Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila 1 : Menjiwai Pancasila
Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila 1 : Menjiwai Pancasila Nama Penyusun Diah Fuji Lestari Kadir,S.Pd Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Jenjang Madrasah Aliyah […]

Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila 1 : Menjiwai Pancasila | |
Nama Penyusun | Diah Fuji Lestari Kadir,S.Pd |
Sekolah | MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Ajaran/Semester | 2025-2026/1 |
Mata Pelajaran | Pendidikan Pancasila |
Jenjang | Madrasah Aliyah |
Kelas | XI |
Alokasi Waktu | 6 Jam Pelajaran (3 Pertemuan @ 2 JP) |
Tahapan | Fase F |
Konten Utama | Menjiwai Pancasila |
IDENTIFIKASI KESIAPAN PESERTA DIDIK | Peserta didik pada umumnya memiliki pengetahuan dasar tentang Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi. Namun, pemahaman mendalam tentang implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mungkin bervariasi. Minat peserta didik terhadap topik ini dapat dipengaruhi oleh relevansinya dengan isu-isu kontemporer. Latar belakang sosial dan budaya peserta didik akan membentuk persepsi mereka terhadap Pancasila. Kebutuhan belajar yang mungkin muncul adalah menjembatani pemahaman teoritis dengan praktik nyata, serta mengembangkan kesadaran kritis terhadap tantangan yang dihadapi Pancasila |
KARAKTERISTIK MATERI PELAJARAN | Materi “Menjiwai Pancasila” berfokus pada penguatan pemahaman, internalisasi, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Jenis pengetahuan yang akan dicapai adalah pengetahuan konseptual (tentang nilai- nilai Pancasila), prosedural (cara mengamalkan nilai), dan afektif (sikap dan perilaku yang sesuai dengan Pancasila). Relevansinya dengan kehidupan nyata sangat tinggi, karena Pancasila adalah fondasi kehidupan berbangsa. Tingkat kesulitan materi moderat, namun memerlukan kedalaman refleksi dan komitmen moral. Struktur materi akan bergerak dari pemahaman konsep, identifikasi tantangan, hingga perumusan solusi konkret. Materi ini mengintegrasikan nilai-nilai religius, moral, etika, persatuan, keadilan, dan demokrasi. |
DIMENSI PROFIL LULUSAN | Berdasarkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, dimensi lulusan pembelajaran yang dipilih adalah:
|
DIMENSI KURIKULUM BERBASIS CINTA | Cinta Diri dan Sesama Manusia: Ini adalah inti dari bab ini. Peserta didik akan belajar untuk memperlakukan semua orang dengan kasih sayang, empati, dan hormat,
tanpa memandang perbedaan. Mereka akan menerapkan nilai-nilai ini dalam setiap interaksi sosial mereka. Cinta Tanah Air: Mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah bentuk nyata dari cinta terhadap bangsa. Peserta didik akan memahami bahwa kerukunan dan harmoni di tingkat masyarakat adalah fondasi dari persatuan nasional. Cinta Lingkungan: Peserta didik menyadari bahwa Pancasila juga mencakup tanggung jawab untuk menjaga lingkungan sekitar. Mereka akan termotivasi untuk berkontribusi dalam kegiatan gotong royong yang berfokus pada kebersihan dan kelestarian alam. Cinta Ilmu: Peserta didik memiliki dorongan untuk mencari pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang masalah-masalah sosial agar dapat memberikan solusi yang tepat |
DIMENSI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI | Tanggung Jawab: Peserta didik menyadari bahwa mereka memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi pada kebaikan bersama. Mereka tidak hanya mengkritik masalah, tetapi juga aktif terlibat dalam menyelesaikannya.
Keadilan: Peserta didik menjunjung tinggi keadilan dalam setiap interaksi dan berusaha untuk memastikan bahwa setiap individu diperlakukan secara adil. Kejujuran: Peserta didik dilatih untuk bersikap jujur dalam setiap tindakan dan perkataan mereka, baik dalam forum formal maupun interaksi sehari-hari. Empati: Peserta didik mampu merasakan dan memahami kesulitan orang lain, yang menjadi motivasi untuk memberikan bantuan dan dukungan, bukan mencari keuntungan pribadi. Dipercaya: Dengan konsisten mengamalkan nilai-nilai Pancasila, peserta didik akan menjadi individu yang dapat dipercaya dan diandalkan di lingkungan mereka. |
CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) | Pada fase ini, peserta didik menganalisis cara pandang para pendiri negara, kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi negara; merumuskan gagasan solutif untuk mengatasi perilaku yang bertentangan dengan nilai Pancasila; menerapkan perilaku taat hukum berdasarkan peraturan yang berlaku; menganalisis tataurutan peraturan perundang-undangan di Indonesia; menyajikan asal usul dan makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika sebagai modal sosial, membangun harmoni dalam keberagaman; dan mengenal gotong royong sebagai perwujudan sistem ekonomi Pancasila yang inklusif dan berkeadilan; menerapkan perilaku, peran dan kedudukan sesuai dengan hak dan kewajiban; memahami sistem pertahanan dan keamanan negara serta peran Indonesia dalam hubungan antarbangsa dan negara; menguraikan nilai-nilai Pancasila yang harus diwujudkan dalam pembangunan nasional. |
LINTAS DISIPLIN ILMU YANG RELEVAN | Sejarah: Memahami konteks historis perumusan Pancasila dan tantangan yang dihadapi dalam perjalanannya.
|
TUJUAN PEMBELAJARAN | Pertemuan 1 (2 JP): Memahami Hakikat dan Pentingnya Pancasila
Pertemuan 2 (2 JP): Menginternalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari- hari
Pancasila dalam konteks kehidupan pribadi, keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Pertemuan 3 (2 JP): Merumuskan Solusi Berbasis Pancasila untuk Isu Kontemporer
(misalnya, intoleransi, hoaks, korupsi, kesenjangan sosial). ● Peserta didik dapat merumuskan ide solusi atau tindakan nyata yang berlandaskan nilai- nilai Pancasila untuk mengatasi isu-isu tersebut secara kolaboratif. |
TOPIK PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL | ● Pancasila sebagai fondasi identitas dan persatuan bangsa Indonesia.
● Peran Pancasila dalam menjaga kerukunan antarumat beragama dan keberagaman. ● Tantangan pengamalan Pancasila di era digital dan globalisasi. ● Kontribusi generasi muda dalam menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. ● Kisah-kisah inspiratif tentang pengamalan Pancasila oleh tokoh masyarakat atau pahlawan. |
KERANGKA PEMBELAJARAN | PRAKTIK PEDAGOGIK (PENDEKATAN DEEP LEARNING):
■ Mindful Learning: Mengajak peserta didik untuk secara sadar merefleksikan nilai- nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan, serta kesadaran akan keberadaan masalah yang membutuhkan solusi berbasis Pancasila. ■ Meaningful Learning: Menghubungkan konsep Pancasila dengan isu-isu nyata dan relevan dalam kehidupan peserta didik, memfasilitasi diskusi yang mendalam tentang implikasi nilai-nilai Pancasila. ■ Joyful Learning: Menciptakan suasana belajar yang interaktif, mendorong ekspresi diri, dan melibatkan aktivitas yang menarik seperti studi kasus, debat, permainan peran, atau proyek kreatif.
KEMITRAAN PEMBELAJARAN:
LINGKUNGAN BELAJAR:
Pancasila dengan poster/kutipan, dan area presentasi.
PEMANFAATAN DIGITAL:
|
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI | PERTEMUAN 1: MEMAHAMI HAKIKAT DAN PENTINGNYA PANCASILA (2 JP) KEGIATAN PENDAHULUAN (PEMBELAJARAN BERKESADARAN,
BERMAKNA, MENGGEMBIRAKAN – 15 MENIT)
KEGIATAN INTI (MEMAHAMI, MENGAPLIKASI, MEREFLEKSI – 60 MENIT) Memahami (Understanding):
Mengaplikasi (Applying):
Merefleksi (Reflecting):
KEGIATAN PENUTUP (UMPAN BALIK, KESIMPULAN, PERENCANAAN – 15 MENIT)
PERTEMUAN 2: MENGINTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI (2 JP) KEGIATAN PENDAHULUAN (PEMBELAJARAN BERKESADARAN, BERMAKNA, MENGGEMBIRAKAN – 15 MENIT)
KEGIATAN INTI (MEMAHAMI, MENGAPLIKASI, MEREFLEKSI – 60 MENIT) Memahami (Understanding):
1 halaman 11-20), pengalaman, atau hasil observasi. Mengaplikasi (Applying):
Merefleksi (Reflecting):
KEGIATAN PENUTUP (UMPAN BALIK, KESIMPULAN, PERENCANAAN – 15 MENIT)
PERTEMUAN 3: MERUMUSKAN SOLUSI BERBASIS PANCASILA UNTUK ISU KONTEMPORER (2 JP) KEGIATAN PENDAHULUAN (PEMBELAJARAN BERKESADARAN, BERMAKNA, MENGGEMBIRAKAN – 15 MENIT)
KEGIATAN INTI (MEMAHAMI, MENGAPLIKASI, MEREFLEKSI – 60 MENIT) Memahami (Understanding):
Mengaplikasi (Applying):
Mini” (misalnya, sketsa poster, naskah pidato singkat, atau ide video edukasi).
Merefleksi (Reflecting):
KEGIATAN PENUTUP (UMPAN BALIK, KESIMPULAN, PERENCANAAN – 15 MENIT)
|
ASESMEN PEMBELAJARAN | ASESMEN AWAL PEMBELAJARAN (DIAGNOSTIK)
Format: Kuis Interaktif Singkat (Kahoot/Mentimeter) dan Pertanyaan Lisan.
○ “Sebutkan 5 kata kunci yang berkaitan dengan Pancasila!” ○ “Menurutmu, apa tantangan terbesar bagi Pancasila saat ini?” ○ “Bagaimana Pancasila mempengaruhi kehidupan sehari-harimu?”
|
ASESMEN PROSES PEMBELAJARAN (FORMATIF) | Format: Observasi, Penilaian Produk (Peta Konsep/Infografis, Pohon/Jaring Pancasila, Rencana Aksi), dan Jurnal Refleksi.
○ Observasi (selama diskusi kelompok & penyusunan proyek): Guru mengamati partisipasi, kemampuan berargumen, toleransi, dan kolaborasi. ○ Penilaian Peta Konsep/Infografis (Pertemuan 1): Guru menilai kejelasan dan kelengkapan konsep Pancasila. ■ Pertanyaan: “Apakah infografismu secara efektif menjelaskan hakikat dan urgensi Pancasila?” ○ Penilaian Pohon/Jaring Pancasila (Pertemuan 2): Guru menilai relevansi dan kekonkretan contoh pengamalan. ■ Pertanyaan: “Apakah contoh pengamalan yang kalian berikan benar-benar mencerminkan nilai sila tersebut dalam berbagai konteks?” ○ Jurnal Refleksi (setiap akhir pertemuan): Peserta didik menuliskan hal baru yang dipelajari dan bagaimana mereka akan menerapkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
ASESMEN AKHIR PEMBELAJARAN (SUMATIF) | Format: Penilaian Proyek (Presentasi Analisis Isu dan Solusi Berbasis Pancasila) dan
Rubrik Penilaian.
○ “Pilihlah satu isu kontemporer yang relevan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Analisislah isu tersebut dari perspektif nilai-nilai Pancasila, identifikasi sila mana yang terkait, dan rumuskan minimal dua ide solusi atau tindakan nyata yang berlandaskan Pancasila untuk mengatasi isu tersebut. Sajikan hasil analisis dan solusi kelompokmu di depan kelas dalam format yang menarik (misalnya, presentasi slide, poster kampanye digital, atau simulasi debat mini).”
Pancasila tercermin dari keseluruhan proyek. (skor 1-4) Presentasi Proyek: “Presentasikan hasil proyek kalian di depan kelas. Jelaskan tujuan proyek,bagaimana kalian menerapkan nilai Pancasila, tantangan yang dihadapi, dan apa dampak yang kalian rasakan dari proyek tersebut. Sertakan dokumentasi visual.” Kriteria Penilaian Presentasi:
|