MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS XI, 2. Aliran-Aliran Dalam Ilmu Kalam
MODUL AJAR 2 Aliran-Aliran Dalam Ilmu Kalam Nama Guru Rohmah Etikawati, S.Pd.I Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Akidah Akhlak Jenjang Madrasah Aliyah Kelas XI […]
|
MODUL AJAR 2 Aliran-Aliran Dalam Ilmu Kalam |
|
| Nama Guru | Rohmah Etikawati, S.Pd.I |
| Nama Sekolah | MAN 1 Bandar Lampung |
| Tahun Ajaran/Semester | 2025-2026/1 |
| Mata Pelajaran | Akidah Akhlak |
| Jenjang | Madrasah Aliyah |
| Kelas | XI |
| Alokasi Waktu | 2 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit |
| Tahapan | Fase F |
| IDENTIFIKASI | |
| A. Murid | Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal kisah para nabi sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati SAliran-Aliran Dalam Ilmu Kalam dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam, namun masih perlu bimbingan dalam memahami makna mendalam, pesan moral, serta ibrah yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan visual, diskusi kelompok, dan penayangan kisah interaktif. |
| B. Materi Pelajaran | Aliran-Aliran Dalam Ilmu Kalam |
| C. Dimensi Profil Lulusan |
|
| D. Tema Kurikulum Berbasis Cinta |
|
| E. Materi Insersi KBC |
|
| DESAIN PEMBELAJARAN | |
| A. Capaian Pembelajaran |
|
| B. Lintas Disiplin Ilmu |
|
| C. Tujuan Pembelajaran |
|
| D. Topik Pembelajaran | Sejarah dan perkembangan aliran Ilmu Kalam. |
| E. Praktek Pedagogik |
|
| F. Kemitraan Pemnbelajaran |
|
| G. Lingkungan Pembelajaran |
|
| H. Pemanfaatan Digital |
|
| PENGALAMAN BELAJAR | |
| A.Langkah-langkah Pembelajaran | Pendahuluan (10 menit):
Kegiatan Inti (60 menit):
Penutup (20 menit):
Guru memberikan tugas membaca materi aliran Jabariyah, Qodariyah, Mu’tazilah. |
| B. Deskripsi Pengalaman Belajar |
|
| ASESMEN PEMBELAJARAN | |
| Langkah-langkah Asesmen Pembelajaran | a. Asesmen Awal: Pre-test sederhana terkait pemahaman dasar Ilmu Kalam. b. Asesmen Proses: Observasi diskusi kelompok dan keaktifan siswa. c. Asesmen Akhir: Post-test berbentuk pilihan ganda (10 soal dengan stimulus narasi). |
Author













