Home Mata Pelajaran RPP MATEMATIKA SIFAT EKSPONENSIAL
Mata Pelajaran

RPP MATEMATIKA SIFAT EKSPONENSIAL

RPP MATEMATIKA SIFAT EKSPONENSIAL Nama Madrasah    :  MAN 1 Bandar Lampung Nama Guru            :  Maria Hot Diana, S.Pd Mata Pelajaran     :  Matematika Kelas/ […]

RPP MATEMATIKA SIFAT EKSPONENSIAL

Nama Madrasah    :  MAN 1 Bandar Lampung

Nama Guru            :  Maria Hot Diana, S.Pd

Mata Pelajaran     :  Matematika

Kelas/ Semester  :  X / Gasal

Materi                   :  Sifat Eksponen dan Eksponen Nol/Negatif

Alokasi Waktu    :  2 JP @45 Menit

A. IDENTIFIKASI
  • Murid: Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal bilangan berpangkat sejak jenjang SMP. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati pola perkalian bilangan berulang, namun masih perlu bimbingan dalam memahami sifat-sifat eksponen, terutama pada eksponen nol dan negatif. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik.
  • Materi Pelajaran: Sifat-sifat eksponen, eksponen nol, dan eksponen negatif.
  • Dimensi Profil Lulusan:
    1. Penalaran Kritis
    2. Kreatifitas
    3. Kolaborasi
  • TemaKurikulum Berbasis Cinta (KBC):
    1. Cinta kepada Allah Swt. (Hubbullah)
    2. Cinta kepada Diri Sendiri (Hubbunnafs)
    3. Cinta kepada Sesama (Hubbunnaas)
  • Materi Insersi KBC:
    • Menyadari kebesaran Allah Swt. melalui keteraturan hukum eksponen.
    • Melatih kejujuran dan tanggung jawab dalam mengerjakan latihan.
    • Mengembangkan sikap tolong-menolong dan kerjasama saat diskusi kelompok.

 

B. DESAIN PEMBELAJARAN
  1. Capaian Pembelajaran

Murid mampu memahami dan menggunakan sifat-sifat eksponen (termasuk eksponen nol dan negatif) dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

  1. Lintas Disiplin Ilmu
    • Fisika (rumus kecepatan cahaya, energi, radioaktif dengan eksponen)
    • Ekonomi (pertumbuhan bunga majemuk)
  2. Tujuan Pembelajaran
    • Murid dapat mengidentifikasi sifat eksponen dari permasalahan sehari-hari.
    • Murid dapat menjelaskan dan menggunakan eksponen nol serta negatif.
    • Murid dapat menganalisis kesamaan bentuk aljabar dengan sifat eksponen.
    • Murid dapat menyelesaikan operasi hitung aljabar yang melibatkan eksponen.
    • Murid dapat berpikir kritis dalam menyelesaikan permasalahan kontekstual terkait eksponen.
    • Murid mampu menuangkan ide kreatif dalam bentuk karya sederhana terkait eksponen.
  3. Topik Pembelajaran

Sifat-sifat eksponen, eksponen nol, dan eksponen negatif.

  1. Praktek Pedagogik
    • Model: Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
    • Strategi: Kolaboratif dan kontekstual berbasis masalah nyata.
    • Metode: Diskusi kelompok, tanya jawab, presentasi, latihan soal kontekstual.
  2. Kemitraan Pembelajaran

Kolaborasi dengan guru Fisika dan Ekonomi untuk memberikan contoh penerapan eksponen pada bidang lain.

  1. Lingkungan Pembelajaran
    • Ruang kelas (diskusi dan latihan)
    • Media digital/online (contoh interaktif eksponen)
    • Budaya belajar: saling menghargai, aktif, kolaboratif, dan reflektif.
  2. Pemanfaatan Digital
    • GeoGebra/Desmos untuk eksplorasi sifat eksponen.
    • Google Classroom untuk berbagi materi dan tugas.
    • Kahoot/Quizizz untuk evaluasi interaktif.

 

C. PENGALAMAN BELAJAR
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal (5 menit)

  • Guru menyapa dengan hangat, mengaitkan pelajaran dengan fenomena alam seperti pertumbuhan sel atau bakteri (berkesadaran & bermakna).
  • Doa bersama sebagai wujud cinta kepada Allah Swt. (Hubbullah).
  • Apersepsi: Tanya jawab tentang bilangan berpangkat di SMP.

Kegiatan Inti (80 menit)

  • Mengamati: Murid mengamati pola perkalian berulang → eksponen (meaningful).
  • Menanya: Murid bertanya mengapa bilangan berpangkat nol bernilai 1 (joyful).
  • Mengumpulkan Informasi: Diskusi kelompok menemukan sifat eksponen (mindful & kolaboratif).
  • Mengasosiasi: Menyelesaikan contoh soal kontekstual (pertumbuhan penduduk, bunga majemuk).
  • Mengkomunikasikan: Tiap kelompok presentasi hasil diskusinya (joyful & kolaboratif).

Kegiatan Penutup (5 menit)

  • Refleksi bersama: Apa makna sifat eksponen dalam kehidupan? (mindful).
  • Penekanan nilai cinta kepada diri sendiri (percaya diri), kepada sesama (kerjasama), dan kepada Allah Swt. (bersyukur atas keteraturan ciptaan-Nya).
  • Memberi tugas rumah berupa proyek mini: membuat poster kreatif tentang penerapan eksponen.
  1. DeskripsiPengalaman Belajar
    • Memahami: mindful & meaningful (mengaitkan konsep eksponen dengan kehidupan nyata).
    • Mengaplikasi: meaningful & joyful (menyelesaikan soal kontekstual, permainan interaktif).
    • Merefleksi: mindful (menyadari makna konsep eksponen dalam kehidupan dan iman).

 

D. ASESSMENT TES
  • Asesmen Awal: Tanya jawab apersepsi (diagnostik pemahaman eksponen dasar).
  • Asesmen Proses: Observasi sikap kolaborasi, keaktifan bertanya, dan keterlibatan dalam diskusi (formatif).
  • Asesmen Akhir:
  • Tes tertulis (soal pilihan ganda & uraian).
  • Proyek mini (poster penerapan eksponen).
  • Penilaian sikap: kejujuran, kerjasama, tanggung jawab.

Previously

RPP MATEMATIKA BENTUK AKAR

Next

Perencanaan Pembelajraan Pendidikan Pancasila 4 : Menjaga Keutuhan NKRI

Matematika
Author

Matematika

MDC

MDC