Home Mata Pelajaran Perencaan Pembelajaran Bahasa Arab 1: Ta’aruf
Mata Pelajaran

Perencaan Pembelajaran Bahasa Arab 1: Ta’aruf

Perencaan Pembelajaran Bahasa Arab Nama Penyusun Hasanah,S.Ag. M.Pd Tahun Ajaran/Semester 2025/2026 Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Aliyah Kelas X (Sepuluh) Alokasi Waktu 5 kali pertemuan @4×45 Tahapan Fase E […]

Perencaan Pembelajaran Bahasa Arab
Nama Penyusun Hasanah,S.Ag. M.Pd
Tahun Ajaran/Semester 2025/2026
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Jenjang Madrasah Aliyah
Kelas X (Sepuluh)
Alokasi Waktu 5 kali pertemuan @4×45
Tahapan Fase E
Konten Utama Ta’aruf
Capaian Pembelajaran Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan mengevaluasi informasi, membangun interaksi, serta merefleksi beberapa paragraf dalam berbagai jenis teks visual atau teks multimoda secara interaktif sebagai sarana mempelajari agama dari sumber autentiknya dalam konteks sosial, serta juga mampu menghubungkan, memaparkan kalimat dan membuat urutan yang terhubung secara logis ke dalam paragraf pada wacana terbatas dari berbagai teks secara tulis dan lisan untuk penguatan karakter.
Kompetensi Awal Peserta didik mampu

  • menghafal mufradat bahasa Arab dan memahami maknanya
  • berbicara dengan bahasa Arab
  • membaca teks bahasa Arab
  • memahami struktur gramatikal bahasa Arab
  • menulis dengan bahasa Arab
Profil Pelajar Pancasila
  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis dan kreatif, bergotong royong, serta kebhinnekaan global.
  • Taaddub, tawassuth, tathawwur wa ibtikar, dan tasamuh.
Sarana dan Pra sarana LCD proyektor, komputer/laptop, jaringan internet, dan lain-lainLKPD, Buku Teks, laman E-learning, E-book, dan lain-lain
Target Peserta Didik Peserta didik cerdas istimewa berbakat dan peserta didik regular
Model dan Metode Pembelajaran Inquiry Based Learning dan Tanya Jawab, Diskusi
Tujuan Pembelajaran
  • Mengevaluasi informasi tentang memberi salam dan berkenalan
  • Menggunakan susunan gramatika dan  untuk menilai informasi yang didengar
  • Membangun interaksi dengan teks kompleks tentang memberi salam dan berkenalan
  • Menggunakan susunan gramatika dan  sebagai alat komunikasi
  • Memahami beberapa paragraf dalam teks visual atau teks multimoda secara interaktif sebagai sarana mempelajari agama dari sumber autentiknya tentang memberi salam dan berkenalan
  • Merefleksi beberapa paragraf dalam teks visual atau teks multimoda secara interaktif sebagai sarana mempelajari agama dari sumber autentiknya tentang memberi salam dan berkenalan
  • Menggunakan susunan gramatika dan  untuk memahami informasi tersurat dan tersirat dari berbagai jenis teks.
  • Menghubungkan kalimat ke dalam paragraf pada wacana terbatas, dan membuat urutan yang terhubung secara logis tentang memberi salam dan berkenalan
  • Memaparkan kalimat ke dalam paragraf pada wacana terbatas, dan membuat urutan yang terhubung secara logis tentang memberi salam dan berkenalan
  • Membuat urutan yang terhubung secara logis tentang memberi salam dan berkenalan
  • Menggunakan susunan gramatikal dan  untuk mengungkap kan gagasan sesuai dengan struktur teks secara tulis dan lisan.
Pemahaman Bermakna Dengan mempelajari bahasa Arab, peserta didik memiliki kecakapan berbahasa, yaitu mampu mengekspresikan perasaan, pikiran dan gagasan secara verbal-komunikatif, menginternalisasi keterampilan berbahasa Arab dengan baik sehingga peserta didik menjadi terampil menggunakan bahasa Arab dalam berbagai situasi, menggunakan bahasa Arab untuk mempelajari ilmu-ilmu agama, pengetahuan umum dan kebudayaan, serta mengintegrasikan kemampuan berbahasa Arab dengan perilaku yang tercermin dalam sikap moderat, berpikir kritis dan sistematis.
Pertanyaan Pemantik
Kegiatan Pembelajaran PERTEMUAN KE-1

KEGIATAN PENDAHULUAN

§  Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam.§  Melakukan pembiasaan berdoa, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi tempat duduk peserta didik dan kebersihan kelas.

§  Guru memberikan motivasi, memberikan pertanyaan pemantik materi yang akan diajarkan.

§  Guru memotivasi peserta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila (bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis dan kreatif, bergotong royong, serta kebhinnekaan global) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (taaddub, tawassuth, tathawwur wa ibtikar, dan tasamuh)

KEGIATAN INTI

§  Guru menayangkan beberapa gambar terkait  dan memperdengarkan audio tentang mufrodat dan ungkapan tersebut§  Peserta didik diminta mengamati gambar dan mendengarkan audio

§  Peserta didik melafalkan mufradat dan ungkapan tentang  bersamasama

§  Peserta didik diminta menulis mufradat dan ungkapan yang didengar melalui audio pada lembar kerja yang telah tersedia

§  Guru menayangkan video hiwar tentang  pada channel youtube, peserta didik menyimak dan mengamatinya

§  Guru memberi kesempatan pada peserta didik untuk mengkritisi dan membuat pertanyaan terkait dengan hiwar yang didengar dan yang belum dipahami.

§  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi dan memahami makna kosa kata dan menganalisis isi kandungan teks hiwar yang telah didengar dan diamati.

§  Peserta didik diminta menyampaikan hasil dari menyimak dan diskusinya, meliputi: makna mufradat, isi kandungan teks hiwar, dan kesimpulan. (secara bergantian antar kelompok)

§  Guru memberi umpan balik dan penguatan nilai terhadap masing-masing hasil kerjanya.

KEGIATAN PENUTUP

§  Guru membimbing peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan§  Melakukan refleksi dan tanya jawab untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan

§  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

PERTEMUAN KE-2

KEGIATAN PENDAHULUAN

§  Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam.§  Melakukan pembiasaan berdoa, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi tempat duduk peserta didik dan kebersihan kelas.

§  Guru memberikan motivasi, memberikan pertanyaan pemantik materi yang akan diajarkan.

§  Guru memotivasi peserta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila (bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis dan kreatif, bergotong royong, serta kebhinnekaan global) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (taaddub, tawassuth, tathawwur wa ibtikar, dan tasamuh)

KEGIATAN INTI

§  Peserta didik mengamati kembali ungkapan-ungkapan tentang§  Peserta didik secara bersama-sama melafalkan kembali ungkapan-ungkapan tentang

§  Dengan stimulus guru, peserta didik bertanya kembali tentang bentuk, makna, dan fungsi tindak tutur dalam

§  Peserta didik beserta temannya mencoba melakukan dialog tentang perkenalan

§  Peserta didik secara bersama-sama mencermati dan menghafalkan bentuk, makna, dan fungsi tindak tutur dalam

§  Peserta didik secara bersama-sama membuat kesimpulan tindak tutur tersebut.

§  Peserta didik secara bergantian berbicara tentang biodata masing-masing berdasarkan pertanyaan yang tersedia

KEGIATAN PENUTUP

§  Guru membimbing peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan§  Melakukan refleksi dan tanya jawab untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan

§  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

PERTEMUAN KE-3

KEGIATAN PENDAHULUAN

§  Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam.§  Melakukan pembiasaan berdoa, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi tempat duduk peserta didik dan kebersihan kelas.

§  Guru memberikan motivasi, memberikan pertanyaan pemantik materi yang akan diajarkan.

§  Guru memotivasi peserta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila (bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis dan kreatif, bergotong royong, serta kebhinnekaan global) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (taaddub, tawassuth, tathawwur wa ibtikar, dan tasamuh)

KEGIATAN INTI

§  Guru menyajikan teks tentang  melalui layar LCD§  Peserta didik memperhatikan teks dan membaca dalam hati sekilas.

§  Peserta didik mendengarkan dengan seksama teks bacaan yang dibacakan oleh guru dengan intonasi yang benar

§  Peserta didik menanya mufrodat atau ungkapan yang tidak dimengerti dari teks tersebut

§  Peserta didik secara bergantian membaca nyaring dengan intonasi yang benar.

§  Peserta didik secara bergantian membaca nyaring bergantian dengan disimak oleh guru dan peserta didik lain.

§  Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberi tugas untuk mendalami isi dan gagasan teks bacaan serta mengaitkannya dengan informasi yang telah diketahui ataupun kehidupan sehari-hari

§  Peserta didik menentukan gagasan pokok dan gagasan penunjang dari teks bacaan

§  Peserta didik mencoba menjawab latihan pemahaman yang tersedia

§  Peserta didik bersama guru melakukan koreksi bersama terhadap jawaban latihan pemahaman

§  Peserta didik diminta menyampaikan hasil diskusinya kelompoknya

§  Guru memberi umpan balik dan penguatan nilai terhadap masing-masing hasil kerjanya.

KEGIATAN PENUTUP
§  Guru membimbing peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan§  Melakukan refleksi dan tanya jawab untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan

§  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

PERTEMUAN KE-4

KEGIATAN PENDAHULUAN

§  Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam.§  Melakukan pembiasaan berdoa, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi tempat duduk peserta didik dan kebersihan kelas.

§  Guru memberikan motivasi, memberikan pertanyaan pemantik materi yang akan diajarkan.

§  Guru memotivasi peserta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila (bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis dan kreatif, bergotong royong, serta kebhinnekaan global) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (taaddub, tawassuth, tathawwur wa ibtikar, dan tasamuh)

KEGIATAN INTI

§  Guru menampilkan teks bacaan sesuai tema dan memberikan penjelasan terkait tindak tutur yang sesuai dengan gramatikal§  Peserta didik mengamati contoh-contoh  yang ditayangkan guru melalui video

§  Guru menampilkan teks bacaan sesuai tema dan memberikan penjelasan terkait gramatikal

§  Peserta didik mengamati contoh-contoh  yang disajikan guru

§  Guru memberi kesempatan pada peserta didik untuk mengkritisi dan membuat pertanyaan terkait dengan gramatika yang belum dipahami.

§  Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mengklasifikasi dari beberapa contoh yang disajikan guru ke dalam

§  Peserta didik mengerjakan latihan-latihan sesuai kaidah gramatika ,

§  Peserta didik menyusun kalimat sederhana yang memuat ,  sesuai dengan tema

§  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan struktur / kaidah gramatika ,

§  Peserta didik menunjukkan hasil latihannya kepada guru

§  Peserta didik dengan bimbingan guru memaparkan hasil kesimpulannya.

§  Guru memberi umpan balik dan penguatan nilai terhadap masing-masing hasil kerjanya.

KEGIATAN PENUTUP

§  Guru membimbing peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan§  Melakukan refleksi dan tanya jawab untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan

§  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

PERTEMUAN KE-5

KEGIATAN PENDAHULUAN

§  Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam.§  Melakukan pembiasaan berdoa, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi tempat duduk peserta didik dan kebersihan kelas.

§  Guru memberikan motivasi, memberikan pertanyaan pemantik materi yang akan diajarkan.

§  Guru memotivasi peserta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila (bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis dan kreatif, bergotong royong, serta kebhinnekaan global) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (taaddub, tawassuth, tathawwur wa ibtikar, dan tasamuh)

KEGIATAN INTI

§  Peserta didik memperhatikan/mengamati kosa kata kembali sesuai tema bahasan yang dipaparkan guru§  Peserta didik mencermati kembali contoh pemakaian kosa kata dalam teks kalimat sesuai tema tersebut

§  Guru menjelaskan model-model teks deskriptif beserta contohnya

§  Peserta didik mencermati contoh-contoh model teks deskriptif dan memahaminya.

§  Peserta didik menanyakan kosa kata atau ungkapan yang belum dipahami bentuk, makna, dan fungsinya nya sesuai tema tersebut

§  Peserta didik secara mandiri menyusun kembali kosakata-kosakata dan struktur terkait agar menjadi kalimat sempurna.

§  Peserta didik dengan arahan guru mencoba menganalisis teks deskriptif lainnya

§  Peserta didik secara mandiri menulis kembali ungkapan membandingkan sesuatu sesuai dengan stimulus pertanyaan yang ada.

§  Guru meminta peserta didik membuat kalimat atau ungkapan atau paragraf dari kosakata yang telah ditentukan

§  Peserta didik secara mandiri menulis teks deskriptif secara mandiri dan bebas tentang perkenalan

§  Peserta didik melakukan diskusi bersama teman-temannya untuk saling mengoreksi teks deskriptif yang ditulisnya

§  Peserta didik membuat kesimpulan tentang model teks deskriptif

§  Peserta didik menyampaikan hasil diskusi masing – masing pada guru

§  Peserta didik memaparkan hasil tulisannya kepada guru ataupun teman di depan kelas

KEGIATAN PENUTUP

§  Guru membimbing peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan§  Melakukan refleksi dan tanya jawab untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan

§  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

Asesmen/Penilaian Asesmen Formatif (selama proses pembelajaran)

  1. Asesmen awal

Untuk mengetahui kesiapan siswa dalam memasuki pembelajaran, dengan pertanyaan:

No Pertanyaan Jawaban
Ya Tidak
1 Apakah pernah membaca buku terkait ?
2 Apakah kalian ingin menguasai materi pelajaran dengan baik ?
3 Apakah kalian sudah siap melaksanakan pembelajaran dengan metode inquiry learning, diskusi ?

 

  1. Asesmen selama proses pembelajaran

Asesmen ini dilakukan guru selama pembelajaran, khususnya saat peserta didik melakukan kegiatan diskusi, presentasi dan refleksi tertulis. Asesmen saat inquiry learning (ketika peserta didik melakukan kegiatan belajar dengan metode inquiry learning)

  1. Asesmen Sumatif
  2. Asesmen Pengetahuan

Previously

Modul Ajar Akidah Akhlak 1, Nilai-nilai Mulia Asma’ Al-Husna

Next

Perencanaan Pembelajaran Biologi 1: Keanekaragaman Hayati

MDC

MDC