Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia 1 : Mengungkap Fakta Alam Secara Objektif
Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia 1 : Teks Laporan Hasil Observasi Nama Penyusun Agnes Afrilia Nama Instansi MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester Ganjil Mata Pelajara Bahasa Indonesia Kelas/Fase X/E Alokasi […]

Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia 1 : Teks Laporan Hasil Observasi | |
Nama Penyusun | Agnes Afrilia |
Nama Instansi | MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Ajaran/Semester | Ganjil |
Mata Pelajara | Bahasa Indonesia |
Kelas/Fase | X/E |
Alokasi Waktu | 12 JP (6 Pertemuan @2JP) |
Tahun Ajaran | 2025/2026 |
Identifikasi Kesiapan Murid | Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal teks deskripsi sejak jenjang SMP/MTs. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati fenomena sekitar, seperti tumbuhan, hewan, atau peristiwa sehari-hari, namun masih perlu bimbingan dalam memahami struktur, ciri kebahasaan, dan penyusunan teks laporan hasil observasi secara runtut. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik. |
Materi Pelajaran | Teks Laporan Hasil Observasi |
Tema Kurikulum Berbasis Cinta (KBC) |
|
Materi Insersi KBC | Melalui teks laporan hasil observasi, murid diarahkan untuk mensyukuri ciptaan Allah SWT (Hubbullah), peduli terhadap sesama melalui laporan yang bermanfaat (Hubbunnaas), dan menjaga lingkungan hidup dengan mengamati serta melaporkan kondisi sekitar (Hubbulbiah). |
Capaian Pembelajaran | Murid mampu menyusun teks laporan hasil observasi berdasarkan hasil pengamatan langsung dengan memperhatikan struktur, ciri kebahasaan, serta mempresentasikannya secara lisan maupun tulisan dengan sikap objektif, jujur, peduli, dan penuh rasa syukur. |
Lintas Disiplin Ilmu |
|
Tujuan Pembelajaran | Setelah mengikuti 6 kali pertemuan, murid diharapkan dapat:
|
Topik Pembelajaran | Teks Laporan Hasil Observasi (konsep, struktur, kebahasaan, praktik observasi, penyusunan teks, presentasi). |
Praktik Pedagogik |
|
Kemitraan Pembelajaran |
|
Lingkungan Pembelajaran |
|
Pemanfaatan Digital |
|
Langkah-Langkah Pembelajaran (6 Pertemuan @2JP) |
Pertemuan 1 (Pengantar)
Pertemuan 2 (Analisis Teks)
Pertemuan 3 (Praktik Observasi di Sekolah)
Pertemuan 4 (Penyusunan Laporan)
Pertemuan 5 (Presentasi)
Pertemuan 6 (Refleksi & Penilaian Akhir)
|
Mendeskripsikan Pengalaman Belajar |
|
Asesmen Pembelajaran |
Asesmen Awal
Asesmen Proses (Formatif & Sikap)
Asesmen Akhir (Sumatif)
|
Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia 1 : Teks Laporan Hasil Observasi | |
Nama Penyusun | Agnes Afrilia |
Nama Instansi | MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Ajaran/Semester | Ganjil |
Mata Pelajara | Bahasa Indonesia |
Kelas/Fase | X/E |
Alokasi Waktu | 12 JP (6 Pertemuan @2JP) |
Tahun Ajaran | 2025/2026 |
Identifikasi Murid | Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal teks deskripsi sejak jenjang SMP/MTs. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati fenomena sekitar, seperti tumbuhan, hewan, atau peristiwa sehari-hari, namun masih perlu bimbingan dalam memahami struktur, ciri kebahasaan, dan penyusunan teks laporan hasil observasi secara runtut. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik. |
Materi Pelajaran | Teks Laporan Hasil Observasi |
Dimensi Profil Lulusan |
|
Tema Kurikulum Berbasis Cinta (KBC) |
|
Materi Insersi KBC | Melalui teks laporan hasil observasi, murid diarahkan untuk mensyukuri ciptaan Allah SWT (Hubbullah), peduli terhadap sesama melalui laporan yang bermanfaat (Hubbunnaas), dan menjaga lingkungan hidup dengan mengamati serta melaporkan kondisi sekitar (Hubbulbiah). |
Capaian Pembelajaran | Murid mampu menyusun teks laporan hasil observasi berdasarkan hasil pengamatan langsung dengan memperhatikan struktur, ciri kebahasaan, serta mempresentasikannya secara lisan maupun tulisan dengan sikap objektif, jujur, peduli, dan penuh rasa syukur. |
Lintas Disiplin Ilmu |
|
Tujuan Pembelajaran | Setelah mengikuti 6 kali pertemuan, murid diharapkan dapat:
|
Topik Pembelajaran | Teks Laporan Hasil Observasi (konsep, struktur, kebahasaan, praktik observasi, penyusunan teks, presentasi). |
Praktik Pedagogik |
|
Kemitraan Pembelajaran |
|
Lingkungan Pembelajaran |
|
Pemanfaatan Digital |
|
Langkah-Langkah Pembelajaran (6 Pertemuan @2JP) |
Pertemuan 1 (Pengantar)
Pertemuan 2 (Analisis Teks)
Pertemuan 3 (Praktik Observasi di Sekolah)
Pertemuan 4 (Penyusunan Laporan)
Pertemuan 5 (Presentasi)
Pertemuan 6 (Refleksi & Penilaian Akhir)
|
Mendeskripsikan Pengalaman Belajar |
|
Asesmen Pembelajaran |
Asesmen Awal
Asesmen Proses (Formatif & Sikap)
Asesmen Akhir (Sumatif)
|

Author