Home Mata Pelajaran MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS XI, 4. Adab Berpakaian, Berhias, Perjalanan, Bertamu
Mata Pelajaran

MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS XI, 4. Adab Berpakaian, Berhias, Perjalanan, Bertamu

MODUL AJAR 4 Adab Berpakaian, Berhias, Perjalanan, Bertamu Nama Guru Rohmah Etikawati, S.Pd.I Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Akidah Akhlak Jenjang Madrasah Aliyah Kelas […]

MODUL AJAR 4

Adab Berpakaian, Berhias, Perjalanan, Bertamu

Nama Guru Rohmah Etikawati, S.Pd.I
Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung
Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1
Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Jenjang Madrasah Aliyah
Kelas XI
Alokasi Waktu 2 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit
Tahapan Fase F
IDENTIFIKASI
A. Murid Peserta didik mampu memahami, menerapkan, dan merefleksikan adab berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu sesuai ajaran Islam yang mencerminkan cinta lingkungan, menumbuhkan nilai-nilai anti korupsi, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis.
B. Materi Pelajaran Adab Berpakaian, Berhias, Perjalanan, Bertamu
C. Dimensi Profil Lulusan
  1. Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME
  2. Penalaran Kritis
  3. Kolaborasi
D. Tema Kurikulum Berbasis Cinta
  1. Cinta Allah dan Rasul-Nya
  2. Cinta Ilmu
  3. Cinta Diri dan Sesama
E. Materi Insersi KBC
  • Penegakan keadilan adalah bagian dari perintah Allah dan sunnah Rasulullah SAW.
  • Menumbuhkan semangat mencari ilmu untuk memahami hukum peradilan.
  • Membangun rasa empati terhadap sesama dengan mengedepankan nilai keadilan dan persamaan di hadapan hukum Islam.
DESAIN PEMBELAJARAN
A. Capaian Pembelajaran
  • Siswa mampu memahami dan menghindari perilaku tercela dengan mengintegrasikan nilai cinta lingkungan.
  • Siswa mampu berpikir kritis terhadap dampak akhlak tercela terhadap diri, masyarakat, dan lingkungan.
B. Lintas Disiplin Ilmu
  • PPKn (hukum dan konstitusi)
  • Sosiologi (keadilan sosial)
  • Bahasa Indonesia (kemampuan argumentatif dan presentasi lisan/tulisan)
C. Tujuan Pembelajaran
  • Menjelaskan adab berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu sesuai syariat Islam.
  • Menunjukkan sikap cinta lingkungan dalam penerapan adab sehari-hari.
  • Menghubungkan nilai adab dengan nilai anti korupsi (jujur, disiplin, tanggung jawab, empati).
  • Mempraktikkan adab tersebut melalui simulasi sederhana dan observasi lapangan.
  • Merefleksikan pengalaman penerapan adab tersebut dalam kehidupan nyata.
D. Topik Pembelajaran
  • Menghindari akhlak tercela (zina, khamr, judi, mencuri, durhaka, korupsi, fitnah, ghibah, LGBT, dsb.).
  • Pendidikan anti korupsi dan cinta lingkungan.
E. Praktek Pedagogik
  • Model: Pembelajaran Penyelidikan (Inquiry Learning)
  • Strategi: Diskusi Kelompok, Analisis Kasus
  • Metode: Tanya jawab, Ceramah Interaktif, Presentasi, Simulasi
F. Kemitraan Pemnbelajaran
  • Pengadilan Agama Kota Bandar Lampung (narasumber tamu/kunjungan)
  • Orang tua (pendampingan diskusi nilai keadilan di rumah)
G. Lingkungan Pembelajaran
  • Ruang kelas yang mendukung diskusi kelompok
  • Platform virtual (Google Classroom, WhatsApp Group)
  • Budaya belajar inklusif yang menghargai pendapat dan nilai-nilai keadilan
H. Pemanfaatan Digital
  • Video pembelajaran tentang proses peradilan Islam
  • Google Forms untuk kuis formatif
  • Canva untuk pembuatan infografis hasil diskusi kelompok
PENGALAMAN BELAJAR
A.Langkah-langkah Pembelajaran
  • Pendahuluan (15 menit)
  • Guru menyapa, berdoa, mengaitkan dengan pengalaman berpakaian siswa.
  • Menampilkan video singkat: “Berpakaian dan Berhias dalam Islam”.
  • Menyampaikan tujuan & manfaat pembelajaran.
  • Kegiatan Inti (60 menit)
  • Memahami: Guru menjelaskan konsep adab berpakaian & berhias, kaitannya dengan cinta lingkungan (misal: memilih bahan ramah lingkungan).
  • Mengaplikasi: Diskusi kelompok: “Apa dampak buruk berhias berlebihan terhadap lingkungan dan diri?”
  • Merefleksi: Siswa menulis catatan singkat tentang kebiasaan berpakaian mereka.
  • Penutup (15 menit)
  • Kesimpulan bersama.
  • Memberikan tugas refleksi untuk rumah.
B. Deskripsi Pengalaman Belajar
  • Memahami: Membaca ayat dan menjelaskan makna → Mindful & Meaningful
  • Mengaplikasi: Membuat poster nilai Asma’ Al-Husna → Meaningful & Joyful
  • Merefleksi: Menuliskan sikap sederhana yang akan diterapkan → Mindful
ASESMEN PEMBELAJARAN
Langkah-langkah Asesmen Pembelajaran  a. Asesmen Awal: Pre-test sederhana terkait pemahaman dasar Ilmu Kalam.
b. Asesmen Proses: Observasi diskusi kelompok dan keaktifan siswa.
c. Asesmen Akhir: Post-test berbentuk pilihan ganda (10 soal dengan stimulus narasi).

Previously

MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS XI, 1. Sejarah Munculnya Ilmu Kalam

Next

MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS XI, 2. Aliran-Aliran Dalam Ilmu Kalam

MDC

MDC