Home Mata Pelajaran MODUL AJAR BAB 2 (BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA)
Mata Pelajaran

MODUL AJAR BAB 2 (BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA)

  MODUL AJAR BAB 2 (BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA) Nama Penyusun Yuyun Yuniati, S.Pd Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Jenjang Madrasah Aliyah […]

 

MODUL AJAR BAB 2 (BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA)
Nama Penyusun Yuyun Yuniati, S.Pd
Sekolah MAN 1 Bandar Lampung
Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1
Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis
Jenjang Madrasah Aliyah
Kelas XI
Alokasi Waktu 3 kali pertemuan
Tahapan Fase F
Konten Utama Berbakti Kepada Kedua Orang Tua
Capaian Pembelajaran Siswa mampu menganalisis dan menyajikan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang berbuat baik kepada kedua orang tua dan mengamalkannya untuk mewujudkan kehidupan keluarga yang harmonis, antara lain QS. Al-Baqarah (2): 83, QS. Al-An’am (6): 151, QS. Al-Ahqaf (46): 15, QS. Al-Isra’ (17): 23–24, QS. Luqman (31): 13–17.
Tujuan Pembelajaran
  • Murid dapat memahami kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang berbakti kepada kedua orang tua dengan benar.
  • Murid mampu mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang berbakti kepada kedua orang tua dengan benar.
  • Murid mampu menelaah isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang berbakti kepada kedua orang tua dengan baik.
  • Murid mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran Al-Qur’an dan hadis tentang berbakti kepada kedua orang tua dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.
Praktek Pedagogik
  • Model Pembelajaran: Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
  • Strategi: Diskusi Kelompok dan Presentasi
  • Metode: Ceramah interaktif, Tanya jawab, Diskusi, Demonstrasi hafalan
Pengalaman Belajar

 

Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal (15 menit)

  • Guru membuka pembelajaran dengan salam dan motivasi tentang pentingnya berbakti kepada orang tua.
  • Mengajak siswa mengamati video pendek tentang kisah teladan berbakti kepada orang tua.
  • Tanya jawab singkat untuk memancing rasa ingin tahu siswa.
    (Prinsip: Berkesadaran (Mindful), Bermakna (Meaningful))

Kegiatan Inti (60 menit)

  • Siswa dibagi dalam kelompok kecil untuk membaca dan menganalisis ayat-ayat dan hadis terkait.
  • Masing-masing kelompok mendiskusikan makna ayat dan hadis yang dibaca serta kaitannya dengan sikap berbakti.
  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi secara singkat.
  • Guru memfasilitasi tanya jawab dan memperdalam pemahaman siswa.
  • Siswa berlatih mendemonstrasikan hafalan ayat dan hadis dengan terjemahan.
    (Prinsip: Bermakna (Meaningful), Berkesadaran (Mindful), Menyenangkan (Joyful))

Kegiatan Penutup (15 menit)

  • Refleksi bersama tentang pentingnya mengamalkan nilai berbakti kepada orang tua dalam kehidupan sehari-hari.
  • Guru memberikan tugas rumah untuk mempraktikkan sikap berbakti dan membuat jurnal pengalaman.
  • Doa penutup.
    (Prinsip: Berkesadaran (Mindful))
  1. Mendeskripsikan Pengalaman Belajar
  • Memahami : Berkesadaran (Mindful) dan Bermakna (Meaningful) melalui pengamatan video dan diskusi.
  • Mengaplikasi : Bermakna (Meaningful) dan Menyenangkan (Joyful) saat praktik hafalan dan diskusi kelompok.
  • Merefleksi : Berkesadaran (Mindful) melalui refleksi pengalaman dan jurnal.
Asesmen Pembelajaran
  1. Asesmen Awal
  • Tanya jawab tentang pengalaman siswa dalam berbakti kepada orang tua.
  • Pre-test singkat terkait pemahaman dasar ayat dan hadis.
  1. Asesmen Proses
  • Observasi keterlibatan siswa dalam diskusi dan presentasi.
  • Penilaian sikap kejujuran, tanggung jawab, dan empati selama pembelajaran berlangsung (rubrik observasi).
  • Penilaian hafalan ayat dan hadis.
  1. Asesmen Akhir
  • Tes tertulis tentang kandungan ayat dan hadis.
  • Penugasan membuat jurnal pengalaman praktik berbakti.
  • Penilaian presentasi kelompok.

 

Previously

Rencana Pembelajaran III : Konfigurasi Elektron

Next

MODUL AJAR AL-QUR'AN HADIS BAB 3 (MENGHINDARI PERBUATAN KEJI)

MDC

MDC