MODUL AJAR AKIDAH 3, Menghindari Akhlak Tercela (nifaq/kemunafikan, keras hati, ghadab/marah)
MODUL AJAR 3 Menghindari Akhlak Tercela (nifaq/kemunafikan, keras hati, ghadab/marah) Nama Guru Rahma Zakia Al Erza, S.Pd. Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Akidah Akhlak […]
 
            
            | MODUL AJAR 3 Menghindari Akhlak Tercela (nifaq/kemunafikan, keras hati, ghadab/marah) | |
| Nama Guru | Rahma Zakia Al Erza, S.Pd. | 
| Nama Sekolah | MAN 1 Bandar Lampung | 
| Tahun Ajaran/Semester | 2025-2026/1 | 
| Mata Pelajaran | Akidah Akhlak | 
| Jenjang | Madrasah Aliyah | 
| Kelas | XII | 
| Alokasi Waktu | 2 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit | 
| Tahapan | Fase F | 
| IDENTIFIKASI | |
| A. Murid | Murid kelas XII MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal konsep akhlak mahmudah–madzmumah sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati perilaku toleran, jujur, dan marah di lingkungan sekolah/keluarga, namun masih perlu bimbingan dalam memahami tanda-tanda nifaq, sebab-akibat keras hati, dan cara mengelola ghadab secara islami. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui pengamatan langsung, diskusi kelompok, studi kasus, dan media visual yang menarik. | 
| B. Materi Pelajaran | Menghindari Akhlak Tercela (nifaq/kemunafikan, keras hati, ghadab/marah) | 
| C. Dimensi Profil Lulusan | 
 | 
| D. Tema Kurikulum Berbasis Cinta | 
 | 
| E. Materi Insersi KBC | 
 | 
| DESAIN PEMBELAJARAN | |
| A. Capaian Pembelajaran | Murid memahami konsep dasar Hukum Peradilan Islam dan mampu mengaitkannya dengan prinsip-prinsip keadilan dalam Islam. | 
| B. Lintas Disiplin Ilmu | 
 | 
| C. Tujuan Pembelajaran | 
 | 
| D. Topik Pembelajaran | 
 | 
| E. Praktek Pedagogik | 
 | 
| F. Kemitraan Pemnbelajaran | 
 | 
| G. Lingkungan Pembelajaran | 
 | 
| H. Pemanfaatan Digital | 
 | 
| PENGALAMAN BELAJAR | |
| A.Langkah-langkah Pembelajaran | 
 | 
| B. Deskripsi Pengalaman Belajar | 
 | 
| ASESMEN PEMBELAJARAN | |
| Langkah-langkah Asesmen Pembelajaran | 
 | 
 
            
                Author
                
         
            













