Modul Ajar Bahasa Inggris 1, Narrative Text
3000 Most Frequently Used Words in English MODUL AJAR 1NARRATIVE TEXT Nama Penyusun Heny Astuti, M.Pd. Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Bahasa Inggris Jenjang Madrasah […]

3000 Most Frequently Used Words in English
MODUL AJAR 1 NARRATIVE TEXT |
|
Nama Penyusun | Heny Astuti, M.Pd. |
Sekolah | MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Ajaran/Semester | 2025-2026/1 |
Mata Pelajaran | Bahasa Inggris |
Jenjang | Madrasah Aliyah |
Kelas | X (Sepuluh) |
Alokasi Waktu | 6 kali pertemuan @ 3JP (3×6=18 JP), 1 JP =45 menit |
Tahapan | Fase E |
Konten Utama | Narrative Text |
Capaian Pembelajaran |
Menyimak – Berbicara Pada akhir Fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespon pertanyaan dan menggunakan strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks. Membaca-Memirsa Pada akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal atau interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai berkembang. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks. Menulis-Mempresentasikan Pada akhir Fase E, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca. Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide menggunakan kosakata dan kata kerja umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk cetak dan digital. |
Tujuan Pembelajaran | Setelah mempelajari materi narrative text, peserta didik dapat:Menyimak-Berbicara
a. Menyimak
b. Berbicara
Membaca-Memirsa
Menulis-Mempresentasikan
|
Pertanyaan Inti |
What is a narrative text? |
How to identify the main idea and the detail information of a narrative text? |
|
How to write a simple narrative text? |
|
Prasyarat Pengetahuan/Keterampilan |
Menguasai kosa kata yang berhubungan dengan narrative text yang diajarkan. |
Target Profil Pelajar Pancasila |
Peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, mandiri, berpikir kritis dan kreatif. |
Jumlah Peserta Didik |
Maksimum 36 |
Model Pembelajaran | Cooperative dan Technology-Based Learning
Untuk mengetahui berbagai model pembelajaran abad ke-21, silahkan klik di sini. Tersedia juga informasi tentang penerapan Cooperative dan Technology-Based Learning dalam pembelajaran Bahasa Inggris. |
Asesmen |
individu dan kelompok |
Jenis Asesmen: tertulis dan unjuk kerja (lisan dan tertulis) |
|
Materi Ajar, Alat dan Bahan |
|
Menyimak (Listening) Pertemuan ke-1 |
Kegiatan Awal (15 menit)
Kegiatan Inti (105 menit)
a. Sebelum Mendengarkan Guru menyampaikan topik teks yang akan didengarkan dalam sesi listening. Peserta didik diminta untuk memprediksi isi teks dengan menjawab beberapa pertanyaan dari guru. b. Selama Mendengarkan -Mendengarkan untuk yang pertama kali Guru memutar audio satu kali dan meminta peserta didik untuk mendengarkannya dengan seksama. Setelah selesai, guru mengajukan pertanyaan, ‘What is the text mostly about?‘ Beberapa peserta didik diberi kesempatan untuk menjawab, dan guru menampung jawaban mereka. -Mendengarkan untuk yang kedua kali Sebelum mendengarkan kembali audio, peserta didik diminta memahami beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan informasi spesifik dalam teks. Guru mengarahkan peserta didik untuk fokus mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut saat audio diputar kembali. Selanjutnya, guru memutar kembali audio. Saat mendengarkan, peserta didik mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dan menuliskannya di buku masing-masing. Catatan: Biasanya perlu 2-3 kali memutar audio agar peserta didik bisa memahami isi teks audio. c. Setelah Mendengarkan Setelah selesai mendengarkan audio, guru bersama peserta didik membahas materi listening serta jawaban yang telah mereka tulis. Selesai berdiskusi, untuk tujuan penguatan, guru kembali memutar audio dan peserta didik mendengarkannya dengan seksama. Guru mengajak peserta didik untuk menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dipelajari hari ini. Kegiatan Akhir (15 menit)
|
Pertemuan Ke-2
Berbicara (Speaking) Pertemuan ke-1 |
Kegiatan Awal (15 menit)
Kegiatan Inti (105 menit) a. Mengenal Teks dan Kosakata Peserta didik menyimak teks yang dibacakan guru/atau diputar dengan audio player, lalu menirukan pelafalan kata dan kalimat penting secara bersama-sama. Guru menjelaskan kosakata yang perlu dipahami. b. Memahami Isi Teks Guru mengajukan beberapa pertanyaan untuk membantu peserta didik memahami gagasan utama dan informasi rinci pada teks. Peserta didik menjawab secara lisan. c. Menceritakan Kembali Guru meminta 1 peserta didik untuk maju dan menceritakan kembali isi teks dengan kata-kata sendiri, sambil dibimbing untuk menggunakan kosakata yang tepat dan menggunakan kalimat simple past tense dengan benar. d. Latihan Dialog Guru memberikan contoh dialog pendek yang menggunakan simple past tense dan temporal conjunctions (misalnya: then, after that), serta menjelaskan penggunaannya. Setelah itu, peserta didik berlatih dan mempraktikkan dialog tersebut secara berpasangan. Kegiatan Akhir (15 menit)
|
Pertemuan ke-3
Membaca-Memirsa Pertemuan ke-1 |
Kegiatan Awal (15 menit)
Kegiatan Inti (105 menit) a. Pengenalan Kosakata Sulit
b. Membaca dan Memahami TeksGuru menampilkan teks, kemudian peserta didik membacanya secara mandiri dengan seksama. Guru mengarahkan peserta didik untuk menemukan gagasan utama dan informasi rinci dalam teks, dengan menggunakan panduan pertanyaan yang telah disiapkan dan tercantum pada teks tersebut. c. Menjawab dan Membahas Pertanyaan Pemahaman1. Setelah membaca teks, peserta didik menjawab sejumlah pertanyaan yang disiapkan guru untuk membantu memahami isi bacaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut mencakup:
2. Setelah peserta didik menjawab pertanyaan, guru membahasnya secara klasikal dan meminta beberapa peserta didik menyampaikan jawabannya. Berdasarkan diskusi tersebut, guru mengidentifikasi jawaban yang kurang tepat dan memberikan penjelasan. Peserta didik mencocokkan dan memperbaiki jawabannya secara mandiri selama pembahasan berlangsung. 3. Guru juga membahas unsur kebahasaan yang ada pada teks, khususnya simple past tense dan temporal conjunction. 4. Guru mengarahkan peserta didik untuk mencari kalimat yang mengandung simple past tense dan temporal conjunction dalam teks, kemudian mendiskusikannya bersama. 5. Guru meminta peserta didik untuk menyimpulkan materi pelajaran hari ini. Kegiatan Akhir (15 menit)
|
Pertemuan ke-4
Menulis-Mempresentasikan (Menulis) Pertemuan ke-1 |
Kegiatan Awal (15 menit)
Kegiatan Inti (105 menit) 1. Mengenali Teks a. Guru menampilkan contoh teks naratif (±200 kata). b. Bersama peserta didik, guru membahas struktur teks: orientasi, peningkatan konflik, klimaks, penurunan konflik, dan resolusi; beserta alur cerita. c. Bersama peserta didik, guru meninjau kaidah bahasa khususnya terkait dengan penggunaan simple past tense dan temporal conjunction, kesesuaian subjek–predikat, dan penggunaan tanda baca yang benar. d. Guru memberikan latihan singkat: memperbaiki 2–3 kalimat bermasalah. 2. Menulis Teks a. Peserta didik menulis teks naratif secara individual (±200 kata) berdasarkan struktur teks dan alur yang sudah dipelajari. b. Peserta didik bertukar hasil tulisan dengan teman sebangku (peer review). Mereka saling memberi masukan tentang struktur teks, alur cerita, tenses, kosakata, dan tanda baca. c. Peserta didik merevisi tulisannya berdasarkan masukan tersebut. 3. Persiapan Presentasi a. Peserta didik menyiapkan teks mereka untuk dipresentasikan secara lisan. b. Guru memberi arahan singkat tentang pelafalan, intonasi, ekspresi, dan cara penyampaian yang menarik. c. Peserta didik berlatih menyampaikan teks mereka secara lisan. 4. Presentasi (Langsung atau Rekaman) a. Beberapa peserta didik tampil langsung di depan kelas (3–5 orang). b. Sisanya dapat menyelesaikan rekaman video/audio storytelling sebagai tugas rumah. 5. Umpan Balik dan Apresiasi a. Guru memberikan umpan balik singkat untuk penampilan yang sudah disampaikan di kelas. b. Penilaian mencakup: pelafalan, intonasi, alur cerita dan struktur teks, dan tampilan visual/audio. Kegiatan Akhir (15 Menit)
|
Pertemuan ke-5
Ulangan Pertemuan ke-1 |
Kegiatan Awal (10 menit)
Jenis soal: pilihan ganda Jumlah soal: 25 soal Durasi pengerjaan: 50 menit Aturan: dikerjakan secara mandiri dan jujur Kegiatan Inti (110 menit) *Mengerjakan Soal (50 menit)
3. Peserta didik membaca teks dan menjawab soal pilihan ganda. *Koreksi dan Pembahasan Soal (60 Menit)
Kegiatan Akhir (15 menit)
|
Pertemuan ke-6
Remedial dan Pengayaan Pertemuan ke-1 |
Kegiatan Awal (15 menit)
-Kelompok Remedial: belum mencapai tujuan pembelajaran (membantu peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran untuk memahami kembali teks naratif dan memperbaiki kesalahannya). -Kelompok Pengayaan: sudah mencapai tujuan pembelajaran (memberikan tantangan membaca lanjutan kepada peserta didik yang sudah mencapai tujuan pembelajaran untuk memperkuat pemahaman peserta didik terhadap teks naratif). Kegiatan Inti (105 menit) a. Kelompok Remedial 1. Ulasan Singkat Materi Guru mengulas kembali secara ringkas: -cara menemukan gagasan utama dan informasi rinci -mengenali makna kata berdasarkan konteks -mencari referensi kata ganti –menyimpulkan isi teks 2. Mengerjakan Soal Remedial -Guru memberikan teks naratif dan soal pilihan ganda (10 soal). -Setelah peserta remedial selesai mengerjakan soal, soal dikoreksi dan dibahas bersama untuk memperbaiki pemahaman. b. Kelompok Pengayaan 1. Tantangan Membaca Lanjutan -Peserta didik membaca teks naratif yang lebih panjang atau lebih kompleks. -Guru memberikan 10 soal pilihan ganda tingkat HOTS (mengandung inferensi, analisis, dan kesimpulan). -Peserta didik mengerjakan soal secara mandiri. 2. Diskusi Mandiri -Setelah selesai, peserta didik mendiskusikan jawabannya secara berpasangan atau dalam kelompok kecil. -Guru memfasilitasi jika peserta didik memerlukan bantuan/penjelasan. Kegiatan Akhir (15 Menit) 1. Masing-masing kelompok merefleksikan pembelajaran hari ini -Kelompok remedial: apa yang sudah lebih dipahami? -Kelompok pengayaan: soal mana yang menantang dan mengapa? 2. Guru memberi apresiasi kepada seluruh peserta didik. -Guru menyampaikan bahwa pertemuan hari ini merupakan penutup topik Narrative Text. -Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengajak peserta didik menutup pertemuan dengan doa dan salam. |
