RPP MATEMATIKA TRIGONOMETRI 1 Nama Madrasah : MAN 1 Bandar Lampung Nama Guru : Maria Hot Diana, S.Pd. Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : X/Ganjil Materi […]
By Matematika
26 September 2025
4 Menit Membaca
11 Dilihat
Nama Madrasah : MAN 1 Bandar Lampung Nama Guru : Maria Hot Diana, S.Pd. Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : X/Ganjil Materi: Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku Alokasi Waktu : 2 JP @ 45 Menit
Pertemuan ke-1
A. IDENTIFIKASI
Murid:
Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal konsep dasar trigonometri sejak jenjang sebelumnya, namun mereka masih perlu bimbingan dalam memahami perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik.Materi Pelajaran:
Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-SikuDimensi Profil Lulusan:
Penalaran Kritis
Kreativitas
Kolaborasi
Tema Kurikulum Berbasis Cinta:
Cinta kepada Allah Swt. (Hubbullah)
Cinta kepada Diri Sendiri (Hubbunnafs)
Cinta kepada Bangsa dan Negara (Hubbul Wathon Wal Bilad)
Materi Insersi KBC:
Menyadari keteraturan dalam trigonometri sebagai bagian dari ciptaan Allah Swt.
Meningkatkan kreativitas dan pemahaman diri melalui penerapan trigonometri.
Memahami pentingnya trigonometri dalam ilmu pengetahuan dan kehidupan berbangsa.
B. DESAIN PEMBELAJARAN
Capaian Pembelajaran:
Murid mampu menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
Lintas Disiplin Ilmu:
Fisika (penerapan trigonometri dalam ilmu fisika)
Geografi (menghitung tinggi bangunan atau jarak dengan menggunakan trigonometri)
Seni (aplikasi trigonometri dalam desain grafis)
Tujuan Pembelajaran:
Memahami konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
Menghitung nilai sinus, kosinus, dan tangen pada segitiga siku-siku.
Mengaplikasikan perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah kontekstual.
Topik Pembelajaran:
Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
Praktek Pedagogik:
Model:Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
Strategi:Konstruktivisme melalui penemuan pola perbandingan trigonometri
Metode:Diskusi kelompok, pemecahan masalah kontekstual
Kemitraan Pembelajaran:
Kolaborasi dengan guru Fisika dan Geografi untuk penerapan trigonometri dalam konteks dunia nyata.
Lingkungan Pembelajaran:
Fisik:Ruang kelas dengan papan tulis interaktif, proyektor, dan kalkulator
Virtual:Google Classroom untuk materi dan diskusi, YouTube untuk video pembelajaran trigonometri
Budaya:Diskusi kelompok, refleksi kelompok, penerapan ilmu dalam kehidupan sehari-hari
Pemanfaatan Digital:
Google Forms untuk kuis interaktif
GeoGebra untuk visualisasi perbandingan trigonometri
YouTube untuk video eksperimen trigonometri di dunia nyata
C. PENGALAMAN BELAJAR
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal (±5 menit):
Guru membuka dengan pertanyaan reflektif: “Pernahkah kalian mendengar istilah trigonometri dalam kehidupan sehari-hari?”
Menampilkan video pendek mengenai penggunaan trigonometri dalam konstruksi bangunan.
Apersepsi dan penguatan motivasi belajar matematika untuk kehidupan nyata.
→ Prinsip: Joyful & Meaningful
Kegiatan Inti (±80menit):
Mengamati:Murid mengamati gambar segitiga siku-siku dan mengenali sisi-sisi yang ada.
Menanya:Murid membuat pertanyaan terkait hubungan sisi-sisi pada segitiga siku-siku.
Mengumpulkan Informasi:Diskusi kelompok tentang perbandingan trigonometri (sinus, kosinus, dan tangen).
Mengasosiasikan:Murid menghubungkan konsep trigonometri dengan pemecahan masalah kontekstual (misalnya, menghitung tinggi bangunan).
Mengomunikasikan:Presentasi kelompok tentang cara menghitung perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku.
Refleksi:Murid mengisi refleksi digital tentang apa yang dipahami dan belum dipahami.
→ Prinsip: Mindful, Meaningful, Joyful
Kegiatan Penutup (±5menit):
Muriddiminta menuliskan 3 hal yang dipelajari dan 1 hal yang masih membingungkan.
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan pelajaran.
Guru menyampaikan keterkaitan materi berikutnya.
→ Prinsip: Mindful & Meaningful
Deskripsi Pengalaman Belajar:
Memahami:Mengamati segitiga siku-siku → berkesadaran (mindful) dan bermakna (meaningful)
Mengaplikasi:Menghitung perbandingan trigonometri dalam masalah kontekstual → bermakna (meaningful) dan menggembirakan (joyful)
Merefleksi:Menuliskan pemahaman dan kesulitan → berkesadaran (mindful)
ASESSMENT PEMBELAJARAN
Asesmen Awal Pembelajaran:
Tanya jawab dan eksplorasi pengetahuan awal muridtentang perbandingan trigonometri.
Asesmen Proses Pembelajaran:
Observasi diskusi kelompok
Penilaian sikap kerja sama, aktif, dan bertanya (rubrik observasi)
Capaian tugas LKPD
Asesmen Akhir Pembelajaran:
Kuis formatif melalui Google Form
Tugas individu untuk membuat laporan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
Evaluasi sumatif berbentuk uraian dan pilihan gandaLampiran:
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) Materi:Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
Petunjuk:
Kerjakan soal-soal berikut bersama kelompok kalian!
Berdasarkan segitiga siku-siku yang diberikan, tentukan nilai sinus, kosinus, dan tangen masing-masing sudut.
Jelaskan bagaimana cara menghitung nilai trigonometri dari segitiga siku-siku yang berbeda ukuran sisi-sisinya!