • Guru memberikan penguatan dan kesimpulan pelajaran.
  • Guru menyampaikan keterkaitan materi berikutnya tentang penerapan trigonometri dalam masalah dunia nyata.
    → Prinsip: Mindful & Meaningful
  1. Deskripsi Pengalaman Belajar:
    • Memahami:Mengamati hubungan nilai trigonometri pada sudut berelasi → berkesadaran (mindful) dan bermakna (meaningful)
    • Mengaplikasi:Menghitung nilai trigonometri pada sudut berelasi dan menghubungkannya dengan penerapan dunia nyata → bermakna (meaningful) dan menggembirakan (joyful)
    • Merefleksi:Menuliskan pemahaman dan kesulitan dalam hubungan trigonometri pada sudut berelasi → berkesadaran (mindful)
D. ASESSMENT PEMBELAJARAN Asesmen Awal Pembelajaran:

  • Tanya jawab dan eksplorasi pengetahuan awal siswa tentang hubungan trigonometri pada sudut yang berelasi.

Asesmen Proses Pembelajaran:

  • Observasi diskusi kelompok
  • Penilaian sikap kerja sama, aktif, dan bertanya (rubrik observasi)
  • Capaian tugas LKPD

Asesmen Akhir Pembelajaran:

  • Kuis formatif melalui Google Form
  • Tugas individu membuat laporan penerapan trigonometri pada sudut berelasi dalam kehidupan sehari-hari
  • Evaluasi sumatif berbentuk uraian dan pilihan ganda

    Lampiran:

    1. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
      Materi:Nilai Perbandingan Trigonometri untuk Sudut Berelasi

    Petunjuk:
    Kerjakan soal-soal berikut bersama kelompok kalian!

    1. Hitung nilai sinus, kosinus, dan tangen untuk sudut 30°, 45°, dan 60°.
    2. Jelaskan bagaimana perbandingan trigonometri pada sudut-sudut tersebut dapat digunakan untuk menghitung jarak dalam kehidupan sehari-hari.
    3. Berikan contoh masalah kontekstual yang menggunakan hubungan trigonometri antara sudut-sudut berelasi.
    4. Instrumen/Rubrik Penilaian

    Rubrik Kognitif (Pengetahuan)

    Aspek Skor 4 Skor 3 Skor 2 Skor 1
    Menyatakan nilai trigonometri Benar dan lengkap Sebagian benar Kurang lengkap Salah semua
    Menjelaskan penerapan trigonometri Tepat dan jelas Tepat namun kurang lengkap Kurang tepat Tidak menjawab

    Rubrik Sikap dan Kolaborasi

    Aspek Baik Sekali (4) Baik (3) Cukup (2) Kurang (1)
    Kerja sama Aktif dan mendukung tim Bekerja sama cukup baik Kadang pasif Tidak berpartisipasi

     

Previously

RPP MATEMATIKA TRIGONOMETRI 4

Next

RPP MATEMATIKA TRIGONOMETRI 2

Matematika
Author

Matematika

MDC

MDC