Home Mata Pelajaran MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS XI, 3.Menghindari Akhlak Tercela
Mata Pelajaran

MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS XI, 3.Menghindari Akhlak Tercela

MODUL AJAR 3 Menghindari Akhlak Tercela Nama Guru Rohmah Etikawati, S.Pd.I Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Akidah Akhlak Jenjang Madrasah Aliyah Kelas XI Alokasi […]

MODUL AJAR 3

Menghindari Akhlak Tercela

Nama Guru Rohmah Etikawati, S.Pd.I
Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung
Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1
Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Jenjang Madrasah Aliyah
Kelas XI
Alokasi Waktu 2 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit
Tahapan Fase F
IDENTIFIKASI
A. Murid Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal kisah para nabi sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati Menghindari Akhlak Tercela dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam, namun masih perlu bimbingan dalam memahami makna mendalam, pesan moral, serta ibrah yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan visual, diskusi kelompok, dan penayangan kisah interaktif.
B. Materi Pelajaran Menghindari Akhlak Tercela
C. Dimensi Profil Lulusan
  1. Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME
  2. Penalaran Kritis
  3. Kolaborasi
D. Tema Kurikulum Berbasis Cinta
  1. Cinta Allah dan Rasul-Nya
  2. Cinta Ilmu
  3. Cinta Diri dan Sesama
E. Materi Insersi KBC
  • Penegakan keadilan adalah bagian dari perintah Allah dan sunnah Rasulullah SAW.
  • Menumbuhkan semangat mencari ilmu untuk memahami hukum peradilan.
  • Membangun rasa empati terhadap sesama dengan mengedepankan nilai keadilan dan persamaan di hadapan hukum Islam.
DESAIN PEMBELAJARAN
A. Capaian Pembelajaran
  • Siswa mampu memahami dan menghindari perilaku tercela dengan mengintegrasikan nilai cinta lingkungan.
  • Siswa mampu berpikir kritis terhadap dampak akhlak tercela terhadap diri, masyarakat, dan lingkungan.
B. Lintas Disiplin Ilmu
  • PPKn (hukum dan konstitusi)
  • Sosiologi (keadilan sosial)
  • Bahasa Indonesia (kemampuan argumentatif dan presentasi lisan/tulisan)
C. Tujuan Pembelajaran
  • Mengidentifikasi bentuk akhlak tercela beserta dampaknya.
  • Menjelaskan nilai cinta lingkungan sebagai upaya mencegah perilaku tercela.
  • Menganalisis kasus-kasus akhlak tercela secara kritis dan solutif.
  • Mengaplikasikan sikap positif melalui kegiatan sederhana yang mendukung cinta lingkungan.
D. Topik Pembelajaran
  • Menghindari akhlak tercela (zina, khamr, judi, mencuri, durhaka, korupsi, fitnah, ghibah, LGBT, dsb.).
  • Pendidikan anti korupsi dan cinta lingkungan.
E. Praktek Pedagogik
  • Model: Pembelajaran Penyelidikan (Inquiry Learning)
  • Strategi: Diskusi Kelompok, Analisis Kasus
  • Metode: Tanya jawab, Ceramah Interaktif, Presentasi, Simulasi
F. Kemitraan Pemnbelajaran
  • Pengadilan Agama Kota Bandar Lampung (narasumber tamu/kunjungan)
  • Orang tua (pendampingan diskusi nilai keadilan di rumah)
G. Lingkungan Pembelajaran
  • Ruang kelas yang mendukung diskusi kelompok
  • Platform virtual (Google Classroom, WhatsApp Group)
  • Budaya belajar inklusif yang menghargai pendapat dan nilai-nilai keadilan
H. Pemanfaatan Digital
  • Video pembelajaran tentang proses peradilan Islam
  • Google Forms untuk kuis formatif
  • Canva untuk pembuatan infografis hasil diskusi kelompok
PENGALAMAN BELAJAR
A.Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan 1: 2 x 45 MenitPendahuluan (10 menit):

  • Orientasi: Guru membuka pelajaran dengan salam dan doa.
  • Apersepsi: Menyajikan fakta tentang dampak akhlak tercela terhadap individu lingkungan.
  • Motivasi: Menayangkan video singkat tentang kerusakan akibat perilaku negatif.

Kegiatan Inti (60 menit):

  • Memahami: Siswa membaca materi akhlak tercela dan mendiskusikan dampaknya.
  • Mengaplikasi: Siswa membuat peta konsep akhlak tercela dan cara menghindarinya.
  • Merefleksi: Siswa menuliskan pengalaman pribadi terkait salah satu perilaku tercela yang pernah disaksikan.

Penutup (20 menit):

  • Siswa menyimpulkan pembelajaran.
  • Guru memberikan refleksi cinta lingkungan terkait materi.
B. Deskripsi Pengalaman Belajar
  • Memahami: Membaca ayat dan menjelaskan makna → Mindful & Meaningful
  • Mengaplikasi: Membuat poster nilai Asma’ Al-Husna → Meaningful & Joyful
  • Merefleksi: Menuliskan sikap sederhana yang akan diterapkan → Mindful
ASESMEN PEMBELAJARAN
Langkah-langkah Asesmen Pembelajaran  a. Asesmen Awal: Pre-test sederhana terkait pemahaman dasar Ilmu Kalam.
b. Asesmen Proses: Observasi diskusi kelompok dan keaktifan siswa.
c. Asesmen Akhir: Post-test berbentuk pilihan ganda (10 soal dengan stimulus narasi).

Previously

MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS X, 3. Ayo Bertobat

Next

MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS X, 2. Mengenal Sifat-sifat Allah (Sifat Wajib, Mustahil, dan Jaiz)

MDC

MDC