MODUL AJAR AKIDAH 3, Menghindari Akhlak Tercela (nifaq/kemunafikan, keras hati, ghadab/marah)
MODUL AJAR 3 Menghindari Akhlak Tercela (nifaq/kemunafikan, keras hati, ghadab/marah) Nama Guru Rahma Zakia Al Erza, S.Pd. Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Akidah Akhlak […]
|
MODUL AJAR 3 Menghindari Akhlak Tercela (nifaq/kemunafikan, keras hati, ghadab/marah) |
|
| Nama Guru | Rahma Zakia Al Erza, S.Pd. |
| Nama Sekolah | MAN 1 Bandar Lampung |
| Tahun Ajaran/Semester | 2025-2026/1 |
| Mata Pelajaran | Akidah Akhlak |
| Jenjang | Madrasah Aliyah |
| Kelas | XII |
| Alokasi Waktu | 2 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit |
| Tahapan | Fase F |
| IDENTIFIKASI | |
| A. Murid | Murid kelas XII MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal konsep akhlak mahmudah–madzmumah sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati perilaku toleran, jujur, dan marah di lingkungan sekolah/keluarga, namun masih perlu bimbingan dalam memahami tanda-tanda nifaq, sebab-akibat keras hati, dan cara mengelola ghadab secara islami. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui pengamatan langsung, diskusi kelompok, studi kasus, dan media visual yang menarik. |
| B. Materi Pelajaran | Menghindari Akhlak Tercela (nifaq/kemunafikan, keras hati, ghadab/marah) |
| C. Dimensi Profil Lulusan |
|
| D. Tema Kurikulum Berbasis Cinta |
|
| E. Materi Insersi KBC |
|
| DESAIN PEMBELAJARAN | |
| A. Capaian Pembelajaran | Murid memahami konsep dasar Hukum Peradilan Islam dan mampu mengaitkannya dengan prinsip-prinsip keadilan dalam Islam. |
| B. Lintas Disiplin Ilmu |
|
| C. Tujuan Pembelajaran |
|
| D. Topik Pembelajaran |
|
| E. Praktek Pedagogik |
|
| F. Kemitraan Pemnbelajaran |
|
| G. Lingkungan Pembelajaran |
|
| H. Pemanfaatan Digital |
|
| PENGALAMAN BELAJAR | |
| A.Langkah-langkah Pembelajaran |
|
| B. Deskripsi Pengalaman Belajar |
|
|
ASESMEN PEMBELAJARAN |
|
| Langkah-langkah Asesmen Pembelajaran |
|
Author













