Home Mata Pelajaran RPP MATEMATIKA DEFINISI EKSPONENSIAL
Mata Pelajaran

RPP MATEMATIKA DEFINISI EKSPONENSIAL

RPP MATEMATIKA DEFINISI EKSPONENSIAL Nama Madrasah  :  MAN 1 Bandar Lampung Nama Guru           :  Maria  Hot Diana, S.Pd Mata Pelajaran     :  Matematika Kelas/Semester    : […]

RPP MATEMATIKA DEFINISI EKSPONENSIAL

Nama Madrasah  :  MAN 1 Bandar Lampung

Nama Guru           :  Maria  Hot Diana, S.Pd

Mata Pelajaran     :  Matematika

Kelas/Semester    :  X / Gasal

Materi                     :  Definisi dan Sifat Eksponen

Alokasi Waktu      :  2 JP @ 45 menit

 

A. IDENTIFIKASI
  • Murid:Murid kelas X MAN 1 Bandar Lampung umumnya telah mengenal bentuk perkalian berulang sejak jenjang sebelumnya. Mereka memiliki pengalaman awal mengamati pola bilangan, tetapi masih perlu bimbingan dalam memahami konsep pangkat negatif, nol, serta sifat-sifat eksponen. Kesiapan belajar cukup baik, terutama jika materi disajikan melalui kegiatan pengamatan langsung, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual interaktif.
  • Materi Pelajaran:  Definisi dan Sifat Eksponen
  • DimensiProfil Lulusan
    1. Penalaran Kritis
    2. Kreatifitas
    3. Kolaborasi
  • Tema Kurikulum Berbasis Cinta (KBC)
    1. Cinta kepada Allah Swt. (Hubbullah)
    2. Cinta kepada Diri Sendiri (Hubbunnafs)
    3. Cinta kepada Sesama (Hubbunnaas)
  • Materi Insersi KBC
    1. Hubbullah: Menyadari kebesaran Allah melalui keteraturan hukum matematika.
    2. Hubbunnafs: Melatih diri untuk disiplin dan teliti dalam berhitung.
    3. Hubbunnaas: Saling menghargai pendapat dan bekerja sama dalam menyelesaikan masalah eksponen.

 

 

B. DESAIN PEMBELAJARAN
  1. Capaian Pembelajaran

Murid mampu menyatakan dan mengoperasikan bentuk eksponen serta menerapkannya dalam konteks kehidupan nyata.

  1. Lintas Disiplin Ilmu
    • Fisika (notasi ilmiah, energi)
    • Ekonomi (pertumbuhan, bunga majemuk)
    • Informatika (kompleksitas algoritma berbasis eksponen)
  2. TujuanPembelajaran
    • Murid dapat mengidentifikasi eksponen dari permasalahan sehari-hari.
    • Murid dapat memahami jenis eksponen dan transposisi eksponen.
    • Murid dapat menganalisis kesamaan dua eksponen.
    • Murid dapat menyelesaikan operasi hitung aljabar eksponen.
    • Murid berpikir kritis dalam menyelesaikan penerapan eksponen dalam kehidupan.
    • Murid memiliki ide kreatif dalam membuat karya orisinil yang berkaitan dengan eksponen dan operasi hitungnya.
  3. Topik Pembelajaran :  Definisi eksponen dan sifat-sifat eksponen.
  4. PraktikPedagogik
    • Model: Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning).
    • Strategi: Diskusi kelompok dan problem solving berbasis konteks kehidupan nyata.
    • Metode: Tanya jawab, eksplorasi masalah, presentasi kelompok.
  5. KemitraanPembelajaran
    • Guru Fisika (untuk contoh penerapan eksponen dalam energi dan gelombang).
    • Perpustakaan (sumber referensi).
    • Orang tua (penguatan pembiasaan berpikir logis di rumah).
  6. LingkunganPembelajaran
    • Ruang kelas untuk diskusi tatap muka.
    • Laboratorium komputer/ruang multimedia untuk simulasi.
    • Lingkungan virtual (Google Classroom/WhatsApp Group) untuk berbagi materi dan hasil karya.
  7. PemanfaatanDigital
    • Aplikasi GeoGebraatau Desmos untuk visualisasi grafik eksponen.
    • Quizizz/Kahoot untuk evaluasi interaktif.
    • Padlet/Canva untuk presentasi hasil diskusi kelompok.
C. PENGALAMAN BELAJAR
  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal (5 menit)

  • Guru menyapa murid dengan ramah dan doa bersama (mindful).
  • Apersepsi: Menampilkan fenomena pertumbuhan bakteri/virus secara eksponensial.
  • Mengaitkan dengan kebesaran Allah dalam menciptakan hukum alam (meaningful).
  • Menyampaikan tujuan dan manfaat belajar eksponen dalam kehidupan (joyful).

Kegiatan Inti (80 menit)

  • Eksplorasi: Murid mengamati pola perkalian berulang, misalnya .
  • Diskusi: Kelompok menganalisis sifat eksponen (pangkat nol, negatif, hasil kali, hasil bagi).
  • Aplikasi: Menyelesaikan masalah kontekstual (bunga majemuk, populasi, notasi ilmiah).
  • Presentasi: Setiap kelompok memaparkan temuan dan solusi (joyful, kolaboratif).
  • Refleksi: Guru memandu murid menemukan keteraturan hukum eksponen sebagai bentuk kebesaran Allah (mindful, meaningful).

Kegiatan Penutup (5 menit)

  • Guru bersama murid menyimpulkan materi.
  • Mengaitkan kembali dengan nilai KBC (Hubbullah, Hubbunnafs, Hubbunnaas).
  • Memberi motivasi agar murid menerapkan sikap teliti, disiplin, dan saling menghargai.
  • Doa penutup.

 

  1. Prinsip Pengalaman Belajar
    • Memahami: mindful & meaningful (menyadari pola dan keteraturan hukum eksponen).
    • Mengaplikasi: meaningful & joyful (menerapkan eksponen pada permasalahan nyata).
    • Merefleksi: mindful (mengaitkan eksponen dengan kebesaran Allah dan manfaat bagi kehidupan).
D. ASESSMENT TES
  1. Asesmen Awal
    • Tanya jawab untuk mengukur pemahaman perkalian berulang.
    • Pre-test sederhana (contoh:.
  2. Asesmen Proses (Formative)
    • Observasi sikap kolaboratif, ketelitian, dan kreativitas saat diskusi.
    • Penilaian lembar kerja kelompok.
  3. Asesmen Akhir (Summative)
    • Post-test berupa soal uraian dan pilihan ganda tentang definisi & sifat eksponen.
    • Produk kreatif kelompok: infografis/poster digital tentang penerapan eksponen.

Previously

MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS XI, 2. Aliran-Aliran Dalam Ilmu Kalam

Next

MODUL AKIDAH AKHLAK KELAS X, 5. Keteladanan Nabi Luth

Matematika
Author

Matematika

MDC

MDC