Nama |
MGMP Biologi MAN 1 Bandar Lampung |
Sekolah |
MAN 1 Bandar Lampung |
Tahun Pelajaran/Semester |
2025-2026/1 |
Tingkat |
Madrasah Aliyah |
Fase |
E |
Kelas |
X (Sepuluh) |
Alokasi Waktu |
2 x Pertemuan, 1 Pertemuan = 2 Jam Pelajaran, 1 Jam Pelajaran = 45 Menit, Total Waktu 45 x 2 = 90 Menit |
Capaian Pembelajaran |
Peserta didik memahami proses klasifikasi makhluk hidup; peranan virus, bakteri, dan jamur dalam kehidupan; ekosistem dan interaksi antarkomponen serta faktor yang mempengaruhi; dan pemanfaatan bioteknologi dalam berbagai bidang kehidupan. |
Tujuan Pembelajaran |
Pertemuan Pertama
- Mengidentifikasi tingkatan keanekaragaman hayati.
- Mendeskripsikan keanekaragaman hayati Indonesia.
Pertemuan Kedua
- Mendeskripsikan manfaat keanekaragaman hayati.
- Merumuskan upaya pelestarian keanekaragaman hayati.
|
Prasyarat Pengetahuan/
Keterampilan |
Pengetahuan prasyarat pertama yang perlu dikuasai peserta didik adalah pemahaman mengenai berbagai jenis keanekaragaman hayati (KH) dari tingkat gen, jenis, hingga ekosistem. Pengetahuan prasyarat kedua yang perlu dikuasi peserta didik agar tercapai tujuan pembelajaran adalah mengenai penguasaan dasar klasifikasi. Tahapan klasifikasi mahluk hidup itu ada tiga, yaitu 1) Melakukan identifikasi mahluk hidup; 2) Melakukan pengelompokan mahluk hidup; dan 3) Melakukan pemberian nama mahluk hidup tersebut. |
Target Profil Pelajar Pancasila |
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif, inovatif, mandiri, dan berkebhinekaan global. |
Model Pembelajaran |
Model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL). |
Asesmen |
Pengetahuan: Tes (LKPD)
Keterampilan: Non-tes (Proyek/Praktikum)
Sikap: Observasi (Lembar Observasi) |
Materi, Media, Metode dan Sumber |
Materi: Keanekaragaman Hayati dan Peranannya
Media:
1. Gawai
2. Laptop/Komputer PC
3. Akses Internet
4. Buku Teks
5. Papan tulis/White Board
6. Lembar kerja
7. Handout materi
8. Infokus/Proyektor/Pointer
9. Referensi lain yang mendukung |
Kegiatan Pembelajaran |
Pertemuan Pertama |
|
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
- Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
- Memotivasi siswa untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.
Kegiatan Inti (70 Menit)
Konstruksi Pengetahuan
- Mengajak peserta didik untuk menyampaikan hasil pengamatannya pada saat ke pasar sesuai dengan petunjuk Aktivitas 7.1. (terlampir)
- Meminta peserta didik berdiskusi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada Aktivitas 7.1 dengan mengaitkan materi yang ada pada bagian tingkatan keanekaragaman hayati. Perhatikan cara peserta didik berdiskusi untuk melatih dimensi bernalar kritis dan bergotong royong.
- Menekankan konsep keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis dan ekosistem.
- Mengajak peserta didik mengingat bentang alam yang ada di lingkungan sekitarnya atau ajaklah mereka mengingat daerah-daerah di Indonesia yang indah. Tekankan pada mereka bahwa dengan begitu luasnya daratan dan lautan Indonesia, maka kekayaan alamnya juga tinggi.
- Meminta peserta didik untuk membaca bagian keanekaragaman hayati Indonesia, kemudian minta mereka untuk memaparkan hasil bacaannya.
- Menekankan kepada peserta didik untuk bersyukur atas karunia Tuhan karena hidup di daerah yang begitu kaya keanekaragaman hayatinya.
Aplikasi Konsep
- Menanyakan kepada peserta didik tentang binatang-binatang yang ada di lingkungan sekitar termasuk binatang wilayah asiatis atau australis atau peralihan. Tekankan pembagian wilayah kelompok hewan tersebut
Kegiatan Penutup (10 Menit)
- Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
- Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.
- Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
- Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Pertemuan Kedua |
|
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
- Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
- Memotivasi siswa untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.
Kegiatan Inti (70 Menit)
Konstruksi Pengetahuan
- Meminta peserta didik untuk membaca manfaat keanekaragaman hayati kemudian mintalah mereka memaparkan apa saja manfaat keanekearagaman hayati.
- Menanyakan kepada peserta didik adakah manfaat lain yang mereka temukan yang tidak ada pada buku siswa.
- Menekankan kepada peserta didik bahwa keanekaragaman hayati itu penting karena memiliki banyak manfaat.
- Mengajak peserta didik untuk mengingat pengantar pada awal bab bahwa burung jalak bali diambang kepunahan. Tanyakan mengapa itu terjadi. Tekankan bahwa aktivitas manusia adalah penyebab utamanya dan kita perlu untuk melakukan upaya pelestarian.
- Meminta peserta didik untuk mebaca dan mendiskusikan bagian upaya pelestarian keanekaragaman hayati.
- Mengajak peserta didik untuk melakukan Aktivitas 7.2 secara berkelompok dan perhatikan cara peserta didik berdiskusi untuk melatih dimensi bernalar kritis dan bergotong royong.
- Menekankan kepada peserta didik bahwa kita harus melestarikan keanekaragaman hayati dan mengurangi aktivitas yang mengancam erosi keanekaragaman hayati.
Aplikasi Konsep
- Mengajak peserta didik untuk menguji pemahamannya di Ayo Berlatih pada subbab keanekaragaman hayati (terlampir).
- Menekankan pada peserta didik kenakeragaman hayati itu penting, banyak manfaat dan perlu dilestarikan.
Kegiatan Penutup (10 Menit)
- Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
- Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.
- Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
- Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.
|
Note |
Lampiran: LKPD, Lembar Observasi, Buku Referensi |
MAN 1 BANDAR LAMPUNG, KAMPUS CERIA KAMPUSNYA PARA BINTANG |