Home Mata Pelajaran Modul Ajar Keanekaragaman Hayati dan Peranannya
Mata Pelajaran

Modul Ajar Keanekaragaman Hayati dan Peranannya

MODUL AJAR BIOLOGI Nama MGMP Biologi MAN 1 Bandar Lampung Sekolah MAN 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran/Semester 2025-2026/1 Tingkat Madrasah Aliyah Fase E Kelas X (Sepuluh) Alokasi Waktu 2 x […]

MODUL AJAR BIOLOGI
Nama MGMP Biologi MAN 1 Bandar Lampung
Sekolah MAN 1 Bandar Lampung
Tahun Pelajaran/Semester 2025-2026/1
Tingkat Madrasah Aliyah
Fase E
Kelas X (Sepuluh)
Alokasi Waktu 2 x Pertemuan, 1 Pertemuan = 2 Jam Pelajaran, 1 Jam Pelajaran = 45 Menit, Total Waktu 45 x 2 = 90 Menit
Capaian Pembelajaran Peserta didik memahami proses klasifikasi makhluk hidup; peranan virus, bakteri, dan jamur dalam kehidupan; ekosistem dan interaksi antarkomponen serta faktor yang mempengaruhi; dan pemanfaatan bioteknologi dalam berbagai bidang kehidupan.
Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

  • Mengidentifikasi tingkatan keanekaragaman hayati.
  • Mendeskripsikan keanekaragaman hayati Indonesia.

Pertemuan Kedua

  • Mendeskripsikan manfaat keanekaragaman hayati.
  • Merumuskan upaya pelestarian keanekaragaman hayati.
Prasyarat Pengetahuan/
Keterampilan
Pengetahuan prasyarat pertama yang perlu dikuasai peserta didik adalah pemahaman mengenai berbagai jenis keanekaragaman hayati (KH) dari tingkat gen, jenis, hingga ekosistem. Pengetahuan prasyarat kedua yang perlu dikuasi peserta didik agar tercapai tujuan pembelajaran adalah mengenai penguasaan dasar klasifikasi. Tahapan klasifikasi mahluk hidup itu ada tiga, yaitu 1) Melakukan identifikasi mahluk hidup; 2) Melakukan pengelompokan mahluk hidup; dan 3) Melakukan pemberian nama mahluk hidup tersebut.
Target Profil Pelajar Pancasila Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif, inovatif, mandiri, dan berkebhinekaan global.
Model Pembelajaran Model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL).
Asesmen Pengetahuan: Tes (LKPD)

Keterampilan: Non-tes (Proyek/Praktikum)

Sikap: Observasi (Lembar Observasi)

Materi, Media, Metode dan Sumber Materi: Keanekaragaman Hayati dan Peranannya

Media:

1. Gawai

2. Laptop/Komputer PC

3. Akses Internet

4. Buku Teks

5. Papan tulis/White Board

6. Lembar kerja

7. Handout materi

8. Infokus/Proyektor/Pointer

9. Referensi lain yang mendukung

Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama 
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

  • Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
  • Memotivasi siswa untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

Kegiatan Inti (70 Menit)

Konstruksi Pengetahuan

  • Mengajak peserta didik untuk menyampaikan hasil pengamatannya pada saat ke pasar sesuai dengan petunjuk Aktivitas 7.1. (terlampir)
  • Meminta peserta didik berdiskusi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada Aktivitas 7.1 dengan mengaitkan materi yang ada pada bagian tingkatan keanekaragaman hayati. Perhatikan cara peserta didik berdiskusi untuk melatih dimensi bernalar kritis dan bergotong royong.
  • Menekankan konsep keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis dan ekosistem.
  • Mengajak peserta didik mengingat bentang alam yang ada di lingkungan sekitarnya atau ajaklah mereka mengingat daerah-daerah di Indonesia yang indah. Tekankan pada mereka bahwa dengan begitu luasnya daratan dan lautan Indonesia, maka kekayaan alamnya juga tinggi.
  • Meminta peserta didik untuk membaca bagian keanekaragaman hayati Indonesia, kemudian minta mereka untuk memaparkan hasil bacaannya.
  • Menekankan kepada peserta didik untuk bersyukur atas karunia Tuhan karena hidup di daerah yang begitu kaya keanekaragaman hayatinya.

Aplikasi Konsep

  • Menanyakan kepada peserta didik tentang binatang-binatang yang ada di lingkungan sekitar termasuk binatang wilayah asiatis atau australis atau peralihan. Tekankan pembagian wilayah kelompok hewan tersebut

Kegiatan Penutup (10 Menit)

  • Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
  • Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.
  • Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
  • Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.
Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Kedua

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

  • Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
  • Memotivasi siswa untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

Kegiatan Inti (70 Menit)

Konstruksi Pengetahuan

  • Meminta peserta didik untuk membaca manfaat keanekaragaman hayati kemudian mintalah mereka memaparkan apa saja manfaat keanekearagaman hayati.
  • Menanyakan kepada peserta didik adakah manfaat lain yang mereka temukan yang tidak ada pada buku siswa.
  • Menekankan kepada peserta didik bahwa keanekaragaman hayati itu penting karena memiliki banyak manfaat.
  • Mengajak peserta didik untuk mengingat pengantar pada awal bab bahwa burung jalak bali diambang kepunahan. Tanyakan mengapa itu terjadi. Tekankan bahwa aktivitas manusia adalah penyebab utamanya dan kita perlu untuk melakukan upaya pelestarian.
  • Meminta peserta didik untuk mebaca dan mendiskusikan bagian upaya pelestarian keanekaragaman hayati.
  • Mengajak peserta didik untuk melakukan Aktivitas 7.2 secara berkelompok dan perhatikan cara peserta didik berdiskusi untuk melatih dimensi bernalar kritis dan bergotong royong.
  • Menekankan kepada peserta didik bahwa kita harus melestarikan keanekaragaman hayati dan mengurangi aktivitas yang mengancam erosi keanekaragaman hayati.

Aplikasi Konsep

  • Mengajak peserta didik untuk menguji pemahamannya di Ayo Berlatih pada subbab keanekaragaman hayati (terlampir).
  • Menekankan pada peserta didik kenakeragaman hayati itu penting, banyak manfaat dan perlu dilestarikan.

Kegiatan Penutup (10 Menit)

  • Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
  • Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.
  • Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
  • Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.
Note Lampiran: LKPD, Lembar Observasi, Buku Referensi
MAN 1 BANDAR LAMPUNG, KAMPUS CERIA KAMPUSNYA PARA BINTANG

Previously

Nicky Kenia Swari, S.Pd.I., Guru Aqidah Akhlaq MAN 1 Bandar Lampung

MDC

MDC