Home Mata Pelajaran MODUL AL-QUR’AN HADIS BAB 1 (HAKIKAT PENCIPTAAN MANUSIA)
Mata Pelajaran

MODUL AL-QUR’AN HADIS BAB 1 (HAKIKAT PENCIPTAAN MANUSIA)

MODUL AL-QUR’AN HADIS BAB 1 (HAKIKAT PENCIPTAAN MANUSIA) Nama Penyusun Yuyun Yuniati, S.Pd Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran /Semester 2025/2026 Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Jenjang  Madrasah Aliyah Kelas […]

MODUL AL-QUR’AN HADIS BAB 1 (HAKIKAT PENCIPTAAN MANUSIA)

Nama Penyusun Yuyun Yuniati, S.Pd
Sekolah MAN 1 Bandar Lampung
Tahun Ajaran /Semester 2025/2026
Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis
Jenjang  Madrasah Aliyah
Kelas XI (sebelas)
Alokasi Waktu 3 kali pertemuan @ 2JP (2X3=12 JP), 1 JP 45 menit
Tahapan Fase F
Konten Utama Hakikat Penciptaan Manusia
Capaian Pembelajaran Peserta didik mampu menganalisis dan menyajikan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia sebagai khalifah dan hamba Allah.

  • Al-Mukminun (23):12-14
  • Al-Baqarah (2): 30-32
  • Az-Zariyat (51): 56
  • An-Nahl (16): 78
Tujuan Pembelajaran
  • Murid memahami kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang penciptaan manusia dan statusnya sebagai khalifah dan hamba Allah.
  • Murid mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayat-ayat terkait secara benar.
  • Murid menelaah isi kandungan ayat-ayat dan hadis dengan baik.
  • Murid mengimplementasikan nilai-nilai Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan sehari-hari.
Topik Pembelajaran:
  • Penciptaan manusia
  • Tugas dan tanggung jawab sebagai khalifah
  • Makna penghambaan kepada Allah SWT
Praktek Pedagogik
  • Model: Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
  • Strategi: Diskusi kelompok, analisis ayat, presentasi temuan
  • Metode: Tanya jawab, ceramah interaktif, penugasan kelompok, refleksi
Kemitraan Pembelajaran:
  • Kolaborasi dengan guru BK (untuk pembentukan karakter)
  • Narasumber lokal (tokoh agama/motivator Islami)
Lingkungan Pembelajaran:
  • Ruang Fisik: Kelas, masjid sekolah
  • Ruang Virtual: Google Classroom, WhatsApp Group
  • Budaya Belajar: Reflektif, kolaboratif, saling menghargai
Pemanfaatan Digital:
  • Pemutaran video pembelajaran tematik (YouTube)
  • Google Form untuk kuis interaktif
  • Canva untuk membuat infografis isi ayat
Langkah-Langkah Pembelajaran Kegiatan Awal (15 Menit):

  • Guru membuka dengan salam dan doa bersama.
  • Ice breaking: Menonton video pendek tentang tanggung jawab manusia terhadap lingkungan dan sesama (joyful)
  • Tanya jawab pemantik: “Mengapa manusia diciptakan?”
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan keterkaitannya dengan kehidupan siswa (meaningful)

Kegiatan Inti (60 Menit):

Fase 1: Eksplorasi Ayat dan Hadis

  • Siswa membaca QS. Al-Baqarah (2): 30-32 dan QS. Az-Zariyat (51): 56 bersama-sama.
  • Guru menjelaskan makna global ayat dan konteks sejarah turunnya ayat.

Fase 2: Analisis Masalah

  • Siswa dibagi menjadi kelompok kecil dan diberikan studi kasus, misalnya: “Bagaimana sikap seorang siswa yang mencerminkan sebagai khalifah Allah di sekolah?”
  • Diskusi kelompok dan membuat presentasi poster (meaningful & collaborative)

Fase 3: Presentasi dan Refleksi

  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil analisis.
  • Guru memberikan umpan balik dan klarifikasi.
  • Diskusi nilai-nilai anti korupsi dalam konteks pembelajaran (mindful)

Kegiatan Penutup (15 Menit):

  • Refleksi individu: “Apa satu hal yang saya pelajari hari ini yang dapat saya terapkan dalam kehidupan?”
  • Penugasan mandiri: Membuat jurnal reflektif atau infografis “Aku sebagai Khalifah Allah” (mindful & joyful)
Asesmen Pembelajaran
  1. Asesmen Awal:
  • Tanya jawab pengetahuan awal siswa tentang penciptaan manusia
  • Kuis singkat melalui Google Form
  1. Asesmen Proses:
  • Observasi sikap (kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dalam kelompok)
  • Penilaian formatif: jawaban lisan, hasil diskusi kelompok
  1. Asesmen Akhir:
  • Kognitif (Tes Tertulis): Soal uraian tentang isi kandungan ayat
  • Afektif (Sikap): Jurnal reflektif
  • Psikomotorik: Poster atau infografis kelompok

Previously

Rencana Pembelajaran Kimia I: Pengantar Ilmu Kimia

Next

Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas X BAB I

MDC

MDC