Perencanaan Pembelajaran SKI 4, Khulafaur Rasyidin
Perencanaan Pembelajaran SKI 4, Khulafaur Rasyidin Nama Penyusun Ulfah, S.Pd.I Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Jenjang Madrasah Aliyah Kelas X Alokasi Waktu […]

Perencanaan Pembelajaran SKI 4, Khulafaur Rasyidin | |
Nama Penyusun | Ulfah, S.Pd.I |
Sekolah | MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Ajaran/Semester | 2025-2026/1 |
Mata Pelajaran | Sejarah Kebudayaan Islam |
Jenjang | Madrasah Aliyah |
Kelas | X |
Alokasi Waktu | 4 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit |
Tahapan | Fase E |
Identifikasi Murid | Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal tokoh-tokoh Islam awal sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati kisah perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya, namun masih perlu bimbingan dalam memahami nilai-nilai kepemimpinan, dakwah, serta prinsip musyawarah yang diterapkan oleh Khulafaur Rasyidin. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual yang menarik. |
Materi Pelajaran | Khulafaur Rasyidin |
Dimensi Profil Lulusan |
|
Tema Kurikulum Berbasis Cinta |
|
Materi Insersi KBC |
|
Capaian Pembelajaran | Murid mampu menganalisis proses pemilihan Khulafaur Rasyidin, substansi dan strategi dakwah mereka, sebagai inspirasi dalam menerapkan asas musyawarah, sikap saling menghargai, dan menghormati perbedaan pendapat di kehidupan masa kini dan masa depan. |
Lintas Disiplin Ilmu |
|
Tujuan Pembelajaran | a. Murid dapat mengevaluasi proses pemilihan Khulafaur Rasyidin b. Murid dapat menganalisis substansi dakwah Khulafaur Rasyidin c. Murid dapat mengidentifikasi strategi dakwah Khulafaur Rasyidin d. Murid dapat menganalisis kebijakan pemerintahan Khulafaur Rasyidin |
Topik Pembelajaran | Kepemimpinan Islam Pasca Wafatnya Rasulullah SAW: Nilai-nilai, Strategi, dan Kontribusi Khulafaur Rasyidin |
Praktek Pedagogik |
|
Kemitraan Pembelajaran |
|
Lingkungan Pembelajaran |
|
Pemanfaatan Digital |
|
Langkah-langkah Pembelajaran | Kegiatan Awal (10 Menit)
Kegiatan Inti (65 Menit)
Kegiatan Penutup (10 Menit)
|
Mendeskripsikan Pengalaman Belajar | MemahamiMurid menyimak video dan membaca teks secara berkesadaran (mindful), serta berdiskusi secara mendalam. → Prinsip: Berkesadaran & bermaknaMengaplikasiMurid melakukan analisis strategi dakwah dan nilai-nilai kepemimpinan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. → Prinsip: Bermakna & menyenangkanMerefleksi Melalui Padlet, murid menuliskan pemahaman dan perasaan setelah belajar. Guru memberikan umpan balik personal. |
Asesmen Pembelajaran |
|

Author