|
MODUL AJAR 1
Nilai-nilai Mulia Asma’ Al-Husna
|
| Nama Guru |
Rahma Zakia Al Erza, S.Pd. |
| Nama Sekolah |
MAN 1 Bandar Lampung |
| Tahun Ajaran/Semester |
2025-2026/1 |
| Mata Pelajaran |
Akidah Akhlak |
| Jenjang |
Madrasah Aliyah |
| Kelas |
XII |
| Alokasi Waktu |
2 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit |
| Tahapan |
Fase F |
| IDENTIFIKASI |
| A. Murid |
Murid kelas XII MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal Asma’ Al-Husna sejak jenjang sebelumnya melalui doa harian dan hafalan. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati penggunaan Asma’ Al-Husna dalam praktik ibadah, namun masih perlu bimbingan dalam memahami makna mendalam serta penerapannya dalam sikap sehari-hari, khususnya terkait nilai sederhana, santun, dan anti korupsi. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik.
|
| B. Materi Pelajaran |
Nilai-nilai Mulia Asma’ Al-Husna |
| C. Dimensi Profil Lulusan |
- Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME
- Penalaran Kritis
- Kolaborasi
|
| D. Tema Kurikulum Berbasis Cinta |
- Cinta Allah dan Rasul-Nya
- Cinta Ilmu
- Cinta Diri dan Sesama
|
| E. Materi Insersi KBC |
- Penegakan keadilan adalah bagian dari perintah Allah dan sunnah Rasulullah SAW.
- Menumbuhkan semangat mencari ilmu untuk memahami hukum peradilan.
- Membangun rasa empati terhadap sesama dengan mengedepankan nilai keadilan dan persamaan di hadapan hukum Islam.
|
| DESAIN PEMBELAJARAN |
| A. Capaian Pembelajaran |
Murid memahami konsep dasar Hukum Peradilan Islam dan mampu mengaitkannya dengan prinsip-prinsip keadilan dalam Islam. |
| B. Lintas Disiplin Ilmu |
- PPKn (hukum dan konstitusi)
- Sosiologi (keadilan sosial)
- Bahasa Indonesia (kemampuan argumentatif dan presentasi lisan/tulisan)
|
| C. Tujuan Pembelajaran |
- Menjelaskan pengertian dan dasar hukum peradilan Islam
- Mengidentifikasi jenis-jenis peradilan dalam Islam
- Menunjukkan sikap adil dan patuh hukum dalam kehidupan sehari-hari
- Menganalisis hikmah dari pelaksanaan peradilan Islam
|
| D. Topik Pembelajaran |
- Murid mampu menghayati ketentuan Islam tentang peradilan
- Murid mampu mengamalkan sikap adil dan patuh pada hukum
- Murid mampu menganalisis peradilan Islam dan hikmahnya
- Murid mampu mengomunikasikan penerapan ketentuan peradilan Islam
|
| E. Praktek Pedagogik |
- Model: Pembelajaran Penyelidikan (Inquiry Learning)
- Strategi: Diskusi Kelompok, Analisis Kasus
- Metode: Tanya jawab, Ceramah Interaktif, Presentasi, Simulasi
|
| F. Kemitraan Pemnbelajaran |
- Pengadilan Agama Kota Bandar Lampung (narasumber tamu/kunjungan)
- Orang tua (pendampingan diskusi nilai keadilan di rumah)
|
| G. Lingkungan Pembelajaran |
- Ruang kelas yang mendukung diskusi kelompok
- Platform virtual (Google Classroom, WhatsApp Group)
- Budaya belajar inklusif yang menghargai pendapat dan nilai-nilai keadilan
|
| H. Pemanfaatan Digital |
- Video pembelajaran tentang proses peradilan Islam
- Google Forms untuk kuis formatif
- Canva untuk pembuatan infografis hasil diskusi kelompok
|
| PENGALAMAN BELAJAR |
| A.Langkah-langkah Pembelajaran |
- Kegiatan Awal (10 menit)
- Guru membuka dengan doa bersama Asma’ Al-Husna.
- Guru menayangkan video singkat tentang gaya hidup sederhana vs konsumtif.
- Apersepsi: Tanya jawab “Mengapa Allah melarang sikap boros dalam Al-Qur’an?”
→ Prinsip: Joyful & Meaningful
- Kegiatan Inti (65 menit)
- Mengamati: Murid membaca QS. Al-Furqan: 67 dan QS. Al-Isra: 26–27.
- Menanya: Murid membuat pertanyaan kritis terkait isi ayat.
- Mengumpulkan data: Diskusi kelompok analisis nilai Asma’ Al-Husna (Al-Ghani, Al-Hakim, Al-‘Adl).
- Mengasosiasi: Mengaitkan ayat dengan fenomena sosial: pemborosan, korupsi, konsumtif.
- Mengomunikasikan: Presentasi hasil diskusi + poster nilai anti korupsi berbasis Asma’ Al-Husna.
→ Prinsip: Mindful, Meaningful, Joyful
- Kegiatan Penutup (15 menit)
- Refleksi individu: Murid menuliskan komitmen pribadi “Hari ini saya berjanji untuk …”.
- Guru memberi penguatan: “Mengenal Asma’ Al-Husna berarti meneladani sifat Allah dalam kehidupan nyata.”
→ Prinsip: Mindful & Meaningful
|
| B. Deskripsi Pengalaman Belajar |
- Memahami: Membaca ayat dan menjelaskan makna → Mindful & Meaningful
- Mengaplikasi: Membuat poster nilai Asma’ Al-Husna → Meaningful & Joyful
- Merefleksi: Menuliskan sikap sederhana yang akan diterapkan → Mindful
|
ASESMEN PEMBELAJARAN
|
Langkah-langkah Asesmen Pembelajaran
|
-
- Asesmen Awal
- Tanya jawab pemahaman awal Asma’ Al-Husna.
-
- Asesmen Proses
- Observasi keaktifan, kejujuran, tanggung jawab saat diskusi.
- Penilaian kerja kelompok (poster nilai Asma’ Al-Husna).
-
- Kuis digital hafalan & terjemahan ayat.
- Penilaian refleksi individu (komitmen sikap sederhana & santun).
- Tugas sumatif: Analisis kasus korupsi atau konsumtif berdasarkan nilai Asma’ Al-Husna.
|