Home Mata Pelajaran Perencanaan Pembelajaran Biologi 4: Mengenal Virus dan Peranannya
Mata Pelajaran

Perencanaan Pembelajaran Biologi 4: Mengenal Virus dan Peranannya

Perencanaan Pembelajaran Biologi Nama Penyusun Nina Nabilah Tahun Ajaran/ Semester 2025/2026 / 1 Mata Pelajaran Biologi Jenjang Madrasah Aliyah Kelas X (Sepuluh) Alokasi waktu 3 Jam pelajaran @45 menit Tahapan […]

Perencanaan Pembelajaran Biologi

Nama Penyusun Nina Nabilah
Tahun Ajaran/ Semester 2025/2026 / 1
Mata Pelajaran Biologi
Jenjang Madrasah Aliyah
Kelas X (Sepuluh)
Alokasi waktu 3 Jam pelajaran @45 menit
Tahapan Fase E
Konten Utama Mengenal Virus dan Peranannya
Pemetaan Pengetahun
Capaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Setiap Fase E Pada Pada akhir Fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami sistem pengukuran, energi alternatif, ekosistem, bioteknologi, keanekaragaman hayati, struktur atom, reaksi kimia, hukum-hukum dasar kimia, dan perubahan iklim sehingga responsif dan dapat berperan aktif dalam menyelesaikan masalah pada isu-isu lokal dan global.
Elemen Pemahaman Biologi
Capaian Pembelajaran Peserta didik memiliki kemampuan menciptakan solusi atas permasalahanpermasalahan berdasarkan isu lokal, nasional atau global terkait pemahaman virus dan peranannya.
Tujuan Pembelajaran
  • Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur virus.
  • Peserta didik dapat menjelaskan tingkatan cara replikasi virus.
  • Peserta didik dapat berupaya menghindari peranan negatif virus.
  • Peserta didik dapat menyimpulkan ide dan gagasan dari peranan positif virus.
  • Peserta didik dapat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena dihindarkan dari virus yang berbahaya.
  • Peserta didik menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan virus dan peranannya secara kreatif.
Alur Tujuan Pembelajaran
  • Mengidentifikasi struktur virus.
  • Menjelaskan tingkatan cara replikasi virus.
  • Menganalisis peranan positif virus.
  • Menganalisis peranan negatif virus.
Profil Pelajar Pancasila
  • Gotong royong
  • Bernalar kritis
  • Berakhlak mulia
  • Kreatif
  • Mandiri
  • Berkebinekaan global
Topik  Berbasis Cinta
  • Cinta kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.
  • Cinta kepada ilmu.
  • Cinta kepada diri dan sesama manusia (menjaga kesehatan pribadi dan masyarakat).
  • Cinta lingkungan (mencegah penyebaran penyakit melalui sanitasi dan kebersihan).
Tema Kurikulum Berbasis Cinta Cinta kepada diri dan sesama (menjaga kesehatan diri, keluarga, dan masyarakat sebagai amanah dari Allah SWT).
Materi Insersi Nilai cinta diri dan sesama manusia dimasukkan melalui aktivitas refleksi pengalaman pandemi, diskusi tentang pentingnya vaksinasi, dan proyek kampanye hidup sehat.
Dimensi profil lulusan Keimanan dan Ketakwaan: Rasa syukur atas ilmu kesehatan sebagai anugerah Allah, serta tanggung jawab menjaga diri.Penalaran Kritis: Analisis perbedaan virus dengan organisme lain, mengevaluasi dampak virus, membandingkan strategi pencegahan.

Kreativitas: Merancang poster kampanye pencegahan penyakit virus.

Kolaborasi: Proyek kelompok tentang peran virus di berbagai bidang.

Kemandirian: Belajar mandiri membaca artikel ilmiah atau berita tentang virus.

Komunikasi: Menyampaikan hasil proyek/observasi secara jelas dan persuasif.

Karakteristik Mata Pelajaran
Jenis Pengetahuan Faktual: Struktur virus, contoh virus yang menyerang manusia/hewan/tumbuhan, contoh penyakit yang ditimbulkan.Konseptual: Konsep siklus hidup virus (litik dan lisogenik), hubungan virus dengan makhluk hidup, perbedaan virus dengan organisme lain.

Prosedural: Langkah-langkah identifikasi penyakit akibat virus, cara pencegahan dan pengendalian, teknik dasar bioteknologi yang melibatkan virus.

Metakognitif: Menyadari dampak positif dan negatif virus, serta strategi pembelajaran mandiri dalam memahami konsep virologi.

Relevansi dengan Kehidupan Nyata Materi ini sangat relevan karena virus memengaruhi hampir semua aspek kehidupan: kesehatan manusia (penyakit menular), pertanian (virus mosaik pada tanaman), peternakan, hingga bioteknologi (vaksin, terapi gen, vektor kloning). Pemahaman virus juga penting untuk meningkatkan kesadaran menjaga kebersihan dan mendukung program kesehatan masyarakat.
Tingkat Kesulitan Moderat hingga tinggi. Struktur virus mudah dipahami, tetapi mekanisme replikasi dan bioteknologi memerlukan pemahaman analitis.
Struktur Materi
  • Pengertian virus dan sifat-sifatnya.
  • Struktur tubuh virus.
  • Replikasi virus (siklus litik dan lisogenik).
  • Peranan virus dalam kehidupan (positif dan negatif).
  • Penyakit pada manusia, hewan, tumbuhan akibat virus.
  • Pencegahan, pengendalian, dan pemanfaatan virus dalam bioteknologi.
Identifikasi Kesiapan Peserta Didik
Pengetahuan Awal Peserta didik kemungkinan sudah memiliki pemahaman dasar tentang mikroorganisme (bakteri, jamur) dari SMP, serta konsep penyakit menular sederhana. Namun, pemahaman tentang virus sebagai entitas unik (antara makhluk hidup dan benda mati), struktur, dan siklus replikasi masih terbatas. Mereka mungkin pernah mendengar nama virus seperti influenza, HIV, atau Covid-19, tetapi belum mendalami peran virus di bidang bioteknologi dan kesehatan.
Minat Minat peserta didik biasanya muncul karena kedekatan virus dengan kehidupan sehari-hari, terutama sejak pandemi Covid-19. Mereka mungkin tertarik pada isu kesehatan, vaksinasi, dan teknologi modern (seperti terapi gen). Mengaitkan materi dengan pengalaman mereka selama pandemi atau berita aktual akan sangat meningkatkan keterlibatan.
Latar Belakang Peserta didik berasal dari berbagai latar belakang. Dari daerah perkotaan, mungkin lebih familiar dengan isu kesehatan global dan fasilitas medis. Dari pedesaan, mungkin lebih dekat dengan isu penyakit tanaman atau hewan akibat virus. Perbedaan ini bisa memperkaya diskusi kelas.
Kebutuhan Belajar
  • Visual-Auditori: Gambar struktur virus, animasi siklus litik-lisogenik, video dokumenter tentang vaksin.
  • Kinestetik: Praktikum sederhana simulasi penyebaran virus (misalnya dengan air berwarna), membuat model 3D virus.
  • Verbal-Linguistik: Diskusi kasus penyakit akibat virus, debat tentang pro-kontra vaksin.
  • Intrapersonal: Refleksi pengalaman pribadi menghadapi pandemi dan pentingnya menjaga kesehatan diri.
  • Interpersonal: Diskusi kelompok, presentasi proyek tentang dampak virus di bidang kesehatan, pertanian, dan industri.
Jumlah Peserta Didik Dan Target 32-36 peserta didik

  • Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
  • Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin.
Kegiatan Pembelajaran
Sarana Prasarana Sarana

  • Laptop/ Komputer
  • Headset
  • Handphone
  • Jaringan internet

Prasarana

  • Youtube
  • Google Site
  • Buku Teks Utama Ilmu Pengetahuan Alam kelas X Pemerintah
  • Buku ESENSI Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi) Penerbit Mediatama Surakarta kelas X
  • Buku E-Plus Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi) Penerbit Mediatama Kelas X
  • Ms. Power Point, Video Window Media Player
Metode dan Model Pembelajaran
  • Diskusi, presentasi, demonstrasi, eksplorasi, kunjungan lapangan
  • Project Based Learning dan CTL.
Kerangka Pembelajaran Praktik Pedagogik

  • Model: Discovery Learning, Project-Based Learning.Strategi:
  • Mindful Learning: Memulai dengan video pendek tentang virus penyebab pandemi.
  • Meaningful Learning: Mengaitkan materi dengan kasus nyata (Covid-19, HIV, flu burung).
  • Joyful Learning: Permainan simulasi penyebaran virus, model 3D virus, kuis interaktif.
  • Metode: Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi, eksperimen simulasi, role-play dokter-pasien, penugasan proyek.

Kemitraan Pembelajaran

  • Lingkungan Sekolah: Kolaborasi dengan guru Kimia (vaksin), guru PPKn (kesadaran hukum tentang kesehatan), guru TIK (presentasi digital).
  • Lingkungan Luar Sekolah: Tenaga kesehatan/puskesmas sebagai narasumber, dinas kesehatan, laboratorium kesehatan, lembaga penelitian, media informasi publik.

Lingkungan Belajar (Blended Learning)

  • Fisik: Laboratorium (alat peraga virus), ruang kelas (diskusi), taman sekolah (simulasi).
  • Virtual: LMS (Google Classroom), YouTube dokumenter tentang virus, artikel kesehatan WHO, aplikasi simulasi digital tentang siklus virus.

Budaya Belajar

  • Ilmiah (berbasis data dan fakta).
  • Sehat (menjaga kebersihan dan pola hidup sehat).
  • Kolaboratif (kerja kelompok).
  • Reflektif (merenungkan pengalaman pandemi dan kaitannya dengan peran pribadi).

Pemanfaatan Digital

  • Penilaian daring (Kahoot, Quizizz).
  • Forum diskusi online tentang isu kesehatan global.
  • Google Docs/Slides untuk proyek kelompok.
  • Software desain grafis/video untuk kampanye kesehatan.
Pemahaman Bermakna Belajar virus dan peranannya dapat membuatmu lebih tanggap dalam menghadapi penyakit yang disebabkan oleh virus. contohnya dalam mengatasi virus influenza.Belajar virus dan peranannya membuatmu mengetahui manfaat virus. Salah satunya kamu dapat mengusir hama menggunakan virus.
Pertanyaan Pemantik/ Kompetensi Awal Tahukah kamu perbedaan antara virus dengan bakteri?Apakah virus hanya berperan negatif dalam kehidupan?

Ketika kamu mengalami pilek, apakah itu disebabkan oleh virus?

Langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama:  Struktur dan Replikasi Virus
Kegiatan Pendahuluan (Mindful) Orientasi

  • Guru meminta ketua kelas untuk memimpin peserta didik memberi salam dan berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing- masing.
  • Guru menanyakan kabar dan kondisi peserta didik.
  • Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai wujud sikap disiplin.
  • Guru menanyakan kesiapan belajar peserta didik serta mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi

  • Guru mengajukan pertanyaan mengenai materi yang akan dipelajari hari ini.
  • 1)  Apakah yang kamu ketahui tentang virus?
  • 2) Mengapa virus dapat menginfeksi tubuh inangnya yang lebih besar?
  • Guru menjelaskan sekilas mengenai virus.

Motivasi

  • Guru memotivasi peserta didik dengan menyampaikan capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran.
  • Guru menyampaikan garis besar cakupan materi yang akan disampaikan.
  • Guru menyampaikan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik dalam pembelajaran.
  • Guru memberikan gambaran tentang manfaat atau kegunaan mempelajari materi yang akan dipelajari.
  • Guru menyampaikan kompetensi awal yang harus dimiliki peserta didik untuk mempelajari materi hari ini.
Kegiatan Inti (Meaningful)
  • Guru menyiapkan materi tentang struktur dan replikasi virus.
  • Guru menjelaskan materi tentang struktur dan replikasi virus. Guru mengajak peserta didik untuk aktif mengikuti pelajaran.
  • Guru meminta peserta didik untuk memperhatikan gambar 4.4 pada buku teks.
  • Guru meminta peserta didik untuk menjelaskan apakah proses replikasi virus dapat disebut dengan istilah berkembang biak.
  • Guru membimbing peserta didik untuk memindai QR-Code yang tersedia dalam buku teks agar mengetahui tentang sejarah penemuan virus.
  • Guru mengarahkan peserta didik untuk mengerjakan critical literacy for biology di buku teks dengan saksama.
  • Kemudian Guru mengarahkan peserta didik  berkegiatan pada  Exploration 1, yaitu Menganalisis Perbedaan Antara Siklus Litik dan Siklus Lisogenik.
  • Guru membimbing peserta didik untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan membentuk kelompok untuk menyelesaikan aktivitas.
  • Guru meminta peserta didik untuk menyimak kembali gambar 4.5 dan/atau video pada buku teks. Peserta didik mencatat setiap poin penting mengenai kedua siklus replikasi virus.
  • Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan perbedaan siklus litik dan lisogenik dengan berpikir kritis. Peserta didik dapat memperbanyak referensi dari berbagai sumber yang ada.
  • Guru meminta peserta didik untuk memasukkan hasil diskusi kelompoknya ke dalam tabel yang tersedia pada buku teks.
  • Guru meminta peserta didik untuk menjawab pertanyaan yang tertulis pada buku teks untuk menguji pemahaman peserta didik.
  • Guru meminta peserta didik untuk menggambarkan peristiwa siklus litik dan lisogenik dengan kreatif.
  • Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
Kegiatan Penutup (Joyful)
  • Guru memberikan apresiasi kepada seluruh peserta didik yang telah mengikuti pembelajaran pada hari ini.
  • Guru dan peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran hari ini.
  • Guru memberi informasi mengenai bahan bacaan untuk pertemuan selanjutnya yang harus dipelajari peserta didik
  • Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa dan salam.
Pertemuan Kedua: Peranan Virus dalam Kehidupan
Kegiatan Pendahuluan (Mindful) Orientasi

  • Guru melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
  • Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin dan menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran dan mengingatkan kebersihan lingkungan kelas.
  • Guru mengingatkan ke peserta didik agar selalu menjaga kesehatan agar semangat belajar.

Apersepsi

  • Guru mengajukan pertanyaan mengenai materi sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
  • Guru menanyakan keterkaitan materi sebelumnya dengan materi pembelajaran yang akan dipelajari hari ini.
  • Guru mengajukan pertanyaan mengenai materi yang akan dipelajari hari ini.
  • Apa yang kamu ketahui tentang peranan virus dalam kehidupan? Apakah selalu merugikan seperti COVID-19? Coba jelaskan!

Motivasi

  • Guru memotivasi peserta didik dengan menyampaikan capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran.
  • Guru menyampaikan garis besar cakupan materi yang akan disampaikan.
  • Guru menyampaikan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik dalam pembelajaran.
  • Guru memberikan gambaran tentang manfaat atau kegunaan mempelajari materi yang akan dipelajari.
Kegiatan Inti (Meaningful)
  • Guru menyiapkan materi tentang peranan virus dalam kehidupan.
  • Guru menjelaskan materi tentang peranan positif dan negatif virus. Guru mengajak peserta didik untuk aktif mengikuti pelajaran.
  • Guru meminta peserta didik untuk menyebutkan contoh vaksin beserta manfaatnya.
  • Guru meminta peserta didik untuk menjawab pertanyaan mengenai penyakit AIDS.
  • Guru meminta peserta didik untuk menyebutkan penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus pada hewan.
  • Guru meminta peserta didik untuk menjelaskan alasan mengapa virus menyerang secara spesifik pada manusia, hewan, atau tumbuhan saja.
Kegiatan Penutup (Joyful)
  • Guru menanyakan kembali topik yang telah dipelajari dan memberi pujian bagi peserta didik yang berhasil dengan baik.
  • Guru memberi pesan moral kepada peserta didik yang belum berhasil.
  • Guru mengadakan penilaian terhadap aktivitas dan hasil kerja peserta didik.
  • Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
Pertemuan ketiga:  Peranan Virus dalam Kehidupan
Kegiatan Pendahuluan (Mindful) Orientasi

  • Guru melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
  • Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin dan menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran dan mengingatkan kebersihan lingkungan kelas.
  • Guru mengingatkan ke peserta didik agar selalu menjaga kesehatan agar semangat belajar.

Apersepsi

  • Guru mengajukan pertanyaan mengenai materi sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
  • Guru menanyakan keterkaitan materi sebelumnya dengan materi pembelajaran yang akan dipelajari hari ini.

Motivasi

  • Guru memotivasi peserta didik dengan menyampaikan capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran.
  • Guru menyampaikan garis besar cakupan materi yang akan disampaikan.
  • Guru menyampaikan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik dalam pembelajaran.
  • Guru memberikan gambaran tentang manfaat atau kegunaan mempelajari materi yang akan dipelajari.
Kegiatan Inti (Meaningful)
  • Guru menyiapkan materi tentang peranan virus dalam kehidupan.
  • Guru menjelaskan materi tentang peranan positif dan negatif virus. Guru mengajak peserta didik untuk aktif mengikuti pelajaran.
  • Guru mengarahkan peserta didik untuk mengerjakan critical literacy for biology di buku teks dengan saksama.
  • Kemudian Guru mengarahkan peserta didik  berkegiatan pada  Exploration 2, yaitu Mengamati Penyakit pada Tumbuhan yang Disebabkan oleh Virus.
  • Guru membimbing peserta didik untuk berdoa agar kegiatannya berjalan lancar. Kemudian peserta didik membentuk kelompok dengan berkebhinnekaan global.
  • Guru meminta peserta didik untuk memilih lokasi dengan sepetak halaman.
  • Guru meminta peserta didik untuk mengamati semua tanaman, khususnya di bagian daunnya. Peserta didik mengidentifikasikan ada tidaknya penyakit pada semua tanaman. Kemudian peserta didik menggambar penampakan daun yang sehat dan yang sakit.
  • Guru meminta peserta didik untuk mendokumentasikan tanaman yang sehat dan yang sakit, serta lokasi tanaman.
  • Guru meminta peserta didik untuk menghitung banyaknya tanaman yang sakit. Kemudian, menghitung persentasenya.
  • Guru meminta peserta didik untuk mengidentifikasi penyebab tanaman tersebut dapat terinfeksi virus berdasarkan pengamatannya di lokasi.
  • Guru meminta peserta didik untuk memberikan solusi kreatif untuk mengatasi permasalahan tersebut dan menyesuaikan dengan karakter pelajar pancasila.
  • Guru meminta peserta didik untuk menyampaikan solusi kreatifnya tersebut pada masyarakat agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Penutup (Joyful)
  • Guru menanyakan kembali topik yang telah dipelajari dan memberi pujian bagi peserta didik yang berhasil dengan baik.
  • Guru memberi pesan moral kepada peserta didik yang belum berhasil.
  • Guru mengadakan penilaian terhadap aktivitas dan hasil kerja peserta didik.
  • Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
Asesmen dan Penilaian
Asesmen diagnostikTanya jawab/penilaian lisan Sebutkan penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus pada hewan!
Asesmen formatif:Tes tulis, Observasi, Performance/Diskusi/Unjuk Kerja Apa yang akan kamu lakukan jika mengetahui orang terdekatmu terkena penyakit AIDS? Sesuaikan dengan karakter pelajar Pancasila!
Asesmen sumatifTes Tulis Pilihan GandaVirus merupakan makhluk peralihan antara makhluk hidup dan benda mati. Virus dikatakan benda mati karena ….

A.        melakukan sintesis protein

B.        tidak dapat dikristalkan

C.        menghancurkan sel inang

D.        tidak dapat hidup sendiri

E.         bereplikasi

Alasan: ………………………………………….…

Mengisi kolom kosong pada tabel yang telah disediakan dengan benar.

Menjawab beberapa pertanyaan dengan benar

  1. Berdasarkan materi genetiknya, ada dua macam virus, yaitu virus DNA dan RNA. Sebutkan perbedaan di antara keduanya beserta contohnya minimal 3 virus!
  2. Sistem klasifikasi virus tidak termasuk ke dalam sistem kingdom manapun. Apa yang kamu ketahui tentang klasifikasi virus? Coba kelaskan!

Previously

Perencanaan Pembelajaran Biologi 3: Klasifikasi Lima Kingdom

Next

Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas XII BAB I

MDC

MDC