MODUL AJAR 4
Etika Bergaul dalam Islam
|
Nama Guru |
Rahma Zakia Al Erza, S.Pd. |
Nama Sekolah |
MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Ajaran/Semester |
2025-2026/1 |
Mata Pelajaran |
Akidah Akhlak |
Jenjang |
Madrasah Aliyah |
Kelas |
XII |
Alokasi Waktu |
2 kali pertemuan @ 2 JP (2×4=8 JP), 1 JP = 45 Menit |
Tahapan |
Fase F |
IDENTIFIKASI |
A. Murid |
Murid kelas XII MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal dasar-dasar etika dalam Islam sejak jenjang sebelumnya, terutama dalam konteks adab kepada orang tua dan guru. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati interaksi sosial di sekolah, keluarga, dan masyarakat, namun masih perlu bimbingan dalam memahami adab bergaul secara Islami yang mencakup sopan santun berbicara, menghormati perbedaan, menjaga perasaan orang lain, dan menjauhi perilaku yang merugikan. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, studi kasus, dan penggunaan media visual yang menarik. |
B. Materi Pelajaran |
Etika Bergaul dalam Islam |
C. Dimensi Profil Lulusan |
- Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME
- Penalaran Kritis
- Kolaborasi
|
D. Tema Kurikulum Berbasis Cinta |
- Cinta Allah dan Rasul-Nya
- Cinta Ilmu
- Cinta Diri dan Sesama
|
E. Materi Insersi KBC |
- Penegakan keadilan adalah bagian dari perintah Allah dan sunnah Rasulullah SAW.
- Menumbuhkan semangat mencari ilmu untuk memahami hukum peradilan.
- Membangun rasa empati terhadap sesama dengan mengedepankan nilai keadilan dan persamaan di hadapan hukum Islam.
|
DESAIN PEMBELAJARAN |
A. Capaian Pembelajaran |
- Murid mampu menjelaskan kandungan QS. Al-Hujurat ayat 10–12 tentang etika pergaulan (persaudaraan, menghindari ghibah, tidak saling menghina).
- Murid mampu menunjukkan sikap sopan, santun, empati, dan menghargai orang lain dalam interaksi sosial sehari-hari.
|
B. Lintas Disiplin Ilmu |
- PPKn (hukum dan konstitusi)
- Sosiologi (keadilan sosial)
- Bahasa Indonesia (kemampuan argumentatif dan presentasi lisan/tulisan)
|
C. Tujuan Pembelajaran |
- Murid dapat mendemonstrasikan hafalan dan terjemahan QS. Al-Hujurat:10–12.
- Murid dapat menjelaskan contoh perilaku etis dalam bergaul sesuai tuntunan Islam.
- Murid dapat menyajikan analisis hubungan antara etika bergaul Islami dengan sikap anti korupsi dan fenomena sosial.
- Murid dapat membuat komitmen aksi nyata dalam menjaga etika pergaulan di sekolah.
|
D. Topik Pembelajaran |
- Adab berbicara (sopan, tidak menyakiti, jujur)
- Adab bermasyarakat (ukhuwah, saling tolong-menolong, menghargai perbedaan)
- Menjauhi perilaku tercela (ghibah, fitnah, saling menghina)
|
E. Praktek Pedagogik |
- Model : Cooperative Learning + LOK-R (Literasi, Orientasi, Kolaborasi, Refleksi)
- Strategi : Student Centered Learning – Diskusi kasus sosial & Role-play
- Metode : Ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, simulasi/role-play
|
F. Kemitraan Pemnbelajaran |
- Kolaborasi dengan guru PPKn (nilai toleransi & kebersamaan)
- Kolaborasi dengan ROHIS (praktik etika Islami dalam organisasi sekolah)
|
G. Lingkungan Pembelajaran |
- Fisik: ruang kelas, mushalla, halaman sekolah
- Virtual: Google Classroom, WhatsApp Group diskusi, YouTube kajian akhlak
- Budaya: budaya saling menghargai, diskusi terbuka, sikap santun di sekolah
|
H. Pemanfaatan Digital |
- Video pembelajaran tentang proses peradilan Islam
- Google Forms untuk kuis formatif
- Canva untuk pembuatan infografis hasil diskusi kelompok
|
PENGALAMAN BELAJAR |
A.Langkah-langkah Pembelajaran |
Kegiatan Awal (10 menit)
- Guru membuka dengan doa bersama Asma’ Al-Husna.
- Guru menayangkan video singkat tentang gaya hidup sederhana vs konsumtif.
- Apersepsi: Tanya jawab “Mengapa Allah melarang sikap boros dalam Al-Qur’an?”
→ Prinsip: Joyful & Meaningful
- Kegiatan Inti (65 menit)
- Mengamati: Murid membaca QS. Al-Furqan: 67 dan QS. Al-Isra: 26–27.
- Menanya: Murid membuat pertanyaan kritis terkait isi ayat.
- Mengumpulkan data: Diskusi kelompok analisis nilai Asma’ Al-Husna (Al-Ghani, Al-Hakim, Al-‘Adl).
- Mengasosiasi: Mengaitkan ayat dengan fenomena sosial: pemborosan, korupsi, konsumtif.
- Mengomunikasikan: Presentasi hasil diskusi + poster nilai anti korupsi berbasis Asma’ Al-Husna.
→ Prinsip: Mindful, Meaningful, Joyful
- Kegiatan Penutup (15 menit)
|
|
- Memahami: Membaca ayat dan menjelaskan makna → Mindful & Meaningful
- Mengaplikasi: Membuat poster nilai Asma’ Al-Husna → Meaningful & Joyful
- Merefleksi: Menuliskan sikap sederhana yang akan diterapkan → Mindful
|
ASESMEN PEMBELAJARAN |
Langkah-langkah Asesmen Pembelajaran |
|