MODUL AJAR AL-QUR’AN HADIS BAB 3 (MENGHINDARI PERBUATAN KEJI) |
Nama Penyusun |
Yuyun Yuniati,S.Pd |
Sekolah |
MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Ajaran/Semester |
2025-2026/1 |
Mata Pelajaran |
Al-Qur’an Hadis |
Jenjang |
Madrasah Aliyah |
Kelas |
XI |
Alokasi Waktu |
3 kali pertemuan @2JP (3X2=6 JP), 1JP 45 menit |
Tahapan |
Fase F |
Konten Utama |
MENGHINDARI PERBUATAN KEJI |
Dimensi Profil Lulusan |
- Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME
- Kewargaan
|
Tema Kurikulum Berbasis Cinta |
- Cinta Allah dan Rasul
- Cinta Diri dan Sesama Manusia
|
Materi Insersi KBC – Pendidikan Anti Korupsi |
- Kejujuran
- Kedisiplinan
- Tanggung Jawab
- Empati
|
Capaian Pembelajaran |
Murid mampu menganalisis dan menyajikan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang menghindari pergaulan bebas dan perbuatan keji serta mengamalkannya dalam konteks kehidupan sosial kemasyarakatan, antara lain QS. Al-Isra’ (17): 32, QS. An-Nur (24): 2, HR. Bukhari No.6243, HR. Muslim no. 2657, dan HR. Bukhari dari Abu Hurairah. |
Lintas Disiplin Ilmu |
- Pendidikan Agama Islam
- Pendidikan Kewarganegaraan (moral dan etika sosial)
- Psikologi Remaja
|
Tujuan Pembelajaran |
- Murid dapat memahami kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang menghindari perbuatan keji dengan benar.
- Murid mampu mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang menghindari perbuatan keji dengan benar.
- Murid mampu menelaah isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang menghindari perbuatan keji dengan baik.
- Murid mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran Al-Qur’an dan hadis tentang menghindari perbuatan keji dalam kehidupan sehari-hari.
|
Topik Pembelajaran |
Menghindari Perbuatan Keji dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis |
Praktek Pedagogik |
- Model Pembelajaran: Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
- Strategi: Diskusi Kelompok dan Presentasi
- Metode: Ceramah interaktif, Tanya jawab, Diskusi, Demonstrasi hafalan
|
Kemitraan Pembelajaran |
- Orang tua/wali murid untuk mendukung penanaman nilai moral di rumah
- Tokoh agama/ustadz setempat sebagai narasumber
- Media pembelajaran digital (video dakwah, aplikasi Al-Qur’an digital)
|
Pemanfaatan Digital |
Menggunakan video ceramah dakwah singkat, aplikasi Al-Qur’an digital, dan platform diskusi daring untuk mempermudah interaksi dan kolaborasi siswa. |
Pengalaman Belajar |
- Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal (15 menit)
- Guru membuka dengan salam dan motivasi mengenai bahaya perbuatan keji serta pentingnya menjauhinya.
- Menampilkan video singkat tentang dampak negatif perbuatan keji di masyarakat.
- Tanya jawab singkat untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa.
(Prinsip: Berkesadaran (Mindful), Bermakna (Meaningful))
Kegiatan Inti (60 menit)
- Siswa dibagi kelompok kecil untuk membaca dan menganalisis ayat dan hadis terkait.
- Diskusi kelompok tentang makna ayat dan hadis serta implikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
- Presentasi hasil diskusi kelompok.
- Latihan hafalan ayat dan hadis beserta terjemahannya.
- Diskusi reflektif tentang sikap dan tindakan menghindari perbuatan keji.
(Prinsip: Bermakna (Meaningful), Berkesadaran (Mindful), Menyenangkan (Joyful))
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Refleksi bersama mengenai komitmen menghindari perbuatan keji.
- Tugas rumah membuat jurnal pengalaman dan rencana implementasi nilai ajaran.
- Doa penutup.
(Prinsip: Berkesadaran (Mindful))
|
Mendeskripsikan Pengalaman Belajar |
- Memahami : Berkesadaran (Mindful) dan Bermakna (Meaningful) melalui video dan diskusi.
- Mengaplikasi : Bermakna (Meaningful) dan Menyenangkan (Joyful) saat diskusi dan hafalan.
- Merefleksi : Berkesadaran (Mindful) melalui refleksi dan jurnal.
|
Asesmen Pembelajaran |
- Asesmen Awal
- Tanya jawab pengalaman dan pemahaman awal siswa tentang perbuatan keji.
- Pre-test pemahaman ayat dan hadis.
- Asesmen Proses
- Observasi partisipasi dalam diskusi dan presentasi.
- Penilaian sikap terkait kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, dan empati (rubrik observasi).
- Penilaian hafalan ayat dan hadis.
- Asesmen Akhir
- Tes tertulis tentang kandungan ayat dan hadis.
- Penugasan membuat jurnal pengalaman dan rencana implementasi.
- Penilaian presentasi kelompok.
|