Rencana Pembelajaran Kimia I: Pengantar Ilmu Kimia
Perencanaan Pembelajaran Kimia I, Pengantar Ilmu Kimia Nama Penyusun Eva Nuryana, S.Pd., M.Si Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Kimia Jenjang Madrasah Aliyah Kelas X Alokasi […]

Perencanaan Pembelajaran Kimia I, Pengantar Ilmu Kimia | |
Nama Penyusun | Eva Nuryana, S.Pd., M.Si |
Sekolah | MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Ajaran/Semester | 2025-2026/1 |
Mata Pelajaran | Kimia |
Jenjang | Madrasah Aliyah |
Kelas | X |
Alokasi Waktu | 2 kali pertemuan ( 2 x 3 JP, 1 JP=45 menit) |
Tahapan | Fase E |
Pertemuan 1 | |
A. Identifikasi | Murid :Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal IPA sejak jenjang SMP.Mereka memiliki pengalaman awal mengamati fenomena sehari-hari seperti mencairnya es, membakar kayu, atau besi berkarat, namun masih perlu bimbingan dalam memahami konsep perubahan fisika dan kimia serta peranan ilmu kimia dalam kehidupan. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik.
Materi Pelajaran: Perubahan materi dan peranan ilmu kimia. Dimensi Profil Lulusan: Tema Kurikulum Berbasis Cinta (KBC): Materi Insersi KBC: |
B. Desain Pembelajaran | Capaian Pembelajaran: Murid mampu memahami perubahan materi dan peranan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari.Lintas Disiplin Ilmu: – Biologi – Fisika – Geografi/Ilmu LingkunganTujuan Pembelajaran: 10.1.1 Peserta didik dapat memahami materi serta perubahan yang menyertainya. 10.1.2 Peserta didik dapat memberikan contoh peranan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari.Topik Pembelajaran: – Perubahan materi – Peranan ilmu kimia dalam kehidupanPraktek Pedagogik: – Model: Discovery Learning – Strategi: Konstruktivisme melalui penemuan konsep – Metode: Diskusi kelompok, presentasi, penugasan kontekstualKemitraan Pembelajaran: – Kolaborasi dengan guru Biologi dan Fisika untuk memperkaya keterkaitan konsep.Lingkungan Pembelajaran: – Fisik: ruang kelas dan laboratorium – Virtual: Google Classroom, YouTube – Budaya: diskusi, refleksi, menghargai pendapat Pemanfaatan Digital: |
C. Pengalaman Belajar | . Langkah-Langkah Pembelajaran
2. Kegiatan Inti (±100 menit)
Mengamati: Peserta didik mengamati tayangan jenis-jenis materi dan fenomena perubahan wujud zat, pembakaran, atau perkaratan pada materi serta mengamati peranan ilmu kimia bagi kehidupan manusia.
Menanya: Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menganalisa tanyangan yang diberikan diharapkan muncul pertanyaan dari peserta didik tentang tentang penggolongan materi dan karakteristik perubahan materi (fisika dan kimia)
Mengumpulkan informasi: peserta didik melakukan diskusi kelompok tentang contoh perubahan materi dan contoh lain peranan ilmu kimia dalam kehidupan untuk mengumpulkan informasi
Mengasosiasikan: Peserta didik menganalisis dan mengklasifikasi perubahan materi dan peranan ilmu kimia kemudian pemahaman ini digunakan untuk menjawab pertanyaan pada LKPD
Mengomunikasikan: Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilakukan , kelompok lain beserta Guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya. Peserta didik membuktikan hasil pekerjaannya dengan membaca literatur dan mencocokan jawabannya. Guru melakukan penilaian proses berdasarkan presentasi kelompok.
Peserta didik melakukan refleksi, resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang terkait , Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan hasil diskusi pada permasalahan: → Prinsip: Mindful, Meaningful, Joyful. 3. Kegiatan Penutup (±20 menit)
|
D. Asesmen Pembelajaran | Asesmen Awal/diagnostik: – Tanya jawab tentang pengalaman murid mengenai bahan-bahan yang mengadung zat kimia serta perubahan materi.Asesmen Proses: – Observasi diskusi kelompok. – Penilaian sikap: kerjasama, tanggung jawab, disiplin. – LKPD kelompok. Asesmen Akhir: |
Pertemuan 2 | |
A. Identifikasi | Murid :Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal IPA sejak SMP. Mereka sudah terbiasa melakukan percobaan sederhana, seperti mengamati perubahan wujud zat. Namun, mereka masih perlu bimbingan dalam memahami metode ilmiah secara runtut dan prosedur keselamatan kerja di laboratorium. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual
Materi Pelajaran: Metode Ilmiah dan Keselamatan Kerja di Laboratorium. Dimensi Profil Lulusan: Tema Kurikulum Berbasis Cinta (KBC): Materi Insersi KBC: |
B. Desain Pembelajaran | Capaian Pembelajaran: Siswa mampu menjelaskan metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium.Lintas Disiplin Ilmu: – Biologi – Fisika – KesehatanTujuan Pembelajaran: 10.1.3. Peserta didik mampu menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah. 10.1.4 Peserta didik mengetahui dan dapat menggunakan alat laboratorium kimia. 10.1.5 Peserta didik memahami prosedur keselamatan kerja di laboratorium. 10.1.6 Peserta didik dapat menyajikan hasil rancangan percobaan berdasarkan masalah kontekstual.Topik Pembelajaran: – Metode Ilmiah – Keselamatan Kerja di LaboratoriumPraktek Pedagogik: – Model: Discovery Learning – Strategi: Inkuiri melalui penemuan konsep – Metode: Diskusi kelompok, presentasi, penugasan kontekstualKemitraan Pembelajaran: – Kolaborasi dengan guru Biologi dan Kesehatan untuk menekankan pentingnya keselamatan. Lingkungan Pembelajaran: Pemanfaatan Digital: |
C. Pengalaman Belajar | Langkah-Langkah Pembelajaran
Murid menjawab salam dari guru dan berdoa untuk memulai pembelajaran.Murid dicek kehadirannya oleh guru sebagai sikap disiplin,dan disiapkan secara fisik dan psikis oleh guru untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
Guru memberikan apersepsi: menghubungkan dengan materi sebelumnya tentang ilmu kimia dan peranannya ilmu kimia tidak terlepas dari eksperimen. Ilmuan menemukan teori berasal dari eksperimen-eksperimen.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran serta kompetensi yang akan dicapai oleh murid dalam kegiatan pembelajaran serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-sehari
Membagi kelompok sesuai dengan tingkat kemampuan Peserta didik disertai LKPD dan bahan ajar 2. Kegiatan Inti (±100 menit)
Mengamati: Siswa mengamati gambar / video youtube https://www.youtube.com/watch?v=YlYW_37WI0Q orang yang sedang bekerja di laboratorium, lalu siswa mengamati alat-alat laboratorium kimia, bahan-bahan kimia dan mengamati simbol-simbol bahaya bahan kimia di laboratorium kimia, selain itu siswa diberikan studi kasus untuk memahami proedur metode ilmiah. Siswa diberikan penguatan terhadap hasil pengamatannya. Guru memberikan stimulus terkait materi pembelajaran dan mengajukan pertanyaan untuk memancing keingintahuan siswa.
Menanya: Setelah memperhatikan video penggunaan alat laboratorium, keselamatan kerja dan wacana tentang prosedur metode ilmiah,Siswa menyusun pertanyaan tentang langkah metode ilmiah, Penggunaan alat labrotorium dan keselamatan kerja.Guru memberikan stimulus terkait materi pembelajaran dan mengajukan pertanyaan untuk memancing keingintahuan siswa
Mengumpulkan informasi: Siswa mengumpulkan informasi melalui diskusi kelompok tentang langkah-langkah metode ilmiah, penggunaan alat labrotorium dan keselamatan kerja di laborarorium guna membahas LKPD yang diberikan
Mengasosiasikan: Siswa melakukan pengolahan informasi/analisa data dari data literasi dan eksperiment untuk menjawab pertanyaan yang ada dalam LKPD ( tujuan untuk mengecek pemahaman siswa )
Mengomunikasikan: Siswa mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilakukan , kelompok lain beserta Guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya. Peserta didik membuktikan hasil pekerjaannya dengan membaca literatur dan mencocokan jawabannya. Guru melakukan penilaian proses berdasarkan presentasi kelompok.
Siswa melakukan refleksi, resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang terkait , Peserta didik bersama dengan guru menyimpulkan hasil diskusi → Prinsip: Mindful, Meaningful, Joyful. 3. Kegiatan Penutup (±20 menit)
|
D. Asesmen Pembelajaran | Asesmen Awal: – Tanya jawab pengalaman siswa tentang metode ilmiah atau penggunaan alat laboratorium.Asesmen Proses: – Latihan soal 10 pilihan ganda. – Tes formatif 10 soal pilihan ganda. – Penilaian sikap: kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab. – Penilaian keterampilan: penggunaan alat laboratorium dengan benar. Asesmen Akhir: |
