Home Mata Pelajaran MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS XI, 2. Aliran-Aliran Dalam Ilmu Kalam
Mata Pelajaran

MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS XI, 2. Aliran-Aliran Dalam Ilmu Kalam

MODUL AJAR 2 Aliran-Aliran Dalam Ilmu Kalam Nama Guru Rohmah Etikawati, S.Pd.I Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Akidah Akhlak Jenjang Madrasah Aliyah Kelas XI […]

MODUL AJAR 2

Aliran-Aliran Dalam Ilmu Kalam

Nama Guru Rohmah Etikawati, S.Pd.I
Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung
Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1
Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Jenjang Madrasah Aliyah
Kelas XI
Alokasi Waktu 2 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit
Tahapan Fase F
IDENTIFIKASI
A. Murid Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal kisah para nabi sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati SAliran-Aliran Dalam Ilmu Kalam dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam, namun masih perlu bimbingan dalam memahami makna mendalam, pesan moral, serta ibrah yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan visual, diskusi kelompok, dan penayangan kisah interaktif.
B. Materi Pelajaran Aliran-Aliran Dalam Ilmu Kalam
C. Dimensi Profil Lulusan
  1. Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME
  2. Penalaran Kritis
  3. Kolaborasi
D. Tema Kurikulum Berbasis Cinta
  1. Cinta Allah dan Rasul-Nya
  2. Cinta Ilmu
  3. Cinta Diri dan Sesama
E. Materi Insersi KBC
  • Penegakan keadilan adalah bagian dari perintah Allah dan sunnah Rasulullah SAW.
  • Menumbuhkan semangat mencari ilmu untuk memahami hukum peradilan.
  • Membangun rasa empati terhadap sesama dengan mengedepankan nilai keadilan dan persamaan di hadapan hukum Islam.
DESAIN PEMBELAJARAN
A. Capaian Pembelajaran
  1. Siswa mampu memahami dan menganalisis sejarah serta karakteristik aliran-aliran dalam Ilmu Kalam, mengaitkannya dengan nilai cinta lingkungan, serta mengembangkan pemikiran kritis.
  2. Lintas Disiplin Ilmu: 1) Sejarah Pemikiran Islam; 2) Pendidikan Karakter dan Anti Korupsi.
B. Lintas Disiplin Ilmu
  • PPKn (hukum dan konstitusi)
  • Sosiologi (keadilan sosial)
  • Bahasa Indonesia (kemampuan argumentatif dan presentasi lisan/tulisan)
C. Tujuan Pembelajaran
  • Menjelaskan sejarah munculnya aliran-aliran dalam Ilmu Kalam.
    • Mengidentifikasi ciri khas masing-masing aliran.
    • Menganalisis dampak perbedaan pemikiran terhadap kehidupan beragama dan sosial.
    • Mengaitkan nilai-nilai cinta lingkungan dan anti korupsi dengan sikap dalam kehidupan sehari-hari.
D. Topik Pembelajaran Sejarah dan perkembangan aliran Ilmu Kalam.
E. Praktek Pedagogik
  • Model: Pembelajaran Penyelidikan (Inquiry Learning)
  • Strategi: Diskusi Kelompok, Analisis Kasus
  • Metode: Tanya jawab, Ceramah Interaktif, Presentasi, Simulasi
F. Kemitraan Pemnbelajaran
  • Pengadilan Agama Kota Bandar Lampung (narasumber tamu/kunjungan)
  • Orang tua (pendampingan diskusi nilai keadilan di rumah)
G. Lingkungan Pembelajaran
  • Ruang kelas yang mendukung diskusi kelompok
  • Platform virtual (Google Classroom, WhatsApp Group)
  • Budaya belajar inklusif yang menghargai pendapat dan nilai-nilai keadilan
H. Pemanfaatan Digital
  • Video pembelajaran tentang proses peradilan Islam
  • Google Forms untuk kuis formatif
  • Canva untuk pembuatan infografis hasil diskusi kelompok
PENGALAMAN BELAJAR
A.Langkah-langkah Pembelajaran Pendahuluan (10 menit):

  • Orientasi dan apersepsi dengan menampilkan video singkat tentang keberagaman pemikiran dalam Islam.
  • Motivasi: Diskusi singkat mengenai pentingnya memahami perbedaan pemikiran.

Kegiatan Inti (60 menit):

  • Memahami: Guru menjelaskan sejarah munculnya Ilmu Kalam dan aliran Khawarij, Syiah, Murji’ah.
  • Mengaplikasi: Siswa membuat mind map hubungan aliran-aliran tersebut dengan konteks sosial.
  • Merefleksi: Diskusi mengenai dampak pemikiran ekstrem terhadap lingkungan sosial.

Penutup (20 menit):

  • Siswa menyimpulkan pelajaran hari ini.

Guru memberikan tugas membaca materi aliran Jabariyah, Qodariyah, Mu’tazilah.

B. Deskripsi Pengalaman Belajar
  • Memahami: Membaca ayat dan menjelaskan makna → Mindful & Meaningful
  • Mengaplikasi: Membuat poster nilai Asma’ Al-Husna → Meaningful & Joyful
  • Merefleksi: Menuliskan sikap sederhana yang akan diterapkan → Mindful
ASESMEN PEMBELAJARAN
Langkah-langkah Asesmen Pembelajaran  a. Asesmen Awal: Pre-test sederhana terkait pemahaman dasar Ilmu Kalam.
b. Asesmen Proses: Observasi diskusi kelompok dan keaktifan siswa.
c. Asesmen Akhir: Post-test berbentuk pilihan ganda (10 soal dengan stimulus narasi).

Previously

MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS XI, 4. Adab Berpakaian, Berhias, Perjalanan, Bertamu

Next

RPP MATEMATIKA DEFINISI EKSPONENSIAL

MDC

MDC