MODUL AJAR 4
Adab Berpakaian, Berhias, Perjalanan, Bertamu
|
Nama Guru |
Rohmah Etikawati, S.Pd.I |
Nama Sekolah |
MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Ajaran/Semester |
2025-2026/1 |
Mata Pelajaran |
Akidah Akhlak |
Jenjang |
Madrasah Aliyah |
Kelas |
XI |
Alokasi Waktu |
2 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit |
Tahapan |
Fase F |
IDENTIFIKASI |
A. Murid |
Peserta didik mampu memahami, menerapkan, dan merefleksikan adab berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu sesuai ajaran Islam yang mencerminkan cinta lingkungan, menumbuhkan nilai-nilai anti korupsi, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis. |
B. Materi Pelajaran |
Adab Berpakaian, Berhias, Perjalanan, Bertamu |
C. Dimensi Profil Lulusan |
- Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME
- Penalaran Kritis
- Kolaborasi
|
D. Tema Kurikulum Berbasis Cinta |
- Cinta Allah dan Rasul-Nya
- Cinta Ilmu
- Cinta Diri dan Sesama
|
E. Materi Insersi KBC |
- Penegakan keadilan adalah bagian dari perintah Allah dan sunnah Rasulullah SAW.
- Menumbuhkan semangat mencari ilmu untuk memahami hukum peradilan.
- Membangun rasa empati terhadap sesama dengan mengedepankan nilai keadilan dan persamaan di hadapan hukum Islam.
|
DESAIN PEMBELAJARAN |
A. Capaian Pembelajaran |
- Siswa mampu memahami dan menghindari perilaku tercela dengan mengintegrasikan nilai cinta lingkungan.
- Siswa mampu berpikir kritis terhadap dampak akhlak tercela terhadap diri, masyarakat, dan lingkungan.
|
B. Lintas Disiplin Ilmu |
- PPKn (hukum dan konstitusi)
- Sosiologi (keadilan sosial)
- Bahasa Indonesia (kemampuan argumentatif dan presentasi lisan/tulisan)
|
C. Tujuan Pembelajaran |
- Menjelaskan adab berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu, dan menerima tamu sesuai syariat Islam.
- Menunjukkan sikap cinta lingkungan dalam penerapan adab sehari-hari.
- Menghubungkan nilai adab dengan nilai anti korupsi (jujur, disiplin, tanggung jawab, empati).
- Mempraktikkan adab tersebut melalui simulasi sederhana dan observasi lapangan.
- Merefleksikan pengalaman penerapan adab tersebut dalam kehidupan nyata.
|
D. Topik Pembelajaran |
- Menghindari akhlak tercela (zina, khamr, judi, mencuri, durhaka, korupsi, fitnah, ghibah, LGBT, dsb.).
- Pendidikan anti korupsi dan cinta lingkungan.
|
E. Praktek Pedagogik |
- Model: Pembelajaran Penyelidikan (Inquiry Learning)
- Strategi: Diskusi Kelompok, Analisis Kasus
- Metode: Tanya jawab, Ceramah Interaktif, Presentasi, Simulasi
|
F. Kemitraan Pemnbelajaran |
- Pengadilan Agama Kota Bandar Lampung (narasumber tamu/kunjungan)
- Orang tua (pendampingan diskusi nilai keadilan di rumah)
|
G. Lingkungan Pembelajaran |
- Ruang kelas yang mendukung diskusi kelompok
- Platform virtual (Google Classroom, WhatsApp Group)
- Budaya belajar inklusif yang menghargai pendapat dan nilai-nilai keadilan
|
H. Pemanfaatan Digital |
- Video pembelajaran tentang proses peradilan Islam
- Google Forms untuk kuis formatif
- Canva untuk pembuatan infografis hasil diskusi kelompok
|
PENGALAMAN BELAJAR |
A.Langkah-langkah Pembelajaran |
- Guru menyapa, berdoa, mengaitkan dengan pengalaman berpakaian siswa.
- Menampilkan video singkat: “Berpakaian dan Berhias dalam Islam”.
- Menyampaikan tujuan & manfaat pembelajaran.
- Memahami: Guru menjelaskan konsep adab berpakaian & berhias, kaitannya dengan cinta lingkungan (misal: memilih bahan ramah lingkungan).
- Mengaplikasi: Diskusi kelompok: “Apa dampak buruk berhias berlebihan terhadap lingkungan dan diri?”
- Merefleksi: Siswa menulis catatan singkat tentang kebiasaan berpakaian mereka.
- Kesimpulan bersama.
- Memberikan tugas refleksi untuk rumah.
|
B. Deskripsi Pengalaman Belajar |
- Memahami: Membaca ayat dan menjelaskan makna → Mindful & Meaningful
- Mengaplikasi: Membuat poster nilai Asma’ Al-Husna → Meaningful & Joyful
- Merefleksi: Menuliskan sikap sederhana yang akan diterapkan → Mindful
|
ASESMEN PEMBELAJARAN |
Langkah-langkah Asesmen Pembelajaran |
a. Asesmen Awal: Pre-test sederhana terkait pemahaman dasar Ilmu Kalam.
b. Asesmen Proses: Observasi diskusi kelompok dan keaktifan siswa.
c. Asesmen Akhir: Post-test berbentuk pilihan ganda (10 soal dengan stimulus narasi). |