Home Mata Pelajaran MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS XI, 1. Sejarah Munculnya Ilmu Kalam
Mata Pelajaran

MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS XI, 1. Sejarah Munculnya Ilmu Kalam

MODUL AJAR 1 Sejarah Munculnya Ilmu Kalam Nama Guru Rohmah Etikawati, S.Pd.I Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Akidah Akhlak Jenjang Madrasah Aliyah Kelas XI […]

MODUL AJAR 1

Sejarah Munculnya Ilmu Kalam

Nama Guru Rohmah Etikawati, S.Pd.I
Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung
Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1
Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Jenjang Madrasah Aliyah
Kelas XI
Alokasi Waktu 2 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit
Tahapan Fase F
IDENTIFIKASI
A. Murid Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal kisah para nabi sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati Sejarah Munculnya Ilmu Kalam dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam, namun masih perlu bimbingan dalam memahami makna mendalam, pesan moral, serta ibrah yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan visual, diskusi kelompok, dan penayangan kisah interaktif.
B. Materi Pelajaran Sejarah Munculnya Ilmu Kalam
C. Dimensi Profil Lulusan
  1. Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME
  2. Penalaran Kritis
  3. Kolaborasi
D. Tema Kurikulum Berbasis Cinta
  1. Cinta Allah dan Rasul-Nya
  2. Cinta Ilmu
  3. Cinta Diri dan Sesama
E. Materi Insersi KBC
  • Penegakan keadilan adalah bagian dari perintah Allah dan sunnah Rasulullah SAW.
  • Menumbuhkan semangat mencari ilmu untuk memahami hukum peradilan.
  • Membangun rasa empati terhadap sesama dengan mengedepankan nilai keadilan dan persamaan di hadapan hukum Islam.
DESAIN PEMBELAJARAN
A. Capaian Pembelajaran – Siswa mampu menjelaskan sejarah munculnya Ilmu Kalam secara runtut.
– Siswa mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi lahirnya Ilmu Kalam.
– Siswa menunjukkan sikap cinta lingkungan dan perilaku anti korupsi melalui refleksi pembelajaran.
B. Lintas Disiplin Ilmu
  • PPKn (hukum dan konstitusi)
  • Sosiologi (keadilan sosial)
  • Bahasa Indonesia (kemampuan argumentatif dan presentasi lisan/tulisan)
C. Tujuan Pembelajaran – Siswa memahami sejarah lahirnya Ilmu Kalam dalam konteks perkembangan pemikiran Islam.
– Siswa mampu menghubungkan nilai cinta lingkungan dengan sikap anti korupsi melalui pembelajaran mendalam.
D. Topik Pembelajaran – Sejarah munculnya Ilmu Kalam
– Hubungan pemikiran teologis dengan perilaku sosial
E. Praktek Pedagogik
  • Model: Pembelajaran Penyelidikan (Inquiry Learning)
  • Strategi: Diskusi Kelompok, Analisis Kasus
  • Metode: Tanya jawab, Ceramah Interaktif, Presentasi, Simulasi
F. Kemitraan Pemnbelajaran
  • Pengadilan Agama Kota Bandar Lampung (narasumber tamu/kunjungan)
  • Orang tua (pendampingan diskusi nilai keadilan di rumah)
G. Lingkungan Pembelajaran
  • Ruang kelas yang mendukung diskusi kelompok
  • Platform virtual (Google Classroom, WhatsApp Group)
  • Budaya belajar inklusif yang menghargai pendapat dan nilai-nilai keadilan
H. Pemanfaatan Digital
  • Video pembelajaran tentang proses peradilan Islam
  • Google Forms untuk kuis formatif
  • Canva untuk pembuatan infografis hasil diskusi kelompok
PENGALAMAN BELAJAR
A.Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan 1: 2 x 45 Menit
Awal (10 menit)
– Orientasi: Guru menyapa siswa dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
– Apersepsi: Tanya jawab singkat tentang pemahaman awal Ilmu Kalam.
– Motivasi: Menyampaikan pentingnya memahami sejarah Ilmu Kalam dalam kehidupan beragama.
Inti (60 menit)
– Memahami: Guru menjelaskan latar belakang lahirnya Ilmu Kalam menggunakan media digital.
– Mengaplikasi: Siswa berdiskusi kelompok mengenai hubungan Ilmu Kalam dengan cinta lingkungan.
– Merefleksi: Siswa menuliskan pandangan mereka mengenai dampak pemikiran teologis terhadap perilaku sosial.Penutup (20 menit)
– Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
– Pemberian tugas rumah berupa refleksi pribadi tentang cinta lingkungan dalam konteks Ilmu Kalam.
B. Deskripsi Pengalaman Belajar
  • Memahami: Membaca ayat dan menjelaskan makna → Mindful & Meaningful
  • Mengaplikasi: Membuat poster nilai Asma’ Al-Husna → Meaningful & Joyful
  • Merefleksi: Menuliskan sikap sederhana yang akan diterapkan → Mindful
ASESMEN PEMBELAJARAN
Langkah-langkah Asesmen Pembelajaran  a. Asesmen Awal: Pre-test sederhana terkait pemahaman dasar Ilmu Kalam.
b. Asesmen Proses: Observasi diskusi kelompok dan keaktifan siswa.
c. Asesmen Akhir: Post-test berbentuk pilihan ganda (10 soal dengan stimulus narasi).

Previously

Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas X BAB II

Next

MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS XI, 4. Adab Berpakaian, Berhias, Perjalanan, Bertamu

MDC

MDC