RPP MATEMATIKA LOGARITMA Nama Madrasah :  MAN 1 Bandar Lampung Nama Guru     :  Maria Hot Diana, S.Pd Mata Pelajaran  :  Matematika Kelas/Semester :  X / Gasal Materi […]
By Matematika
26 September 2025
3 Menit Membaca
26 Dilihat
Murid:Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal pangkat dan eksponen sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati hubungan bilangan berpangkat, namun masih perlu bimbingan dalam memahami konsep logaritma, sifat-sifatnya, serta penggunaannya dalam kehidupan nyata. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik.
Materi Pelajaran : Logaritma
Dimensi Profil Lulusan
Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME
Penalaran Kritis
Kreatifitas
TemaKurikulum Berbasis Cinta (KBC)
Cinta kepada Allah Swt. (Hubbullah)
Cinta kepada Diri Sendiri (Hubbunnafs)
Cinta kepada Sesama (Hubbunnaas)
Materi InsersiKBC
Menyadari keteraturan bilangan logaritma sebagai tanda kebesaran Allah SWT (Hubbullah).
Melatih diri untuk berpikir runtut dan teratur dalam menyelesaikan soal logaritma sebagai bentuk menghargai potensi diri (Hubbunnafs).
Bekerja sama dalam kelompok menyelesaikan permasalahan logaritma untuk menumbuhkan rasa saling menghargai dan gotong royong (Hubbunnaas).
B. DESAIN PEMBELAJARAN
Capaian Pembelajaran
Murid mampu menyatakan data dan permasalahan dalam bentuk logaritma, memahami sifat-sifat logaritma, serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah nyata.
Lintas Disiplin Ilmu
Fisika (misalnya penggunaan logaritma dalam bunyi/ desibel).
Ekonomi (bunga majemuk).
Teknologi Informasi (logaritma dalam skala data).
Tujuan Pembelajaran
Murid dapat mengidentifikasi logaritma dari permasalahan sehari-hari.
Murid dapat memahami jenis logaritma dan transformasinya.
Murid dapat menganalisis kesamaan dua logaritma.
Murid dapat menyelesaikan operasi hitung aljabar logaritma.
Murid berpikir kritis dalam menyelesaikan penerapan logaritma dalam kehidupan.
Murid memiliki ide kreatif dalam membuat karya orisinil yang berkaitan dengan logaritma.
Topik Pembelajaran
Definisi logaritma
Sifat-sifat logaritma
Operasi aljabar logaritma
Aplikasi logaritma dalam kehidupan sehari-hari
Praktek Pedagogik
Model: Discovery Learning
Strategi: Kolaboratif berbasis masalah nyata
Metode: Diskusi, presentasi, latihan soal, eksperimen kontekstual
Kemitraan Pembelajaran
Guru mata pelajaran Fisika/Ekonomi (integrasi penggunaan logaritma).
Orang tua sebagai motivator belajar di rumah.
Lingkungan Pembelajaran
Ruang kelas dengan papan tulis interaktif.
Ruang virtual (Google Classroom/WhatsApp group untuk diskusi).
Budaya belajar: saling menghargai, kerja sama, dan berorientasi pada pemahaman mendalam.
Pemanfaatan Digital
GeoGebra untuk visualisasi grafik logaritma.
Video pembelajaran interaktif (YouTube/Canva Video).
Quiz interaktif (Kahoot, Quizizz).
C. PENGALAMAN BELAJAR
Langkah-langkah Pembelajaran
🔹Kegiatan Awal (Mindful & Joyful)
Guru membuka pembelajaran dengan salam, doa bersama, dan motivasi tentang pentingnya keteraturan dalam ilmu Allah SWT.
Apersepsi: Menayangkan video singkat tentang penggunaan logaritma dalam kehidupan (misalnya skala gempa Richter/desibel).
Guru mengaitkan konsep eksponen yang sudah dipelajari dengan logaritma.
🔹 Kegiatan Inti (Meaningful, Joyful, Mindful)
Eksplorasi (Discovery Learning):Murid diminta mengamati pola hubungan eksponen dengan logaritma.
Diskusi Kelompok:
Murid bekerja sama mencari sifat-sifat logaritma melalui contoh kasus.
Aplikasi Kontekstual:
Masing-masing kelompok menyelesaikan masalah nyata, misalnya menghitung skala gempa/logaritma dalam bunga majemuk.
Presentasi dan Refleksi:
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, saling memberi masukan, dan guru menguatkan konsep inti.
🔹 Kegiatan Penutup (Mindful & Meaningful)
Guru bersama Murid menyimpulkan pembelajaran hari ini.
Refleksi diri: Murid menuliskan apa yang paling bermakna dari materi hari ini.
Doa penutup pembelajaran.
Deskripsi Prinsip Pembelajaran
Memahami:berkesadaran (mindful) dan bermakna (meaningful) → melalui pengamatan pola logaritma.
Mengaplikasi:bermakna (meaningful) dan menggembirakan (joyful) → melalui pemecahan masalah nyata dengan logaritma.
Merefleksi:berkesadaran (mindful) → melalui refleksi nilai dan pengalaman belajar.
D. ASESSMENT TES
Asesmen Awal
Pertanyaan apersepsi tentang eksponen.
Tes diagnostik singkat (online/tertulis).
Asesmen Proses (Formatif & Sikap)
Observasi keterlibatan siswa dalam diskusi kelompok.
Penilaian sikap kerja sama, menghargai pendapat, dan percaya diri.
Tes formatif (kuis interaktif Quizizz).
Asesmen Akhir (Sumatif)
Tes tertulis (uraian dan pilihan ganda) tentang definisi, sifat, operasi aljabar logaritma, dan penerapannya.
Penilaian proyek: laporan sederhana tentang penerapan logaritma dalam kehidupan nyata (misalnya gempa, desibel, atau bunga majemuk).