Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Sosial)
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Sosial) Nama Penyusun Dina Kurniasih Satuan Pendidikan MAN 1 BANDAR LAMPUNG Bidang Layanan Sosial Tema Cinta Sesama Waktu 2 x 45 Menit Jenis […]

Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Sosial) | |
Nama Penyusun | Dina Kurniasih |
Satuan Pendidikan | MAN 1 BANDAR LAMPUNG |
Bidang Layanan | Sosial |
Tema | Cinta Sesama |
Waktu | 2 x 45 Menit |
Jenis Layanan | Bimbingan Klasikal |
Kelas/Semester | X – XII / Ganjil |
TUJUAN LAYANAN | a. Peserta didik memahami rasa empati,komunikasi dan toleransib. peserta didik Menumbuhkan sikap menghargai perbedaan budaya, agama, maupun pendapat
c. Peserta didik mampu mengaplikasikan empati, komunikasi efektif, dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari. |
MATERI | Empati, Komunikasi Efektif dan Toleransi |
METODE LAYANAN | Ceramah interaktif, Diskusi kelompok, Role play (bermain peran), Refleksi |
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN | a. Pendahuluan (10 menit)- Salam, doa, ice breaking- Apersepsi terkait tema
– Menyampaikan tujuan layanan. b. Kegiatan Inti (60 menit) – Eksplorasi: Guru menjelaskan konsep empati, komunikasi efektif dan toleransi – Diskusi kelompok: siswa membahas contoh perilaku empati, komunikasi efektif, dan toleransi di sekolah – Role play: siswa bermain peran dalam situasi konflik ringan, lalu mempraktikkan komunikasi efektif dan empati – Sharing: beberapa siswa menceritakan pengalaman menerapkan toleransi di kehidupan sehari-hari. Aktivitas Refleksi: siswa menuliskan satu sikap empati, satu bentuk komunikasi efektif, dan satu contoh toleransi yang akan mereka lakukan minggu ini. c. Penutup (20 menit) – Konfirmasi: Guru memberi penguatan dan meluruskan pemahaman yang kurang tepat. – Peserta Didikmenyampaikan kesan/pesan kegiatan – Penutup dengan doa. |
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR | PPT, kertas, spidol, modul BK berbasis cinta, referensi terkait |
PENILAIAN PROSES | Guru BK memperhatikan proses layanan serta melakukan refleksi dari kegiatan layanan klasikal tersebut menggunakan lembar observasi |
PENILAIAN HASIL | Peserta didik mengisi angket evaluasi setelah mengikuti kegiatan layanan klasikal, antara lain: suasana yang dirasakan, pentingnya topik yang dibahas, cara penyampaiannya |
EVALUASI DAN TINDAK LANJUT | Evaluasi:– Kognitif: siswa mampu menjelaskan pengertian empati, komunikasi efektif, dan toleransi.
– Afektif: siswa menunjukkan sikap peduli, sopan, dan menghargai perbedaan. – Psikomotorik: siswa mempraktikkan komunikasi efektif dan perilaku toleransi dalam kegiatan kelas. Tindak lanjut: – Guru BK memantau interaksi siswa di kelas dan lingkungan sekolah. – Mengadakan program “Minggu Empati dan Toleransi” untuk melatih kepedulian siswa. – Memberikan penghargaan kepada siswa yang menunjukkan sikap teladan dalam empati, komunikasi efektif, dan toleransi |
