Mata Pelajaran
MODUL AJAR BAB 2 (BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA)
MODUL AJAR BAB 2 (BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA) Nama Penyusun Yuyun Yuniati, S.Pd Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Jenjang Madrasah Aliyah […]
MODUL AJAR BAB 2 (BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA) |
Nama Penyusun |
Yuyun Yuniati, S.Pd |
Sekolah |
MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Ajaran/Semester |
2025-2026/1 |
Mata Pelajaran |
Al-Qur’an Hadis |
Jenjang |
Madrasah Aliyah |
Kelas |
XI |
Alokasi Waktu |
3 kali pertemuan |
Tahapan |
Fase F |
Konten Utama |
Berbakti Kepada Kedua Orang Tua |
Capaian Pembelajaran |
Siswa mampu menganalisis dan menyajikan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang berbuat baik kepada kedua orang tua dan mengamalkannya untuk mewujudkan kehidupan keluarga yang harmonis, antara lain QS. Al-Baqarah (2): 83, QS. Al-An’am (6): 151, QS. Al-Ahqaf (46): 15, QS. Al-Isra’ (17): 23–24, QS. Luqman (31): 13–17. |
Tujuan Pembelajaran |
- Murid dapat memahami kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang berbakti kepada kedua orang tua dengan benar.
- Murid mampu mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang berbakti kepada kedua orang tua dengan benar.
- Murid mampu menelaah isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang berbakti kepada kedua orang tua dengan baik.
- Murid mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran Al-Qur’an dan hadis tentang berbakti kepada kedua orang tua dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.
|
Praktek Pedagogik |
- Model Pembelajaran: Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
- Strategi: Diskusi Kelompok dan Presentasi
- Metode: Ceramah interaktif, Tanya jawab, Diskusi, Demonstrasi hafalan
|
Pengalaman Belajar
|
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal (15 menit)
- Guru membuka pembelajaran dengan salam dan motivasi tentang pentingnya berbakti kepada orang tua.
- Mengajak siswa mengamati video pendek tentang kisah teladan berbakti kepada orang tua.
- Tanya jawab singkat untuk memancing rasa ingin tahu siswa.
(Prinsip: Berkesadaran (Mindful), Bermakna (Meaningful))
Kegiatan Inti (60 menit)
- Siswa dibagi dalam kelompok kecil untuk membaca dan menganalisis ayat-ayat dan hadis terkait.
- Masing-masing kelompok mendiskusikan makna ayat dan hadis yang dibaca serta kaitannya dengan sikap berbakti.
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi secara singkat.
- Guru memfasilitasi tanya jawab dan memperdalam pemahaman siswa.
- Siswa berlatih mendemonstrasikan hafalan ayat dan hadis dengan terjemahan.
(Prinsip: Bermakna (Meaningful), Berkesadaran (Mindful), Menyenangkan (Joyful))
Kegiatan Penutup (15 menit)
- Refleksi bersama tentang pentingnya mengamalkan nilai berbakti kepada orang tua dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru memberikan tugas rumah untuk mempraktikkan sikap berbakti dan membuat jurnal pengalaman.
- Doa penutup.
(Prinsip: Berkesadaran (Mindful))
- Mendeskripsikan Pengalaman Belajar
- Memahami : Berkesadaran (Mindful) dan Bermakna (Meaningful) melalui pengamatan video dan diskusi.
- Mengaplikasi : Bermakna (Meaningful) dan Menyenangkan (Joyful) saat praktik hafalan dan diskusi kelompok.
- Merefleksi : Berkesadaran (Mindful) melalui refleksi pengalaman dan jurnal.
|
Asesmen Pembelajaran |
- Asesmen Awal
- Tanya jawab tentang pengalaman siswa dalam berbakti kepada orang tua.
- Pre-test singkat terkait pemahaman dasar ayat dan hadis.
- Asesmen Proses
- Observasi keterlibatan siswa dalam diskusi dan presentasi.
- Penilaian sikap kejujuran, tanggung jawab, dan empati selama pembelajaran berlangsung (rubrik observasi).
- Penilaian hafalan ayat dan hadis.
- Asesmen Akhir
- Tes tertulis tentang kandungan ayat dan hadis.
- Penugasan membuat jurnal pengalaman praktik berbakti.
- Penilaian presentasi kelompok.
|
|
|