Nama |
Intan Permata Sari, S.Pd. |
Sekolah |
MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Pelajaran/Semester |
2025-2026/Ganjil |
Tingkat |
Madrasah Aliyah |
Fase |
E |
Kelas |
X |
Alokasi Waktu |
2 x 45 Menit |
Capaian Pembelajaran |
Kemampuan untuk responsif terhadap isu-isu global dan berperan aktif dalam memberikan penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut antara lain mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses dan menganalisis data dan informasi, mengevaluasi dan refleksi, mengkomunikasikan hasil dalam bentuk projek sederhana atau simulasi visual menggunakan aplikasi teknologi yang tersedia terkait dengan energi alternatif, pemanasan global, pencemaran lingkungan, teknologi nano, bioteknologi, kimia dalam kehidupan sehari-hari, pemanfaatan limbah dan bahan alam, pandemi akibat infeksi virus. Semua upaya tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Melalui pengembangan sejumlah pengetahuan tersebut dibangun pula berakhlak mulia dan sikap ilmiah seperti jujur, obyektif, bernalar kritis, kreatif, mandiri, inovatif, bergotong royong berkebhinekaan global. |
Tujuan Pembelajaran |
- Peserta didik dapat mengidentifikasi macam-macam alat ukur berdasarkan besaran yang akan diukur.
- Peserta didik dapat mengidentifikasi besaran-besaran berdasarkan dimensinya.
- Peserta didik dapat menggunakan alat ukur yang sesuai dengan benda yang akan diukur.
- Peserta didik dapat menentukan hasil pengukuran dengan alat ukur dilengkapi nilai ketidakpastian pengukuran tunggal dan berulang.
- Peserta didik dapat menyajikan hasil pengukuran dan melakukan pengolahan data dengan aturan angka penting dan notasi ilmiah.
- Peserta didik dapat Membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
- Peserta didik dapat Mengomunikasikan hasil percobaan secara lisan maupun tertulis.
|
Prasyarat Pengetahuan/Keterampilan |
- Pemahaman umum tentang IPA sebagai pendekatan ilmiah untuk mempelajari gejala alam.
- Mengetahui bahwa IPA melibatkan pengamatan, eksperimen, dan penarikan kesimpulan logis.
- Operasi hitung bilangan (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian).
- Pemahaman tentang satuan panjang, massa, dan waktu (misalnya meter, kilogram, dan detik).
- Pemahaman dasar konversi satuan (misalnya cm ke m, menit ke detik).
- Mampu membaca dan menulis tabel data.
- Menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk sederhana (tabel atau grafik dasar).
- Mampu mengungkapkan gagasan dan penalaran ilmiah secara lisan dan tulisan sederhana.
|
Target Profil Pelajar Pancasila |
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa
- Bergotong royong, Berkebinekaan global, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif
|
Model Pembelajaran |
Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL). |
Asesmen |
Peserta didik mengerjakan tugas terstruktur, yaitu Kegiatan 3.1 dari Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 117, Kegiatan 3.2 Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 119 no 1 dan 2, dan Kegiatan 3.3 Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 121 no 1 dan 2. |
Materi, Metode, Media dan Sumber |
Materi dan Media Pembelajaran Pertemuan 1 |
Kegiatan Pembelajaran |
Pertemuan Pertama |
|
Pendahuluan (10 Menit)
- Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa, memperhatikan kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, kerapihan posisi, dan tempat duduk peserta didik.
- Mengatur posisi duduk peserta didik dan mengondisikan kelas agar proses pembelajaran berlangsung menyenangkan.
- Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pemebelajaran
- Guru mempersiapan segala peralatan yang akan digunakan pembelajaran
- Guru melakukn apersepsi dapat mengajak peserta didik mengingat objek-objek mengesankan yang pernah mereka lihat dan dan menanyakan hal-hal penting yang mereka ingat dari objek yang menarik.
Kegiatan Inti (90 Menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
- Guru bertanya tentang bagaimana cara mengukur panjang buku.
- Peserta didik diminta untuk melakukan pengukuran panjang buku dengan alat ukur penggaris.
- Peserta didik diminta untuk menyampaikan refleksi tentang langkah-langkah yang dilakukan saat melakukan pengukuran buku.
- Peserta didik diminta untuk menarik kesimpulan berdasarkan refleksi yang telah dilakukan dengan menjelaskan apa itu pengukuran.
- Peserta didik diminta untuk membaca hasil pengukuran.
- Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi informasi apa saja yang didapatkan dari hasil pengukuran.
- Guru mendorong peserta didik untuk mempelajari dan mengumpulkan informasi lain dari berbagai sumber untuk memahami besaran, satuan, dan dimensi.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
- Peserta didik dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.
- Peserta didik diminta melakukan Kegiatan 1.6 dari Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 51 untuk memahami berbagai macam alat ukur yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari (gotong royong).
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
- Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.
- Guru melihat sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
- Guru memberikan bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
- Guru meminta dengan sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil pengamatan peserta didik terhadap berbagai macam alat ukur yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari secara kreatif.
- Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan tanggapan terhadap apa yang telah dipresentasikan (bernalar kritis).
- Guru meminta perwakilan kelompok lain untuk mempresentasikan hasil pengamatan peserta didik terhadap berbagai macam alat ukur yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari secara kreatif.
- Kelompok lain diminta kembali untuk menanggapi dan memberikan tanggapan tentang apa yang dipresentasikan (bernalar kritis).
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
- Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
- Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
- Guru membahas contoh soal dan pembahasan dari Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 50 – 51 untuk mempersiapkan peserta didik sebelum peserta didik berlatih secara mandiri.
- Peserta didik mengerjakan Uji Pemahaman Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 52 – 53 Bagian A nomor 2, serta Bagian B nomor 1, 2a, 2b, dan 2c untuk mengecek pemahaman peserta didik
- Guru memberikan umpan balik pembelajaran.
- Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan Uji Pemahaman Buku IPA Fisika SMA Kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 53 Bagian B nomor 2d, 2e, dan nomor 3.
- Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Penutup (10 Menit)
- Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
- Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.
- Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
- Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.
|
Catatan |
|
MAN 1 BANDAR LAMPUNG, KAMPUS CERIA KAMPUSNYA PARA BINTANG |