Home Mata Pelajaran Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Belajar)
Mata Pelajaran

Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Belajar)

Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Belajar) Nama Penyusun Dina Kurniasih Satuan Pendidikan MAN 1 BANDAR LAMPUNG Bidang Layanan Belajar Tema Cinta Ilmu Waktu 2 x 45 Menit Jenis […]

Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Belajar)
Nama Penyusun Dina Kurniasih
Satuan Pendidikan MAN 1 BANDAR LAMPUNG
Bidang Layanan Belajar
Tema Cinta Ilmu
Waktu 2 x 45 Menit
Jenis Layanan Bimbingan Klasikal
Kelas/Semester X – XII / Ganjil
TUJUAN LAYANAN a. Peserta didik dapat mengenali strategi belajar yang sesuai dengan gaya belajarnyab. Peserta didik dapat Melatih keterampilan siswa dalam mengatur waktu belajar secara disiplin

c. Peserta didik mampu menerapkan kebiasaan belajar efektif dalam kehidupan sehari-hari.

MATERI Strategi Belajar dan Motivasi Disiplin
METODE LAYANAN Ceramah interaktif, Diskusi kelompok, Brainstorming, Refleksi individu
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN a. Pendahuluan (10 menit)- Salam, doa, ice breaking

– Apersepsi terkait tema

– Menyampaikan tujuan layanan.

b. Kegiatan Inti (60 menit)

– Eksplorasi: Guru menjelaskan tentang strategi belajar efektif, motivasi, dan disiplin

– Siswa berdiskusi tentang kesulitan belajar yang sering mereka hadapi.

– Brainstorming strategi belajar yang bisa diterapkan

– Aktivitas refleksi, siswa membuat mini-rencana belajar selama satu minggu

c. Penutup (20 menit)

– Guru memberikan penguatan, meluruskan miskonsepsi, dan memberikan contoh nyata

– Peserta Didik menyampaikan kesan/pesan kegiatan

– Penutup dengan doa.

MEDIA DAN SUMBER BELAJAR PPT, kertas, spidol, modul BK berbasis cinta, referensi terkait
PENILAIAN PROSES Guru BK memperhatikan proses layanan serta melakukan refleksi dari kegiatan layanan klasikal tersebut menggunakan lembar observasi
PENILAIAN HASIL Peserta didik mengisi angket evaluasi setelah mengikuti kegiatan layanan klasikal, antara lain: suasana yang dirasakan, pentingnya topik yang dibahas, cara penyampaiannya
EVALUASI DAN TINDAK LANJUT Evaluasi:– Kognitif: siswa mampu menjelaskan strategi belajar efektif dan pentingnya disiplin.
– Afektif: siswa menunjukkan sikap positif terhadap belajar dan motivasi berprestasi.
– Psikomotorik: siswa membuat rencana belajar pribadi yang realistis.Tindak lanjut:

– Guru BK memantau perkembangan belajar siswa melalui catatan refleksi mingguan.
– Mengadakan program ‘Jurnal Belajar’ untuk membiasakan siswa disiplin belajar.
– Memberikan apresiasi kepada siswa yang konsisten menjalankan jadwal belajar.

Previously

Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Sosial)

Next

Perencanaan Pembelajaran 2 : Menimbang Mempersentasikan Ide Kewirausahaan

MDC

MDC