MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS XI, 1. Sejarah Munculnya Ilmu Kalam
MODUL AJAR 1 Sejarah Munculnya Ilmu Kalam Nama Guru Rohmah Etikawati, S.Pd.I Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Akidah Akhlak Jenjang Madrasah Aliyah Kelas XI […]

MODUL AJAR 1 Sejarah Munculnya Ilmu Kalam |
|
Nama Guru | Rohmah Etikawati, S.Pd.I |
Nama Sekolah | MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Ajaran/Semester | 2025-2026/1 |
Mata Pelajaran | Akidah Akhlak |
Jenjang | Madrasah Aliyah |
Kelas | XI |
Alokasi Waktu | 2 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit |
Tahapan | Fase F |
IDENTIFIKASI | |
A. Murid | Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal kisah para nabi sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati Sejarah Munculnya Ilmu Kalam dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam, namun masih perlu bimbingan dalam memahami makna mendalam, pesan moral, serta ibrah yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan visual, diskusi kelompok, dan penayangan kisah interaktif. |
B. Materi Pelajaran | Sejarah Munculnya Ilmu Kalam |
C. Dimensi Profil Lulusan |
|
D. Tema Kurikulum Berbasis Cinta |
|
E. Materi Insersi KBC |
|
DESAIN PEMBELAJARAN | |
A. Capaian Pembelajaran | – Siswa mampu menjelaskan sejarah munculnya Ilmu Kalam secara runtut. – Siswa mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi lahirnya Ilmu Kalam. – Siswa menunjukkan sikap cinta lingkungan dan perilaku anti korupsi melalui refleksi pembelajaran. |
B. Lintas Disiplin Ilmu |
|
C. Tujuan Pembelajaran | – Siswa memahami sejarah lahirnya Ilmu Kalam dalam konteks perkembangan pemikiran Islam. – Siswa mampu menghubungkan nilai cinta lingkungan dengan sikap anti korupsi melalui pembelajaran mendalam. |
D. Topik Pembelajaran | – Sejarah munculnya Ilmu Kalam – Hubungan pemikiran teologis dengan perilaku sosial |
E. Praktek Pedagogik |
|
F. Kemitraan Pemnbelajaran |
|
G. Lingkungan Pembelajaran |
|
H. Pemanfaatan Digital |
|
PENGALAMAN BELAJAR | |
A.Langkah-langkah Pembelajaran | Pertemuan 1: 2 x 45 Menit Awal (10 menit) – Orientasi: Guru menyapa siswa dan menjelaskan tujuan pembelajaran. – Apersepsi: Tanya jawab singkat tentang pemahaman awal Ilmu Kalam. – Motivasi: Menyampaikan pentingnya memahami sejarah Ilmu Kalam dalam kehidupan beragama. Inti (60 menit) – Memahami: Guru menjelaskan latar belakang lahirnya Ilmu Kalam menggunakan media digital. – Mengaplikasi: Siswa berdiskusi kelompok mengenai hubungan Ilmu Kalam dengan cinta lingkungan. – Merefleksi: Siswa menuliskan pandangan mereka mengenai dampak pemikiran teologis terhadap perilaku sosial.Penutup (20 menit) – Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. – Pemberian tugas rumah berupa refleksi pribadi tentang cinta lingkungan dalam konteks Ilmu Kalam. |
B. Deskripsi Pengalaman Belajar |
|
ASESMEN PEMBELAJARAN | |
Langkah-langkah Asesmen Pembelajaran | a. Asesmen Awal: Pre-test sederhana terkait pemahaman dasar Ilmu Kalam. b. Asesmen Proses: Observasi diskusi kelompok dan keaktifan siswa. c. Asesmen Akhir: Post-test berbentuk pilihan ganda (10 soal dengan stimulus narasi). |

Author