Home Mata Pelajaran MODUL AKIDAH AKHLAK 4, Etika Bergaul dalam Islam
Mata Pelajaran

MODUL AKIDAH AKHLAK 4, Etika Bergaul dalam Islam

MODUL AJAR  4 Etika Bergaul dalam Islam Nama Guru Rahma Zakia Al Erza, S.Pd. Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1 Mata Pelajaran Akidah Akhlak Jenjang Madrasah Aliyah […]

MODUL AJAR  4

Etika Bergaul dalam Islam

Nama Guru Rahma Zakia Al Erza, S.Pd.
Nama Sekolah MAN 1 Bandar Lampung
Tahun Ajaran/Semester 2025-2026/1
Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Jenjang Madrasah Aliyah
Kelas XII
Alokasi Waktu 2 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit
Tahapan Fase F
IDENTIFIKASI
A. Murid Murid kelas XII MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal dasar-dasar etika dalam Islam sejak jenjang sebelumnya, terutama dalam konteks adab kepada orang tua dan guru. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati interaksi sosial di sekolah, keluarga, dan masyarakat, namun masih perlu bimbingan dalam memahami adab bergaul secara Islami yang mencakup sopan santun berbicara, menghormati perbedaan, menjaga perasaan orang lain, dan menjauhi perilaku yang merugikan. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, studi kasus, dan penggunaan media visual yang menarik.
B. Materi Pelajaran Etika Bergaul dalam Islam
C. Dimensi Profil Lulusan
  1. Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME
  2. Penalaran Kritis
  3. Kolaborasi
D. Tema Kurikulum Berbasis Cinta
  1. Cinta Allah dan Rasul-Nya
  2. Cinta Ilmu
  3. Cinta Diri dan Sesama
E. Materi Insersi KBC
  • Penegakan keadilan adalah bagian dari perintah Allah dan sunnah Rasulullah SAW.
  • Menumbuhkan semangat mencari ilmu untuk memahami hukum peradilan.
  • Membangun rasa empati terhadap sesama dengan mengedepankan nilai keadilan dan persamaan di hadapan hukum Islam.
DESAIN PEMBELAJARAN
A. Capaian Pembelajaran
  1. Murid mampu menjelaskan kandungan QS. Al-Hujurat ayat 10–12 tentang etika pergaulan (persaudaraan, menghindari ghibah, tidak saling menghina).
  2. Murid mampu menunjukkan sikap sopan, santun, empati, dan menghargai orang lain dalam interaksi sosial sehari-hari.
B. Lintas Disiplin Ilmu
  • PPKn (hukum dan konstitusi)
  • Sosiologi (keadilan sosial)
  • Bahasa Indonesia (kemampuan argumentatif dan presentasi lisan/tulisan)
C. Tujuan Pembelajaran
  • Murid dapat mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan QS. Al-Hujurat:10–12.
  • Murid dapat menjelaskan contoh perilaku etis dalam bergaul sesuai tuntunan Islam.
  • Murid dapat menyajikan analisis hubungan antara etika bergaul Islami dengan sikap anti korupsi dan fenomena sosial.
  • Murid dapat membuat komitmen aksi nyata dalam menjaga etika pergaulan di sekolah.
D. Topik Pembelajaran
  • Adab berbicara (sopan, tidak menyakiti, jujur)
  • Adab bermasyarakat (ukhuwah, saling tolong-menolong, menghargai perbedaan)
  • Menjauhi perilaku tercela (ghibah, fitnah, saling menghina)
E. Praktek Pedagogik
  • Model : Cooperative Learning + LOK-R (Literasi, Orientasi, Kolaborasi, Refleksi)
  • Strategi : Student Centered Learning – Diskusi kasus sosial & Role-play
  • Metode : Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, simulasi/role-play
F. Kemitraan Pemnbelajaran
  • Kolaborasi dengan guru PPKn (nilai toleransi & kebersamaan)
  • Kolaborasi dengan ROHIS (praktik etika Islami dalam organisasi sekolah)
G. Lingkungan Pembelajaran
  • Fisik: ruang kelas, mushalla, halaman sekolah
  • Virtual: Google Classroom, WhatsApp Group diskusi, YouTube kajian akhlak
  • Budaya: budaya saling menghargai, diskusi terbuka, sikap santun di sekolah
H. Pemanfaatan Digital
  • Video pembelajaran tentang proses peradilan Islam
  • Google Forms untuk kuis formatif
  • Canva untuk pembuatan infografis hasil diskusi kelompok
PENGALAMAN BELAJAR
A.Langkah-langkah Pembelajaran Kegiatan Awal (10 menit)

  • Guru membuka dengan doa bersama Asma’ Al-Husna.
  • Guru menayangkan video singkat tentang gaya hidup sederhana vs konsumtif.
  • Apersepsi: Tanya jawab “Mengapa Allah melarang sikap boros dalam Al-Qur’an?”
    → Prinsip: Joyful & Meaningful
  • Kegiatan Inti (65 menit)
  • Mengamati: Murid membaca QS. Al-Furqan: 67 dan QS. Al-Isra: 26–27.
  • Menanya: Murid membuat pertanyaan kritis terkait isi ayat.
  • Mengumpulkan data: Diskusi kelompok analisis nilai Asma’ Al-Husna (Al-Ghani, Al-Hakim, Al-‘Adl).
  • Mengasosiasi: Mengaitkan ayat dengan fenomena sosial: pemborosan, korupsi, konsumtif.
  • Mengomunikasikan: Presentasi hasil diskusi + poster nilai anti korupsi berbasis Asma’ Al-Husna.
    → Prinsip: Mindful, Meaningful, Joyful
  • Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Refleksi inKegiatan Awal (10 menit)
    • Doa bersama, salam, dan ice breaking singkat.
    • Apersepsi: guru menampilkan video pendek tentang masalah ghibah atau perundungan di sekolah.
    • Guru bertanya: “Mengapa Islam sangat menekankan etika dalam pergaulan?”
      → Prinsip: Mindful & Joyful

    Kegiatan Inti (65 menit)

    • Mengamati: Murid membaca QS. Al-Hujurat:10–12 beserta terjemahannya.
    • Menanya: Murid menyusun pertanyaan kritis, misalnya “Apa bahaya ghibah bagi persaudaraan?”
    • Mengumpulkan data: Diskusi kelompok studi kasus (misalnya konflik antarteman karena perbedaan pendapat, atau masalah perundungan di media sosial).
    • Mengasosiasi: Kelompok menganalisis kasus dan mengaitkan dengan nilai ayat/hadis serta nilai antikorupsi (jujur, empati, menghargai).
    • Mengomunikasikan: Presentasi hasil diskusi + membuat poster “Etika Bergaul Islami”.
      → Prinsip: Mindful, Meaningful, Joyful

    Kegiatan Penutup (15 menit)

    • Refleksi individu: siswa menuliskan 1 hal yang dipahami dan 1 komitmen aksi etika bergaul minggu ini.
    • Guru memberi penguatan: “Bergaul dengan etika adalah wujud cinta kita kepada Allah, Rasul, dan sesama.”
    • Doa penutup.
      → Prinsip: Mindful & Meaningful
  • Memahami: Membaca ayat dan menjelaskan makna → Mindful & Meaningful
  • Mengaplikasi: Membuat poster nilai Asma’ Al-Husna → Meaningful & Joyful
  • Merefleksi: Menuliskan sikap sederhana yang akan diterapkan → Mindful
ASESMEN PEMBELAJARAN
Langkah-langkah Asesmen Pembelajaran 
    • Kegiatan Awal (10 menit)
      • Doa bersama, salam, dan ice breaking singkat.
      • Apersepsi: guru menampilkan video pendek tentang masalah ghibah atau perundungan di sekolah.
      • Guru bertanya: “Mengapa Islam sangat menekankan etika dalam pergaulan?”
        → Prinsip: Mindful & Joyful

      Kegiatan Inti (65 menit)

      • Mengamati: Murid membaca QS. Al-Hujurat:10–12 beserta terjemahannya.
      • Menanya: Murid menyusun pertanyaan kritis, misalnya “Apa bahaya ghibah bagi persaudaraan?”
      • Mengumpulkan data: Diskusi kelompok studi kasus (misalnya konflik antarteman karena perbedaan pendapat, atau masalah perundungan di media sosial).
      • Mengasosiasi: Kelompok menganalisis kasus dan mengaitkan dengan nilai ayat/hadis serta nilai antikorupsi (jujur, empati, menghargai).
      • Mengomunikasikan: Presentasi hasil diskusi + membuat poster “Etika Bergaul Islami”.
        → Prinsip: Mindful, Meaningful, Joyful

      Kegiatan Penutup (15 menit)

      • Refleksi individu: siswa menuliskan 1 hal yang dipahami dan 1 komitmen aksi etika bergaul minggu ini.
      • Guru memberi penguatan: “Bergaul dengan etika adalah wujud cinta kita kepada Allah, Rasul, dan sesama.”
      • Doa penutup.
        → Prinsip: Mindful & Meaningful

Previously

MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS XII 5, Suri Tauladan Empat Imam Mazhab Fikih

Next

MODUL AJAR AKIDAH 3, Menghindari Akhlak Tercela (nifaq/kemunafikan, keras hati, ghadab/marah)

MDC

MDC