Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Pribadi)
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Pribadi) Nama Penyusun Dina Kurniasih Satuan Pendidikan MAN 1 BANDAR LAMPUNG Bidang Layanan Pribadi Tema Cinta Diri Waktu 2 x 45 Menit Jenis […]
| Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Pribadi) | |
| Nama Penyusun | Dina Kurniasih |
| Satuan Pendidikan | MAN 1 BANDAR LAMPUNG |
| Bidang Layanan | Pribadi |
| Tema | Cinta Diri |
| Waktu | 2 x 45 Menit |
| Jenis Layanan | Bimbingan Klasikal |
| Kelas/Semester | X – XII / Ganjil |
| TUJUAN LAYANAN | a. Peserta didik memahami tentang konsep self-love dan kaitannya dengan tanggung jawabb. Peserta didik belajar menyadari pentingnya tanggung jawab dalam berbagai aspek kehidupan
c. Peserta didik Menumbuhkan kebiasaan siswa dalam mengelola diri dan tugas secara konsisten |
| MATERI | Self-Love dan Tanggung Jawab Pribadi |
| METODE LAYANAN | Ceramah interaktif, Diskusi kelompok, Refleksi diri, Penugasan (jurnal self-love dan tanggung jawab) |
| LANGKAH-LANGKAH LAYANAN | a. Pendahuluan (10 menit)- Salam, doa, ice breaking
– Apersepsi terkait tema – Menyampaikan tujuan layanan. b. Kegiatan Inti (60 menit) – Eksplorasi: Guru menjelaskan konsep self-love dan tanggung jawab. – Diskusi kelompok: siswa menyebutkan contoh sikap self-love dan tanggung jawab di sekolah – Sharing: beberapa siswa menceritakan pengalaman ketika berhasil bertanggung jawab – Aktivitas refleksi: siswa menuliskan kelebihan, kekurangan, dan hal yang mereka syukuri tentang diri mereka c. Penutup (20 menit) – Konfirmasi: Guru memberikan penguatan, meluruskan kesalahpahaman (misalnya self-love bukan berarti egois ) – Peserta Didikmenyampaikan kesan/pesan kegiatan – Penutup dengan doa. |
| MEDIA DAN SUMBER BELAJAR | PPT, kertas, spidol, modul BK berbasis cinta, referensi terkait |
| PENILAIAN PROSES | Guru BK memperhatikan proses layanan serta melakukan refleksi dari kegiatan layanan klasikal tersebut menggunakan lembar observasi |
| PENILAIAN HASIL | Peserta didik mengisi angket evaluasi setelah mengikuti kegiatan layanan klasikal, antara lain: suasana yang dirasakan, pentingnya topik yang dibahas, cara penyampaiannya |
| EVALUASI DAN TINDAK LANJUT | Evaluasi:- Kognitif: siswa memahami definisi dan konsep self-love serta tanggung jawab. – Afektif: siswa menunjukkan sikap menerima diri dan kesediaan bertanggung jawab. – Psikomotorik: siswa membuat jurnal self-love dan daftar tanggung jawab pribadi. Tindak lanjut: – Guru BK memantau jurnal self-love siswa setiap minggu. |













