Home Mata Pelajaran Modul Ajar Informatika 5 Kelas X, Jaringan Komputer dan Internet
Mata Pelajaran

Modul Ajar Informatika 5 Kelas X, Jaringan Komputer dan Internet

Nama Penyusun Bayu Adhi Prabowo, S.Kom. Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Informatika Jenjang Madrasah Aliyah Kelas X (Sepuluh) Alokasi Waktu 3 kali pertemuan @ 2JP […]

Nama Penyusun Bayu Adhi Prabowo, S.Kom.
Sekolah MAN 1 Bandar Lampung
Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1
Mata Pelajaran Informatika
Jenjang Madrasah Aliyah
Kelas X (Sepuluh)
Alokasi Waktu 3 kali pertemuan @ 2JP (2×3=6 JP), 1 JP =45 menit
Tahapan Fase E
Konten Utama Jaringan Komputer dan Internet
Dimensi Profil Lulusan Berdasarkan tujuan pembelajaran, dimensi profil lulusan yang akan dicapai adalah:●       Penalaran Kritis: Mampu mengevaluasi kebutuhan informasi dan memilih aplikasi TIK serta fitur yang paling efisien untuk menyelesaikan tugas.

●       Kreativitas: Mampu menciptakan konten digital yang efektif dan menarik dengan memanfaatkan fitur lanjut dan integrasi antar aplikasi.

●       Kolaborasi: Bekerja sama dengan rekan dalam proyek TIK, berbagi data, dan mengintegrasikan hasil pekerjaan.

●       Kemandirian: Mampu menguasai dan menggunakan aplikasi TIK secara mandiri untuk berbagai keperluan.

●       Komunikasi: Mampu menyajikan informasi secara efektif dan profesional menggunakan aplikasi presentasi dan fitur-fitur TIK lainnya.

Capaian Pembelajaran Pada akhir Fase E, peserta didik diharapkan mampu menunjukkan keterampilan berpikir efektif dan efisien untuk menyelesaikan berbagai persoalan melalui pendekatan algoritmik. Peserta didik dapat merancang instruksi dan mengolah data sehingga dapat dijalankan secara tepat oleh sistem komputasi. Kemampuan ini mencakup penerapan berpikir kritis dalam menganalisis beragam data yang tersedia di internet agar dapat diolah menjadi informasi yang bermanfaat. Selain itu, peserta didik juga memiliki wawasan mengenai berbagai profesi di bidang informatika serta memahami hak dan kewajiban sebagai warga digital, termasuk aspek hukum yang menyertainya.Dalam ranah berpikir komputasional, peserta didik diharapkan mampu memahami validitas sumber data serta menguasai konsep struktur data dan algoritma standar. Mereka juga mampu menerapkan proses komputasi baik secara mandiri maupun berkelompok untuk mendapatkan data yang bersih, benar, dan terpercaya. Dengan keterampilan ini, peserta didik dapat menggunakan struktur data dan algoritma standar guna menghasilkan beragam solusi yang sesuai untuk menyelesaikan persoalan dengan himpunan data yang kompleks dan berukuran besar. Tidak hanya itu, peserta didik juga terampil menuliskan solusi rancangan program sederhana dalam bentuk pseudocode yang dekat dengan bahasa komputer. Selain itu, mereka memahami model dan mampu mensimulasikan dinamika Input–Proses–Output pada komputer Von Neumann serta mengetahui peran penting sistem operasi dalam menjalankan instruksi.

Pada aspek literasi digital, peserta didik diharapkan dapat memahami penggunaan mesin pencari dengan variabel pencarian yang lebih banyak dan kompleks. Mereka mengenali ekosistem periksa fakta yang membantu membedakan fakta dengan hoaks, serta mampu menerapkan cara membaca lateral untuk mengevaluasi beragam informasi digital. Peserta didik dapat memanfaatkan berbagai perkakas teknologi digital, baik untuk menyusun laporan, membuat presentasi, menganalisis, maupun menginterpretasikan data. Selain itu, mereka juga memahami konsep keamanan jaringan, mulai dari dasar-dasar konfigurasi hingga praktik pengamanan konektivitas data, baik melalui jaringan kabel maupun nirkabel.

Lebih jauh, peserta didik mampu memanfaatkan media digital untuk kegiatan produksi konten, diseminasi informasi, partisipasi aktif, serta kolaborasi dengan orang lain. Mereka diharapkan menghargai hak atas kekayaan intelektual, mengenal berbagai profesi di bidang informatika, serta memahami penerapan digitalisasi budaya Indonesia di dunia maya. Peserta didik juga dapat menyaring konten negatif, menerapkan pengelolaan kata sandi dengan aplikasi manajer kata sandi, serta menggunakan autentikasi dua langkah untuk meningkatkan keamanan. Selain itu, mereka memahami dan mampu menerapkan pengaturan privasi serta sistem keamanan pada akun digital yang dimiliki, sehingga dapat menjadi warga digital yang cerdas, bertanggung jawab, dan aman dalam beraktivitas.

Tujuan pembelajaran ●       Pertemuan 1: Jaringan Lokal dan Internet, Konektivitas ○       Siswa mampu menjelaskan perbedaan jaringan lokal dan internet berdasarkan jangkauan dan mekanisme konektivitas (berkabel dan nirkabel) dengan benar setelah menyimak penjelasan dan berdiskusi.

○       Siswa mampu merencanakan konfigurasi jaringan sederhana (Unplugged) secara mandiri.

●       Pertemuan 2: Komunikasi Data via HP

○       Siswa mampu mengidentifikasi teknologi komunikasi untuk keperluan komunikasi data via HP (misalnya GPRS, EDGE, 4G, Bluetooth, Wi-Fi) dengan tepat setelah melakukan aktivitas identifikasi dan diskusi.

●       Pertemuan 3: Proteksi Data Saat Berinternet

○       Siswa mampu menjelaskan pentingnya proteksi data pribadi saat terhubung ke jaringan internet setelah menyimak contoh kasus dan diskusi.

●       Siswa mampu mendemonstrasikan penerapan enkripsi sederhana untuk memproteksi dokumen atau mengidentifikasi website yang terproteksi (HTTP/HTTPS) dengan tepat setelah melakukan aktivitas opsional.

Topik Pembelajaran kontekstual ●       Perbandingan jaringan Wi-Fi di rumah/sekolah dengan jaringan internet seluler di smartphone.●       Menganalisis penggunaan data pada smartphone dan berbagai teknologi yang mendukungnya.

●       Kasus nyata pencurian data pribadi yang sering terjadi di internet dan cara pencegahannya.

●       Mengeksplorasi penggunaan HTTPS pada situs web yang sering dikunjungi siswa.

Praktik Pedagogik ○       Model Pembelajaran: Project-Based Learning (untuk perancangan jaringan sederhana) dan Discovery Learning (untuk identifikasi teknologi HP dan proteksi data).○       Strategi Pembelajaran: Berpusat pada siswa, berbasis aktivitas (Unplugged dan eksplorasi), dan kolaboratif.

o   Metode Pembelajaran: Diskusi kelompok, tanya jawab, demonstrasi (jika memungkinkan), dan studi kasus.

Langkah-langkah Pembelajaran Berdiferensi Kegiatan Pendahuluan●       Pengkondisian Kelas (5 menit):

○       Guru menyapa siswa dan memastikan kesiapan belajar.

○       Guru menciptakan suasana yang nyaman dan positif.

●       Pemanasan & Pertanyaan Pemantik (10 menit):

○       Jaringan Komputer & Internet: Guru memulai dengan tanya jawab mengenai pengetahuan siswa tentang jaringan komputer yang seharusnya sudah didapatkan di SMP. Pertanyaan pemantik: “Apa manfaat jaringan komputer dan dampaknya pada kehidupan sehari-hari kalian?”. (Joyful Learning, Meaningful Learning)

○       Komunikasi Data via HP: Guru menampilkan gambar HP terdahulu sebelum smartphone populer, kemudian menjelaskan perkembangan teknologi komunikasi (GPRS, EDGE, 4G) dan cara HP berkomunikasi (kabel data, Bluetooth, Wi-Fi). Pertanyaan pemantik: “Bagaimana smartphone kalian bisa terhubung dengan dunia luar?” (Mindful Learning, Meaningful Learning)

○       Proteksi Data: Guru memulai dengan contoh kasus pencurian data pribadi oleh hacker dan menjelaskan bahayanya. Pertanyaan pemantik: “Pernahkah kalian berpikir data pribadi kalian di internet bisa dicuri? Apa bahayanya?” (Mindful Learning, Meaningful Learning)

●       Penyampaian Tujuan Pembelajaran (5 menit): Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap pertemuan dengan bahasa yang mudah dipahami siswa. (Meaningful Learning)

 

Kegiatan Inti

●       Pertemuan 1: Jaringan Lokal dan Internet, Konektivitas (Jaringan Lokal dan Internet 1 JP)

1.     Penjelasan Konsep (8 menit): Guru menjelaskan secara singkat tentang perbedaan jaringan lokal dan internet serta jenis-jenis konektivitasnya (berkabel dan nirkabel). (Memahami)

2.     Penjelasan Aktivitas (2 menit): Guru menjelaskan aktivitas JKI-K10-01-U (Perancangan Jaringan Komputer) yang akan dilakukan secara mandiri.

3.     Aktivitas Mandiri (20 menit): Siswa mengerjakan soal perancangan jaringan komputer secara mandiri menggunakan kertas HVS. (Mengaplikasi, Mandiri)

4.     Diskusi Kelompok (5 menit): Siswa berdiskusi dengan temannya untuk membandingkan hasil pekerjaan mereka. Guru memfasilitasi diskusi. (Kolaborasi, Mengaplikasi)

5.     Rangkuman (3 menit): Guru merangkum poin-poin penting yang telah dilakukan siswa. (Merefleksi)

●       Pertemuan 2: Komunikasi Data via HP (1 JP)

1.     Penjelasan Konsep (8 menit): Guru menjelaskan secara singkat tentang teknologi komunikasi dan koneksi data pada HP. (Memahami)

2.     Penjelasan Aktivitas (2 menit): Guru menjelaskan aktivitas JKI-K10-02-U (Identifikasi Jenis Koneksi Data via Ponsel).

3.     Aktivitas Mandiri (15 menit): Siswa menyelesaikan soal pada aktivitas. (Mengaplikasi, Mandiri)

4.     Diskusi Kelompok (10 menit): Guru memfasilitasi siswa untuk berdiskusi dengan teman-temannya terkait koneksi data pada HP. (Kolaborasi, Mengaplikasi)

5.     Rangkuman (3 menit): Guru merangkum semua yang telah dilakukan siswa dan menjelaskan bahwa setiap perangkat memiliki berbagai cara komunikasi data melalui HP, bergantung pada spesifikasi. (Merefleksi)

●       Pertemuan 3: Proteksi Data Saat Berinternet (1 JP)

1.     Penjelasan Konsep (10 menit): Guru menjelaskan secara singkat tentang pentingnya memproteksi data saat berinternet. (Memahami)

2.     Penjelasan Aktivitas (3 menit): Guru menjelaskan aktivitas pilihan yang akan dilakukan (menelusuri website terproteksi HTTP/HTTPS).

3.     Pembagian Kelompok (2 menit): Guru membagi siswa ke dalam pasangan.

4.     Aktivitas (10 menit): Siswa melakukan aktivitas (menjelajah website terproteksi) jika koneksi internet memungkinkan. (Mengaplikasi, Mandiri)

5.     Diskusi Kelompok (10 menit): Siswa berdiskusi dengan temannya mengenai hasil aktivitas. (Kolaborasi, Mengaplikasi)

6.     Rangkuman (3 menit): Guru merangkum semua yang telah dilakukan siswa. (Merefleksi)

 

Kegiatan Penutup

●       Refleksi & Umpan Balik (5 menit): Guru meminta siswa untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan, misalnya: “Apa yang paling berkesan dari pembelajaran hari ini?”, “Apa tantangan yang kalian hadapi dan bagaimana kalian mengatasinya?”, “Bagaimana kalian akan menerapkan pengetahuan ini dalam kehidupan sehari-hari?”. Guru memberikan umpan balik konstruktif terhadap partisipasi dan pemahaman siswa. (Mindful Learning, Meaningful Learning)

●       Kesimpulan Pembelajaran (3 menit): Guru bersama siswa menyimpulkan poin-poin penting dari materi yang telah dipelajari. (Meaningful Learning)

○       Perencanaan Pembelajaran Selanjutnya (2 menit): Guru memberikan gambaran singkat tentang materi selanjutnya atau menugaskan siswa untuk mencari informasi awal tentang topik berikutnya. Siswa dapat memberikan masukan untuk pembelajaran berikutnya. (Meaningful Learning).

Asesmen Pembelajaran Asesmen akan dilakukan secara komprehensif untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik.●       Asesmen sebagai Pembelajaran (Assessment as Learning)

○       Self-Assessment: Siswa melakukan refleksi mandiri setelah setiap sesi pembelajaran, merenungkan pemahaman mereka dan area yang perlu diperbaiki.

○       Peer Assessment: Diskusi antar siswa saat membandingkan hasil pekerjaan dalam aktivitas perancangan jaringan dan identifikasi koneksi data HP.

●       Asesmen untuk Pembelajaran (Assessment for Learning)

○       Observasi: Guru mengamati partisipasi siswa dalam diskusi, kemampuan mereka bekerja secara mandiri atau kolaboratif, dan cara mereka menyelesaikan aktivitas.

○       Pertanyaan Pemantik: Pertanyaan-pertanyaan awal di setiap sesi untuk mengukur pengetahuan awal siswa dan memicu pemikiran.

○       Penilaian Kinerja (Aktivitas Unplugged): Penilaian terhadap hasil aktivitas JKI-K10-01-U (Perancangan Jaringan Komputer) dan JKI-K10-02-U (Identifikasi Jenis Koneksi Data via Ponsel). Guru memperhatikan alasan dan pendapat siswa dalam pemodelan jaringan.

○       Formatif: Penilaian formatif dilakukan setiap minggu dari aktivitas yang ada, seperti aktivitas JKI-K10-01, JKI-K10-02, dan JKI-K10-03.

●       Asesmen Akhir Pembelajaran (Assessment of Learning)

Tes Tertulis (Uji Kompetensi): Evaluasi sumatif melalui soal-soal seperti contoh pada uji kompetensi. Soal dapat berupa pilihan ganda dan uraian untuk mengukur pemahaman konsep dan kemampuan analitis siswa.

Previously

Modul Ajar Informatika 4 Kelas X, Sistem Komputer

Next

Modul Ajar Informatika Kelas XI, Tentang Informatika

MDC

MDC