MODUL AJAR AKIDAH 3, Menghindari Akhlak Tercela (nifaq/kemunafikan, keras hati, ghadab/marah)
MODUL AJAR 3 Menghindari Akhlak Tercela (nifaq/kemunafikan, keras hati, ghadab/marah) Nama Guru Rahma Zakia Al Erza, S.Pd. Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Akidah Akhlak […]

MODUL AJAR 3 Menghindari Akhlak Tercela (nifaq/kemunafikan, keras hati, ghadab/marah) |
|
Nama Guru | Rahma Zakia Al Erza, S.Pd. |
Nama Sekolah | MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Ajaran/Semester | 2025-2026/1 |
Mata Pelajaran | Akidah Akhlak |
Jenjang | Madrasah Aliyah |
Kelas | XII |
Alokasi Waktu | 2 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit |
Tahapan | Fase F |
IDENTIFIKASI | |
A. Murid | Murid kelas XII MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal konsep akhlak mahmudah–madzmumah sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati perilaku toleran, jujur, dan marah di lingkungan sekolah/keluarga, namun masih perlu bimbingan dalam memahami tanda-tanda nifaq, sebab-akibat keras hati, dan cara mengelola ghadab secara islami. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui pengamatan langsung, diskusi kelompok, studi kasus, dan media visual yang menarik. |
B. Materi Pelajaran | Menghindari Akhlak Tercela (nifaq/kemunafikan, keras hati, ghadab/marah) |
C. Dimensi Profil Lulusan |
|
D. Tema Kurikulum Berbasis Cinta |
|
E. Materi Insersi KBC |
|
DESAIN PEMBELAJARAN | |
A. Capaian Pembelajaran | Murid memahami konsep dasar Hukum Peradilan Islam dan mampu mengaitkannya dengan prinsip-prinsip keadilan dalam Islam. |
B. Lintas Disiplin Ilmu |
|
C. Tujuan Pembelajaran |
|
D. Topik Pembelajaran |
|
E. Praktek Pedagogik |
|
F. Kemitraan Pemnbelajaran |
|
G. Lingkungan Pembelajaran |
|
H. Pemanfaatan Digital |
|
PENGALAMAN BELAJAR | |
A.Langkah-langkah Pembelajaran |
|
B. Deskripsi Pengalaman Belajar |
|
ASESMEN PEMBELAJARAN |
|
Langkah-langkah Asesmen Pembelajaran |
|

Author