Modul Ajar BAB 4 Toleransi dan Etika Pergaulan dalam Ajaran Islam |
Nama Penyusun |
Yuyun Yuniati, S.Pd |
Sekolah |
MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Ajaran/Semester |
2025-2026/1 |
Mata Pelajaran |
Al-Qur’an Hadis |
Jenjang |
Madrasah Aliyah |
Kelas |
XI |
Alokasi Waktu |
4 kali pertemuan @2 jp (4×2=8jp), 1 jp=45 menit |
Tahapan |
Fase F |
Konten Utama |
Toleransi dan Etika Pergaulan dalam Ajaran Islam |
Dimensi Profil Lulusan |
- Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME
- Kewargaan
|
Tema Kurikulum Berbasis Cinta |
- Cinta Allah dan Rasul
- Cinta Diri dan Sesama Manusia
|
Materi Insersi KBC – Pendidikan Anti Korupsi |
- Kejujuran
- Keadilan
- Menghargai
- Empati
|
Capaian Pembelajaran |
Murid mampu menganalisis dan menyajikan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang toleransi serta menunjukkan perilaku saling menghormati dan menghargai dalam konteks bermasyarakat, beragama, berbangsa dan bernegara, seperti dalam QS. Yunus (10): 40–41, QS. Al-Kahfi (18): 29, QS. Al-Hujurat (49): 10–13, QS. Al-Kafirun (109): 1–6 dan HR. Bukhari dari Abu Hurairah dalam Adabul Mufrad (no. 353). |
Lintas Disiplin Ilmu |
- Pendidikan Agama Islam
- Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn)
- Sosiologi
|
Tujuan Pembelajaran |
- Murid dapat memahami kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan dalam ajaran Islam dengan benar.
- Murid mampu mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis terkait dengan benar.
- Murid mampu menelaah isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan dalam ajaran Islam dengan baik.
- Murid mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran Al-Qur’an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Topik Pembelajaran |
Toleransi dan Etika Pergaulan dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis |
Praktek Pedagogik |
- Model Pembelajaran: Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
- Strategi: Diskusi Kelompok, Presentasi
- Metode: Ceramah interaktif, Tanya jawab, Diskusi, Demonstrasi hafalan
|
Kemitraan Pembelajaran |
- Tokoh agama atau ustadz sebagai narasumber
- Orang tua/wali murid untuk mendukung nilai toleransi di rumah
- Media pembelajaran digital (video dakwah, aplikasi Al-Qur’an digital)
|
Pemanfaatan Digital |
Penggunaan video dakwah singkat, aplikasi Al-Qur’an digital, dan platform diskusi online untuk interaksi dan kolaborasi |
Pengalaman Belajar |
- Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal (15 menit)
- Guru membuka dengan salam dan motivasi tentang pentingnya toleransi dan etika pergaulan dalam Islam.
- Menampilkan video singkat mengenai contoh perilaku toleran.
- Tanya jawab singkat membangkitkan rasa ingin tahu siswa.
(Prinsip: Berkesadaran (Mindful), Bermakna (Meaningful))
Kegiatan Inti (60 menit)
- Siswa dibagi kelompok untuk membaca dan menganalisis ayat dan hadis terkait.
- Diskusi kelompok mengenai makna dan relevansi ayat/hadis dalam kehidupan sehari-hari.
- Presentasi hasil diskusi kelompok.
- Latihan hafalan ayat dan hadis beserta terjemahannya.
- Diskusi reflektif mengenai penerapan etika pergaulan yang toleran.
(Prinsip: Bermakna (Meaningful), Berkesadaran (Mindful), Menyenangkan (Joyful))
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Refleksi bersama mengenai komitmen menjaga toleransi dan etika pergaulan.
- Tugas rumah membuat jurnal pengalaman dan rencana implementasi.
- Doa penutup.
(Prinsip: Berkesadaran (Mindful))
- Mendeskripsikan Pengalaman Belajar
- Memahami : Berkesadaran (Mindful) dan Bermakna (Meaningful) melalui video dan diskusi.
- Mengaplikasi : Bermakna (Meaningful) dan Menyenangkan (Joyful) saat diskusi dan hafalan.
- Merefleksi : Berkesadaran (Mindful) melalui refleksi dan jurnal.
|
Asesmen Pembelajaran |
- Asesmen Awal
- Tanya jawab pengalaman dan pemahaman awal tentang toleransi.
- Pre-test pemahaman ayat dan hadis.
- Asesmen Proses
- Observasi partisipasi dalam diskusi dan presentasi.
- Penilaian sikap (kejujuran, keadilan, menghargai, empati) dengan rubrik observasi.
- Penilaian hafalan ayat dan hadis.
- Asesmen Akhir
- Tes tertulis tentang kandungan ayat dan hadis.
- Penugasan membuat jurnal pengalaman dan rencana implementasi.
- Penilaian presentasi kelompok.
|