Perencanaan Pembelajaran SKI 1, Kebudayaan Masyarakat Arab sebelum Islam |
Nama Penyusun |
Ulfah, S.Pd.I |
Sekolah |
MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Ajaran/Semester |
2025-2026/1 |
Mata Pelajaran |
Sejarah Kebudayaan Islam |
Jenjang |
Madrasah Aliyah |
Kelas |
X |
Alokasi Waktu |
4 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 menit |
Tahapan |
Fase E |
Identifikasi Murid |
Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal sejarah kebudayaan secara umum sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati dinamika sosial dalam kehidupan masyarakat modern, namun masih perlu bimbingan dalam memahami konteks historis dan kebudayaan masa pra-Islam di Jazirah Arab. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik |
Materi Pelajaran |
Kebudayaan Masyarakat Arab sebelum Islam |
Dimensi Profil Lulusan |
- Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan YME
- Penalaran Kritis
- Kolaborasi
|
Tema Kurikulum Berbasis Cinta |
- Cinta kepada Allah Swt. (Hubbullah)
- Cinta kepada Sesama (Hubbunnaas)
- Cinta kepada Bangsa dan Negara (Hubbul Wathon wal Bilad)
|
Materi Insersi KBC |
- Menumbuhkan kesadaran bahwa hadirnya Islam adalah bentuk kasih sayang Allah kepada umat manusia (Hubbullah)
- Mengembangkan sikap toleransi dan kepedulian sosial terhadap keberagaman masyarakat Arab kala itu (Hubbunnaas)
- Membangun rasa bangga terhadap identitas dan sejarah Islam sebagai bagian dari kebudayaan bangsa (Hubbul Wathon wal Bilad)
|
Capaian Pembelajaran |
Murid mampu menganalisis kebudayaan masyarakat Arab sebelum Islam sebagai upaya menanamkan sikap kepemimpinan, tanggung jawab, dan disiplin |
Lintas Disiplin Ilmu |
- Sejarah
- Sosiologi
- Pendidikan Agama Islam
|
Tujuan Pembelajaran |
a. Murid dapat menganalisis kondisi sosial masyarakat Arab sebelum Islam
b. Murid dapat menganalisis kondisi ekonomi masyarakat Arab sebelum Islam
c. Murid dapat menganalisis kondisi politik masyarakat Arab sebelum Islam
d. Murid dapat menganalisis kondisi agama masyarakat Arab sebelum Islam |
Topik Pembelajaran |
Kehidupan Masyarakat Arab Sebelum Islam: Aspek Sosial, Politik, Ekonomi, dan Agama |
Praktek Pedagogik |
- Model: Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
- Strategi: Pembelajaran Kolaboratif dan Reflektif
- Metode: Diskusi Kelompok, Penugasan, Presentasi, Refleksi
|
Kemitraan Pembelajaran |
- Perpustakaan madrasah
- Guru sejarah/sosiologi
- Kolaborasi dengan guru multimedia untuk penayangan video dokumenter
|
Lingkungan Pembelajaran |
- Ruang kelas fisik dengan setting kelompok
- Media digital: video dokumenter, e-book
- Budaya belajar partisipatif, terbuka, dan reflektif
|
Pemanfaatan Digital |
- Penayangan video dokumenter tentang masyarakat Arab sebelum Islam
- Penggunaan platform Padlet / Google Jamboard untuk kolaborasi kelompok
- Penugasan reflektif melalui Google Classroom
|
Langkah-langkah Pembelajaran |
Kegiatan Awal (10 menit)
- Guru menyapa murid dan membuka pelajaran dengan pertanyaan pemantik: “Bagaimana kehidupan masyarakat sebelum datangnya Islam menurut kalian?”
- Menayangkan video pendek (3 menit) tentang kondisi Jazirah Arab sebelum Islam.
- Mengajak murid merefleksi kondisi sosial dalam video tersebut. (Pembelajaran yang berkesan, bermakna, dan berkesadaran)
Kegiatan Inti (65 menit)
- Fase 1 (Eksplorasi)
Guru membagi murid menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok mendapat subtopik: sosial, ekonomi, politik, atau agama.
(Prinsip: joyful dan meaningful)
- Fase 2 (Diskusi Kelompok)
Masing-masing kelompok mendiskusikan materi dengan bantuan LKS dan sumber digital (e-book dan video).
(Prinsip: kolaboratif dan meaningful)
- Fase 3 (Presentasi dan Tanya Jawab)
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Kelompok lain memberikan pertanyaan.
(Prinsip: joyful dan mindful)
- Fase 4 (Refleksi Singkat)
Guru meminta murid menuliskan refleksi pribadi: “Apa nilai positif yang bisa dipetik dari dinamika sosial masyarakat Arab sebelum Islam?”
(Prinsip: mindful dan meaningful)
Kegiatan Penutup (10 menit)
- Guru menyampaikan kesimpulan pembelajaran.
- Murid menyebutkan satu kata yang mereka pelajari hari ini.
- Doa penutup dipimpin oleh salah satu murid.
(Pembelajaran yang berkesadaran dan bermakna)
|
Mendeskripsikan Pengalaman Belajar |
MemahamiMurid memahami kondisi masyarakat Arab sebelum Islam melalui diskusi kelompok dan pemanfaatan video dokumenter.
Prinsip: Bermakna (meaningful), Menyenangkan (joyful)
Mengaplikasi
Murid mengaitkan kondisi masyarakat Arab kala itu dengan kondisi sosial modern serta merefleksikan nilai-nilai Islam.
Prinsip: Berkesadaran (mindful), Bermakna (meaningful)
Merefleksi
Murid menuliskan refleksi pribadi tentang pelajaran hari ini dan bagaimana nilai-nilai Islam memberi solusi atas tantangan masyarakat.
Prinsip: Berkesadaran (mindful), Menyenangkan (joyful) |
Asesmen Pembelajaran |
- Asesmen Awal Pembelajaran
- Pertanyaan pemantik untuk mengetahui pengetahuan awal murid
- Observasi kesiapan belajar melalui keaktifan dalam diskusi awal
- Asesmen Proses Pembelajaran
- Observasi dan catatan guru saat diskusi kelompok
- Penilaian formatif melalui keaktifan presentasi dan kolaborasi kelompok
- Penilaian sikap: tanggung jawab, kerja sama, dan rasa ingin tahu
- Asesmen Akhir Pembelajaran
- Penugasan Refleksi: Tuliskan nilai-nilai Islam yang relevan untuk memperbaiki kondisi masyarakat Arab saat itu
- Kuis Online (Google Form): Soal pilihan ganda dan isian singkat untuk menguji pemahaman materi
- Rubrik Penilaian Presentasi: Kriteria isi, penyampaian, kolaborasi
|