Home Mata Pelajaran RPP MATEMATIKA TRIGONOMETRI 4
Mata Pelajaran

RPP MATEMATIKA TRIGONOMETRI 4

RPP TRIGONOMETRI 4 Nama Madrasah    :  MAN 1 Bandar Lampung Nama Guru              :  Maria Hot Diana, S.Pd. Mata Pelajaran      :  Matematika Kelas/Semester  […]

RPP TRIGONOMETRI 4

Nama Madrasah    :  MAN 1 Bandar Lampung
Nama Guru              :  Maria Hot Diana, S.Pd.
Mata Pelajaran      :  Matematika
Kelas/Semester     :  X/Ganjil
Materi                       :  Menyelesaikan Permasalahan yang Berkaitan dengan Perbandingan    Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
Alokasi Waktu       :  2 JP @ 45 Menit

Pertemuan ke        :  4

 

A. IDENTIFIKASI Murid:
Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal konsep dasar trigonometri pada segitiga siku-siku sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati penerapan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari, namun masih perlu bimbingan dalam memahami penerapan trigonometri untuk menyelesaikan permasalahan kontekstual yang melibatkan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik.Materi Pelajaran:
Menyelesaikan Permasalahan yang Berkaitan dengan Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-SikuDimensi Profil Lulusan:

  1. Penalaran Kritis
  2. Kreativitas
  3. Kolaborasi

Tema Kurikulum Berbasis Cinta:

  1. Cinta kepada Allah Swt. (Hubbullah)
  2. Cinta kepada Diri Sendiri (Hubbunnafs)
  3. Cinta kepada Bangsa dan Negara (Hubbul wathon wal bilad)

Materi Insersi KBC:

  1. Menyadari keteraturan dalam trigonometri sebagai bagian dari ciptaan Allah Swt.
  2. Meningkatkan kreativitas dan pemahaman diri melalui penerapan trigonometri dalam kehidupan nyata.
  3. Memahami pentingnya trigonometri dalam memecahkan masalah praktis yang berhubungan dengan lingkungan sosial dan negara.
B. DESAIAN PEMBELAJARAN
  1. Capaian Pembelajaran:
    Peserta didik mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
  2. Lintas Disiplin Ilmu:
    • Fisika:Penerapan trigonometri dalam konsep gaya, kecepatan, dan pergerakan benda.
    • Geografi:Penggunaan trigonometri dalam pengukuran jarak, tinggi objek, dan koordinat geografis.
    • Teknologi:Aplikasi trigonometri dalam bidang rekayasa perangkat lunak, desain grafis, dan animasi komputer.
  1. Tujuan Pembelajaran:
  • Memahami konsep dasar perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
  • Menghitung nilai sinus, kosinus, dan tangen pada segitiga siku-siku.
  • Mengaplikasikan perbandingan trigonometri untuk menyelesaikan masalah kontekstual, seperti menghitung tinggi gedung, jarak, dan sudut pada berbagai situasi kehidupan.
  1. Topik Pembelajaran:
    Menyelesaikan Permasalahan yang Berkaitan dengan Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
  2. Praktek Pedagogik:
  • Model:Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning)
  • Strategi:Konstruktivisme melalui pemecahan masalah yang melibatkan perbandingan trigonometri
  • Metode:Diskusi kelompok, pemecahan masalah kontekstual, eksperimen langsung
  1. Kemitraan Pembelajaran:
    Kolaborasi dengan guru Fisika untuk mengintegrasikan konsep trigonometri dalam eksperimen fisika dan guru Geografi untuk mengaitkan trigonometri dengan pengukuran jarak dan peta.
  2. Lingkungan Pembelajaran:
  • Fisik:Ruang kelas dengan papan tulis interaktif, kalkulator, proyektor, dan materi cetak
  • Virtual:Google Classroom untuk materi, tugas, dan diskusi, YouTube untuk video pembelajaran trigonometri
  • Budaya:Budaya diskusi, refleksi kelompok, dan penerapan ilmu dalam kehidupan sehari-hari
  1. Pemanfaatan Digital:
  • Google Forms untuk kuis interaktif
  • YouTube untuk eksperimen penerapan trigonometri dalam kehidupan nyata

 

 

 

C. PENGALAMAN BELAJAR
  1. Langkah-Langkah Pembelajaran
    • Kegiatan Awal (±5 menit):
  • Guru membuka pelajaran dengan pertanyaan reflektif: “Bagaimana trigonometri dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari, seperti menghitung tinggi gedung atau jarak antara dua titik?”
  • Menampilkan video pendek yang menjelaskan penerapan trigonometri dalam kehidupan nyata (misalnya, perhitungan tinggi gedung atau objek dengan trigonometri).
  • Apersepsi dan penguatan motivasi untuk memahami bahwa matematika, khususnya trigonometri, sangat berguna dalam kehidupan praktis.
    → Prinsip: Joyful & Meaningful

    • Kegiatan Inti (±80 menit):
  • Mengamati:Murid mengamati contoh permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
  • Menanya:Muridmengajukan pertanyaan tentang bagaimana nilai trigonometri digunakan dalam perhitungan kehidupan sehari-hari.
  • Mengumpulkan Informasi:Diskusi kelompok tentang langkah-langkah menyelesaikan masalah perbandingan trigonometri dalam konteks kontekstual.
  • Mengasosiasikan:Menganalisis dan memecahkan soal kontekstual yang melibatkan trigonometri pada segitiga siku-siku.
  • Mengomunikasikan:Presentasi kelompok mengenai cara penyelesaian permasalahan trigonometri yang ditemukan.
  • Refleksi:Murid mengisi refleksi digital tentang apa yang telah dipahami dan area yang masih membingungkan.
    → Prinsip: Mindful, Meaningful, Joyful

    • Kegiatan Penutup (±5 menit):
  • Muriddiminta menuliskan 3 hal yang dipelajari hari ini dan 1 hal yang masih membingungkan.
  • Guru memberikan penguatan dan kesimpulan pelajaran.
  • Guru menyampaikan keterkaitan materi berikutnya yang akan membahas penerapan lebih lanjut trigonometri dalam kehidupan nyata.
    → Prinsip: Mindful & Meaningful
  1. Deskripsi Pengalaman Belajar:
    • Memahami:Mengamati dan menafsirkan contoh soal kontekstual → berkesadaran (mindful) dan bermakna (meaningful)
    • Mengaplikasi:Menghitung nilai trigonometri pada segitiga siku-siku dan menyelesaikan soal kontekstual → bermakna (meaningful) dan menggembirakan (joyful)
    • Merefleksi:Menuliskan pemahaman dan kesulitan tentang penerapan trigonometri dalam kehidupan nyata → berkesadaran (mindful)
D. ASESSMENT PEMBELAJARAN Asesmen Awal Pembelajaran:

  • Tanya jawab tentang pemahaman awal siswa mengenai trigonometri dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Asesmen Proses Pembelajaran:

  • Observasi diskusi kelompok
  • Penilaian sikap kerja sama, aktif, dan bertanya (rubrik observasi)
  • Capaian tugas LKPD

Asesmen Akhir Pembelajaran:

  • Kuis formatif melalui Google Form
  • Tugas individu membuat laporan penyelesaian masalah kontekstual dengan menggunakan perbandingan trigonometri
  • Evaluasi sumatif berbentuk uraian dan pilihan ganda

    Lampiran:

    1. LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
      Materi:Menyelesaikan Permasalahan yang Berkaitan dengan Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku

    Petunjuk:
    Kerjakan soal-soal berikut bersama kelompok kalian!

    1. Hitunglah tinggi pohonyang bayangannya sepanjang 10 meter jika sudut elevasinya 30°.
    2. Sebuah pohon memiliki bayangan sepanjang 30 meter, dengan sudut elevasi 60°. Hitunglah tinggi pohon tersebut.
    3. Jelaskan bagaimana perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dapat digunakan untuk menentukan jarak antara dua titik yang tidak dapat dijangkau langsung.
    4. Instrumen/Rubrik Penilaian

    Rubrik Kognitif (Pengetahuan)

    Aspek Skor 4 Skor 3 Skor 2 Skor 1
    Menyelesaikan permasalahan trigonometri Benar dan lengkap Sebagian benar Kurang lengkap Salah semua
    Menyusun langkah pemecahan masalah Tepat dan jelas Tepat namun kurang lengkap Kurang tepat Tidak menjawab

    Rubrik Sikap dan Kolaborasi

    Aspek Baik Sekali (4) Baik (3) Cukup (2) Kurang (1)
    Kerja sama Aktif dan mendukung tim Bekerja sama cukup baik Kadang pasif Tidak berpartisipasi

     

Previously

RPP MATEMATIKA LOGARITMA

Next

RPP MATEMATIKA TRIGONOMETRI 3

Matematika
Author

Matematika

MDC

MDC