Home Mata Pelajaran Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Sosial)
Mata Pelajaran

Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Sosial)

Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Sosial) Nama Penyusun Dina Kurniasih Satuan Pendidikan MAN 1 BANDAR LAMPUNG Bidang Layanan Sosial Tema Cinta Sesama Waktu 2 x 45 Menit Jenis […]

Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Sosial)
Nama Penyusun Dina Kurniasih
Satuan Pendidikan MAN 1 BANDAR LAMPUNG
Bidang Layanan Sosial
Tema Cinta Sesama
Waktu 2 x 45 Menit
Jenis Layanan Bimbingan Klasikal
Kelas/Semester X – XII / Ganjil
TUJUAN LAYANAN a. Peserta didik memahami rasa empati,komunikasi dan toleransib. peserta didik Menumbuhkan sikap menghargai perbedaan budaya, agama, maupun pendapat

c. Peserta didik mampu mengaplikasikan empati, komunikasi efektif, dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

MATERI Empati, Komunikasi Efektif dan Toleransi
METODE LAYANAN Ceramah interaktif, Diskusi kelompok, Role play (bermain peran), Refleksi
LANGKAH-LANGKAH LAYANAN a. Pendahuluan (10 menit)- Salam, doa, ice breaking- Apersepsi terkait tema

– Menyampaikan tujuan layanan.

b. Kegiatan Inti (60 menit)

– Eksplorasi: Guru menjelaskan konsep empati, komunikasi efektif dan toleransi

– Diskusi kelompok: siswa membahas contoh perilaku empati, komunikasi efektif, dan toleransi di sekolah

– Role play: siswa bermain peran dalam situasi konflik ringan, lalu mempraktikkan komunikasi efektif dan empati

– Sharing: beberapa siswa menceritakan pengalaman menerapkan toleransi di kehidupan sehari-hari.

Aktivitas Refleksi: siswa menuliskan satu sikap empati, satu bentuk komunikasi efektif, dan satu contoh toleransi yang akan mereka lakukan minggu ini.

c. Penutup (20 menit)

– Konfirmasi: Guru memberi penguatan dan meluruskan pemahaman yang kurang tepat.

– Peserta Didikmenyampaikan kesan/pesan kegiatan

– Penutup dengan doa.

MEDIA DAN SUMBER BELAJAR PPT, kertas, spidol, modul BK berbasis cinta, referensi terkait
PENILAIAN PROSES Guru BK memperhatikan proses layanan serta melakukan refleksi dari kegiatan layanan klasikal tersebut menggunakan lembar observasi
PENILAIAN HASIL Peserta didik mengisi angket evaluasi setelah mengikuti kegiatan layanan klasikal, antara lain: suasana yang dirasakan, pentingnya topik yang dibahas, cara penyampaiannya
EVALUASI DAN TINDAK LANJUT Evaluasi:– Kognitif: siswa mampu menjelaskan pengertian empati, komunikasi efektif, dan toleransi.

– Afektif: siswa menunjukkan sikap peduli, sopan, dan menghargai perbedaan.

– Psikomotorik: siswa mempraktikkan komunikasi efektif dan perilaku toleransi dalam kegiatan kelas.

Tindak lanjut:

– Guru BK memantau interaksi siswa di kelas dan lingkungan sekolah.

– Mengadakan program “Minggu Empati dan Toleransi” untuk melatih kepedulian siswa.

– Memberikan penghargaan kepada siswa yang menunjukkan sikap teladan dalam empati, komunikasi efektif, dan toleransi

Previously

Perencanaan Pembelajaran 1 : Mengkritis Informasi dari Berbagai Sumber

Next

Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling (Bidang Layanan Belajar)

MDC

MDC