Home Mata Pelajaran Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia 1 : Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif
Mata Pelajaran

Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia 1 : Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif

Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia 1 : Teks Laporan Hasil Observasi Nama Penyusun Agnes Afrilia Nama Instansi MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester Ganjil Mata Pelajara Bahasa Indonesia Kelas/Fase X/E Alokasi […]

Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia 1 : Teks Laporan Hasil Observasi
Nama Penyusun Agnes Afrilia
Nama Instansi MAN 1 Bandar Lampung
Tahun Ajaran/Semester Ganjil
Mata Pelajara Bahasa Indonesia
Kelas/Fase X/E
Alokasi Waktu 12 JP (6 Pertemuan @2JP)
Tahun Ajaran  2025/2026
Identifikasi Kesiapan Murid Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal teks deskripsi sejak jenjang SMP/MTs. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati fenomena sekitar, seperti tumbuhan, hewan, atau peristiwa sehari-hari, namun masih perlu bimbingan dalam memahami struktur, ciri kebahasaan, dan penyusunan teks laporan hasil observasi secara runtut. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik.
Materi Pelajaran Teks Laporan Hasil Observasi
Tema Kurikulum Berbasis Cinta (KBC)
  1. Cinta kepada Allah Swt. (Hubbullah)
  2. Cinta kepada Sesama (Hubbunnaas)
  3. Cinta kepada Lingkungan Hidup (Hubbulbiah)
Materi Insersi KBC Melalui teks laporan hasil observasi, murid diarahkan untuk mensyukuri ciptaan Allah SWT (Hubbullah), peduli terhadap sesama melalui laporan yang bermanfaat (Hubbunnaas), dan menjaga lingkungan hidup dengan mengamati serta melaporkan kondisi sekitar (Hubbulbiah).
Capaian Pembelajaran Murid mampu menyusun teks laporan hasil observasi berdasarkan hasil pengamatan langsung dengan memperhatikan struktur, ciri kebahasaan, serta mempresentasikannya secara lisan maupun tulisan dengan sikap objektif, jujur, peduli, dan penuh rasa syukur.
Lintas Disiplin Ilmu
  1. IPA → objek biotik/abiotik
  2. IPS → fenomena sosial
  3. PAI → mensyukuri ciptaan Allah, amanah dalam  melaporkan kebenaran
Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti 6 kali pertemuan, murid diharapkan dapat:

  1. Mengidentifikasi ciri teks laporan hasil observasi.
  2. Menjelaskan struktur dan kebahasaan teks laporan hasil observasi.
  3. Melakukan observasi langsung dengan sikap jujur dan peduli lingkungan.
  4. Menyusun teks laporan hasil observasi yang sistematis.
  5. Memaparkan laporan hasil observasi secara lisan dan tulisan dengan percaya diri.
  6. Merefleksikan pentingnya laporan hasil observasi untuk kehidupan, ilmu pengetahuan, dan nilai KBC.
Topik Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi (konsep, struktur, kebahasaan, praktik observasi, penyusunan teks, presentasi).
Praktik Pedagogik
  1. Model: Pembelajaran Penyelidikan (Inquiry Learning) dipadukan dengan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning).
  2. Strategi: Student-Centered Learning (kolaborasi, diskusi, presentasi).
  3. Metode: Observasi, diskusi kelompok, tanya jawab, menulis, presentasi.
Kemitraan Pembelajaran
  • Perpustakaan Madrasah
  • Guru Seni dan Sastra
Lingkungan Pembelajaran
  1. Fisik: Lingkungan sekolah (taman, perpustakaan, kantin, UKS).
  2. Virtual: Google Classroom, WhatsApp Group, Google Docs.
  3. Budaya Belajar: Kolaboratif, kritis, peduli lingkungan, reflektif.
Pemanfaatan Digital
  1. Google Lens untuk identifikasi objek.
  2. Google Docs untuk kolaborasi penulisan.
  3. Canva untuk visualisasi laporan.
  4. YouTube/PowerPoint sebagai sumber belajar pendukung.

Langkah-Langkah Pembelajaran (6 Pertemuan @2JP)

Pertemuan 1 (Pengantar)

  • Awal: apersepsi dengan gambar/video tentang lingkungan (joyful).
  • Inti: mengenal teks laporan hasil observasi, struktur, dan kebahasaannya (meaningful).
  • Penutup: refleksi nilai syukur atas ciptaan Allah (mindful).

Pertemuan 2 (Analisis Teks)

  • Awal: review singkat (joyful).
  • Inti: membaca contoh teks laporan, analisis struktur dan kebahasaan dalam kelompok (meaningful).
  • Penutup: diskusi refleksi nilai cinta sesama melalui manfaat laporan (mindful).

Pertemuan 3 (Praktik Observasi di Sekolah)

  • Awal: briefing observasi (mindful).
  • Inti: kelompok melakukan observasi objek nyata di lingkungan sekolah, mencatat hasil (joyful + meaningful).
  • Penutup: refleksi kesadaran pentingnya peduli lingkungan (mindful).

Pertemuan 4 (Penyusunan Laporan)

  • Awal: apersepsi singkat (joyful).
  • Inti: kelompok menyusun teks laporan berdasarkan hasil observasi (meaningful).
  • Penutup: berbagi kesulitan/kemudahan (mindful).

Pertemuan 5 (Presentasi)

  • Awal: motivasi dan penguatan (joyful).
  • Inti: kelompok mempresentasikan laporan menggunakan media digital (meaningful + joyful).
  • Penutup: refleksi nilai KBC (mindful).

Pertemuan 6 (Refleksi & Penilaian Akhir)

  • Awal: kuis ringan tentang materi (joyful).
  • Inti: murid menulis laporan individu berdasarkan observasi rumah/lingkungan (meaningful).
  • Penutup: refleksi bersama dan doa syukur (mindful).

 Mendeskripsikan Pengalaman Belajar

  1. Memahami→ menganalisis struktur dan kebahasaan teks (mindful + meaningful).
  2. Mengaplikasi→ melakukan observasi & menyusun teks laporan (meaningful + joyful).
  3. Merefleksi→ mengaitkan hasil laporan dengan nilai KBC (mindful).

Asesmen Pembelajaran

 

Asesmen Awal

  1. Tanya jawab pengalaman membuat teks deskripsi/observasi sebelumnya.
  2. Kuis singkat tentang pengetahuan awal.

Asesmen Proses (Formatif & Sikap)

  1. Lembar observasi sikap (kerjasama, peduli lingkungan, rasa syukur).
  2. Penilaian keaktifan diskusi kelompok.
  3. Draft laporan hasil observasi kelompok.

Asesmen Akhir (Sumatif)

  1. Produk: teks laporan hasil observasi individu.
  2. Presentasi laporan (kelompok/individu).
  3. Rubrik penilaian: aspek isi, struktur, bahasa, sikap, dan nilai KBC.

 

Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia 1 : Teks Laporan Hasil Observasi
Nama Penyusun Agnes Afrilia
Nama Instansi MAN 1 Bandar Lampung
Tahun Ajaran/Semester Ganjil
Mata Pelajara Bahasa Indonesia
Kelas/Fase X/E
Alokasi Waktu 12 JP (6 Pertemuan @2JP)
Tahun Ajaran  2025/2026
Identifikasi Murid Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal teks deskripsi sejak jenjang SMP/MTs. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati fenomena sekitar, seperti tumbuhan, hewan, atau peristiwa sehari-hari, namun masih perlu bimbingan dalam memahami struktur, ciri kebahasaan, dan penyusunan teks laporan hasil observasi secara runtut. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik.
Materi Pelajaran Teks Laporan Hasil Observasi
Dimensi Profil Lulusan
  1. Penalaran Kritis
  2. Kolaborasi
  3. Kreativitas
Tema Kurikulum Berbasis Cinta (KBC)
  1. Cinta kepada Allah Swt. (Hubbullah)
  2. Cinta kepada Sesama (Hubbunnaas)
  3. Cinta kepada Lingkungan Hidup (Hubbulbiah)
Materi Insersi KBC Melalui teks laporan hasil observasi, murid diarahkan untuk mensyukuri ciptaan Allah SWT (Hubbullah), peduli terhadap sesama melalui laporan yang bermanfaat (Hubbunnaas), dan menjaga lingkungan hidup dengan mengamati serta melaporkan kondisi sekitar (Hubbulbiah).
Capaian Pembelajaran Murid mampu menyusun teks laporan hasil observasi berdasarkan hasil pengamatan langsung dengan memperhatikan struktur, ciri kebahasaan, serta mempresentasikannya secara lisan maupun tulisan dengan sikap objektif, jujur, peduli, dan penuh rasa syukur.
Lintas Disiplin Ilmu
  1. IPA → objek biotik/abiotik
  2. IPS → fenomena sosial
  3. PAI → mensyukuri ciptaan Allah, amanah dalam  melaporkan kebenaran
Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti 6 kali pertemuan, murid diharapkan dapat:

  1. Mengidentifikasi ciri teks laporan hasil observasi.
  2. Menjelaskan struktur dan kebahasaan teks laporan hasil observasi.
  3. Melakukan observasi langsung dengan sikap jujur dan peduli lingkungan.
  4. Menyusun teks laporan hasil observasi yang sistematis.
  5. Memaparkan laporan hasil observasi secara lisan dan tulisan dengan percaya diri.
  6. Merefleksikan pentingnya laporan hasil observasi untuk kehidupan, ilmu pengetahuan, dan nilai KBC.
Topik Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi (konsep, struktur, kebahasaan, praktik observasi, penyusunan teks, presentasi).
Praktik Pedagogik
  1. Model: Pembelajaran Penyelidikan (Inquiry Learning) dipadukan dengan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning).
  2. Strategi: Student-Centered Learning (kolaborasi, diskusi, presentasi).
  3. Metode: Observasi, diskusi kelompok, tanya jawab, menulis, presentasi.
Kemitraan Pembelajaran
  • Perpustakaan Madrasah
  • Guru Seni dan Sastra
Lingkungan Pembelajaran
  1. Fisik: Lingkungan sekolah (taman, perpustakaan, kantin, UKS).
  2. Virtual: Google Classroom, WhatsApp Group, Google Docs.
  3. Budaya Belajar: Kolaboratif, kritis, peduli lingkungan, reflektif.
Pemanfaatan Digital
  1. Google Lens untuk identifikasi objek.
  2. Google Docs untuk kolaborasi penulisan.
  3. Canva untuk visualisasi laporan.
  4. YouTube/PowerPoint sebagai sumber belajar pendukung.

Langkah-Langkah Pembelajaran (6 Pertemuan @2JP)

Pertemuan 1 (Pengantar)

  • Awal: apersepsi dengan gambar/video tentang lingkungan (joyful).
  • Inti: mengenal teks laporan hasil observasi, struktur, dan kebahasaannya (meaningful).
  • Penutup: refleksi nilai syukur atas ciptaan Allah (mindful).

Pertemuan 2 (Analisis Teks)

  • Awal: review singkat (joyful).
  • Inti: membaca contoh teks laporan, analisis struktur dan kebahasaan dalam kelompok (meaningful).
  • Penutup: diskusi refleksi nilai cinta sesama melalui manfaat laporan (mindful).

Pertemuan 3 (Praktik Observasi di Sekolah)

  • Awal: briefing observasi (mindful).
  • Inti: kelompok melakukan observasi objek nyata di lingkungan sekolah, mencatat hasil (joyful + meaningful).
  • Penutup: refleksi kesadaran pentingnya peduli lingkungan (mindful).

Pertemuan 4 (Penyusunan Laporan)

  • Awal: apersepsi singkat (joyful).
  • Inti: kelompok menyusun teks laporan berdasarkan hasil observasi (meaningful).
  • Penutup: berbagi kesulitan/kemudahan (mindful).

Pertemuan 5 (Presentasi)

  • Awal: motivasi dan penguatan (joyful).
  • Inti: kelompok mempresentasikan laporan menggunakan media digital (meaningful + joyful).
  • Penutup: refleksi nilai KBC (mindful).

Pertemuan 6 (Refleksi & Penilaian Akhir)

  • Awal: kuis ringan tentang materi (joyful).
  • Inti: murid menulis laporan individu berdasarkan observasi rumah/lingkungan (meaningful).
  • Penutup: refleksi bersama dan doa syukur (mindful).

 Mendeskripsikan Pengalaman Belajar

  1. Memahami→ menganalisis struktur dan kebahasaan teks (mindful + meaningful).
  2. Mengaplikasi→ melakukan observasi & menyusun teks laporan (meaningful + joyful).
  3. Merefleksi→ mengaitkan hasil laporan dengan nilai KBC (mindful).

Asesmen Pembelajaran

 

Asesmen Awal

  1. Tanya jawab pengalaman membuat teks deskripsi/observasi sebelumnya.
  2. Kuis singkat tentang pengetahuan awal.

Asesmen Proses (Formatif & Sikap)

  1. Lembar observasi sikap (kerjasama, peduli lingkungan, rasa syukur).
  2. Penilaian keaktifan diskusi kelompok.
  3. Draft laporan hasil observasi kelompok.

Asesmen Akhir (Sumatif)

  1. Produk: teks laporan hasil observasi individu.
  2. Presentasi laporan (kelompok/individu).
  3. Rubrik penilaian: aspek isi, struktur, bahasa, sikap, dan nilai KBC.

 

Previously

Modul Ajar Antropologi 2, Ruang Lingkup Antropologi

Next

Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indoensia 2 : Mengungkap Kritik Lewat Senyuman

MDC

MDC