Home AL-Qur’an Hadits Modul Ajar Al-Qur’an Hadis BAB 4 (Toleransi dan Etika Pergaulan dalam Ajaran Islam)
AL-Qur’an Hadits

Modul Ajar Al-Qur’an Hadis BAB 4 (Toleransi dan Etika Pergaulan dalam Ajaran Islam)

Modul Ajar BAB 4 Toleransi dan Etika Pergaulan dalam Ajaran Islam Nama Penyusun Yuyun Yuniati, S.Pd Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Jenjang Madrasah […]

Modul Ajar BAB 4 Toleransi dan Etika Pergaulan dalam Ajaran Islam
Nama Penyusun Yuyun Yuniati, S.Pd
Sekolah MAN 1 Bandar Lampung
Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1
Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis
Jenjang Madrasah Aliyah
Kelas XI
Alokasi Waktu 4 kali pertemuan @2 jp (4×2=8jp), 1 jp=45 menit
Tahapan Fase F
Konten Utama Toleransi dan Etika Pergaulan dalam Ajaran Islam
Dimensi Profil Lulusan
  • Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME
  • Kewargaan
Tema Kurikulum Berbasis Cinta
  • Cinta Allah dan Rasul
  • Cinta Diri dan Sesama Manusia
Materi Insersi KBC – Pendidikan Anti Korupsi
  • Kejujuran
  • Keadilan
  • Menghargai
  • Empati
Capaian Pembelajaran Murid mampu menganalisis dan menyajikan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang toleransi serta menunjukkan perilaku saling menghormati dan menghargai dalam konteks bermasyarakat, beragama, berbangsa dan bernegara, seperti dalam QS. Yunus (10): 40–41, QS. Al-Kahfi (18): 29, QS. Al-Hujurat (49): 10–13, QS. Al-Kafirun (109): 1–6 dan HR. Bukhari dari Abu Hurairah dalam Adabul Mufrad (no. 353).
Lintas Disiplin Ilmu
  • Pendidikan Agama Islam
  • Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn)
  • Sosiologi
Tujuan Pembelajaran
  • Murid dapat memahami kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan dalam ajaran Islam dengan benar.
  • Murid mampu mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis terkait dengan benar.
  • Murid mampu menelaah isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan dalam ajaran Islam dengan baik.
  • Murid mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran Al-Qur’an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.
Topik Pembelajaran Toleransi dan Etika Pergaulan dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis
Praktek Pedagogik
  • Model Pembelajaran: Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
  • Strategi: Diskusi Kelompok, Presentasi
  • Metode: Ceramah interaktif, Tanya jawab, Diskusi, Demonstrasi hafalan
Kemitraan Pembelajaran
  • Tokoh agama atau ustadz sebagai narasumber
  • Orang tua/wali murid untuk mendukung nilai toleransi di rumah
  • Media pembelajaran digital (video dakwah, aplikasi Al-Qur’an digital)
Pemanfaatan Digital Penggunaan video dakwah singkat, aplikasi Al-Qur’an digital, dan platform diskusi online untuk interaksi dan kolaborasi
Pengalaman Belajar
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal (15 menit)

  • Guru membuka dengan salam dan motivasi tentang pentingnya toleransi dan etika pergaulan dalam Islam.
  • Menampilkan video singkat mengenai contoh perilaku toleran.
  • Tanya jawab singkat membangkitkan rasa ingin tahu siswa.
    (Prinsip: Berkesadaran (Mindful), Bermakna (Meaningful))

Kegiatan Inti (60 menit)

  • Siswa dibagi kelompok untuk membaca dan menganalisis ayat dan hadis terkait.
  • Diskusi kelompok mengenai makna dan relevansi ayat/hadis dalam kehidupan sehari-hari.
  • Presentasi hasil diskusi kelompok.
  • Latihan hafalan ayat dan hadis beserta terjemahannya.
  • Diskusi reflektif mengenai penerapan etika pergaulan yang toleran.
    (Prinsip: Bermakna (Meaningful), Berkesadaran (Mindful), Menyenangkan (Joyful))

Kegiatan Penutup (15 menit)

  • Refleksi bersama mengenai komitmen menjaga toleransi dan etika pergaulan.
  • Tugas rumah membuat jurnal pengalaman dan rencana implementasi.
  • Doa penutup.
    (Prinsip: Berkesadaran (Mindful))

 

  1. Mendeskripsikan Pengalaman Belajar
  • Memahami : Berkesadaran (Mindful) dan Bermakna (Meaningful) melalui video dan diskusi.
  • Mengaplikasi : Bermakna (Meaningful) dan Menyenangkan (Joyful) saat diskusi dan hafalan.
  • Merefleksi : Berkesadaran (Mindful) melalui refleksi dan jurnal.
Asesmen Pembelajaran
  1. Asesmen Awal
  • Tanya jawab pengalaman dan pemahaman awal tentang toleransi.
  • Pre-test pemahaman ayat dan hadis.
  1. Asesmen Proses
  • Observasi partisipasi dalam diskusi dan presentasi.
  • Penilaian sikap (kejujuran, keadilan, menghargai, empati) dengan rubrik observasi.
  • Penilaian hafalan ayat dan hadis.
  1. Asesmen Akhir
  • Tes tertulis tentang kandungan ayat dan hadis.
  • Penugasan membuat jurnal pengalaman dan rencana implementasi.
  • Penilaian presentasi kelompok.

 

 

Previously

MODUL AJAR AL-QUR'AN HADIS BAB 3 (MENGHINDARI PERBUATAN KEJI)

Next

MODUL AJAR DEEP LEARNING MATA PELAJARAN : SENI MUSIK UNIT 1: RAGAM MUSIK DI INDONESIA - MENGENAL RAGAM MUSIK INDONESIA

MDC

MDC