MODUL AL-QUR’AN HADIS BAB 1 (HAKIKAT PENCIPTAAN MANUSIA)
Nama Penyusun |
Yuyun Yuniati, S.Pd |
Sekolah |
MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Ajaran /Semester |
2025/2026 |
Mata Pelajaran |
Al-Qur’an Hadis |
Jenjang |
Madrasah Aliyah |
Kelas |
XI (sebelas) |
Alokasi Waktu |
3 kali pertemuan @ 2JP (2X3=12 JP), 1 JP 45 menit |
Tahapan |
Fase F |
Konten Utama |
Hakikat Penciptaan Manusia |
Capaian Pembelajaran |
Peserta didik mampu menganalisis dan menyajikan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia sebagai khalifah dan hamba Allah.
- Al-Mukminun (23):12-14
- Al-Baqarah (2): 30-32
- Az-Zariyat (51): 56
- An-Nahl (16): 78
|
Tujuan Pembelajaran |
- Murid memahami kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang penciptaan manusia dan statusnya sebagai khalifah dan hamba Allah.
- Murid mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayat-ayat terkait secara benar.
- Murid menelaah isi kandungan ayat-ayat dan hadis dengan baik.
- Murid mengimplementasikan nilai-nilai Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan sehari-hari.
|
Topik Pembelajaran: |
- Penciptaan manusia
- Tugas dan tanggung jawab sebagai khalifah
- Makna penghambaan kepada Allah SWT
|
Praktek Pedagogik |
- Model: Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
- Strategi: Diskusi kelompok, analisis ayat, presentasi temuan
- Metode: Tanya jawab, ceramah interaktif, penugasan kelompok, refleksi
|
Kemitraan Pembelajaran: |
- Kolaborasi dengan guru BK (untuk pembentukan karakter)
- Narasumber lokal (tokoh agama/motivator Islami)
|
Lingkungan Pembelajaran: |
- Ruang Fisik: Kelas, masjid sekolah
- Ruang Virtual: Google Classroom, WhatsApp Group
- Budaya Belajar: Reflektif, kolaboratif, saling menghargai
|
Pemanfaatan Digital: |
- Pemutaran video pembelajaran tematik (YouTube)
- Google Form untuk kuis interaktif
- Canva untuk membuat infografis isi ayat
|
Langkah-Langkah Pembelajaran |
Kegiatan Awal (15 Menit):
- Guru membuka dengan salam dan doa bersama.
- Ice breaking: Menonton video pendek tentang tanggung jawab manusia terhadap lingkungan dan sesama (joyful)
- Tanya jawab pemantik: “Mengapa manusia diciptakan?”
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan keterkaitannya dengan kehidupan siswa (meaningful)
Kegiatan Inti (60 Menit):
Fase 1: Eksplorasi Ayat dan Hadis
- Siswa membaca QS. Al-Baqarah (2): 30-32 dan QS. Az-Zariyat (51): 56 bersama-sama.
- Guru menjelaskan makna global ayat dan konteks sejarah turunnya ayat.
Fase 2: Analisis Masalah
- Siswa dibagi menjadi kelompok kecil dan diberikan studi kasus, misalnya: “Bagaimana sikap seorang siswa yang mencerminkan sebagai khalifah Allah di sekolah?”
- Diskusi kelompok dan membuat presentasi poster (meaningful & collaborative)
Fase 3: Presentasi dan Refleksi
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil analisis.
- Guru memberikan umpan balik dan klarifikasi.
- Diskusi nilai-nilai anti korupsi dalam konteks pembelajaran (mindful)
Kegiatan Penutup (15 Menit):
- Refleksi individu: “Apa satu hal yang saya pelajari hari ini yang dapat saya terapkan dalam kehidupan?”
- Penugasan mandiri: Membuat jurnal reflektif atau infografis “Aku sebagai Khalifah Allah” (mindful & joyful)
|
Asesmen Pembelajaran |
- Asesmen Awal:
- Tanya jawab pengetahuan awal siswa tentang penciptaan manusia
- Kuis singkat melalui Google Form
- Asesmen Proses:
- Observasi sikap (kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dalam kelompok)
- Penilaian formatif: jawaban lisan, hasil diskusi kelompok
- Asesmen Akhir:
- Kognitif (Tes Tertulis): Soal uraian tentang isi kandungan ayat
- Afektif (Sikap): Jurnal reflektif
- Psikomotorik: Poster atau infografis kelompok
|
|
|